Muhammadiyah Pastikan Awal Ramadhan 18 Juni 2015

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Muhammadiyah secara resmi telah mengumumkan bahwa awal Ramadhan atau puasa akan dimulai pada tanggal 18 Juni 2015. Seperti biasa, Muhammadiyah dalam menetapkan awal Ramadhan atau 1 Syawal menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Selain itu, Muhammadiyah juga sudah menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 H juga akan jatuh pada Jum'at, 17 Juli 2015. Sebab, ijtimak jelang Syawal 1436 Hijriah terjadi pada Kamis, 16 Juli 2015, pukul 03.26 WIB.

Muhammadiyah Pastikan Awal Ramadhan 18 Juni 2015

Hasil Hisab ini sudah diumumkan kepada para warga Muhammadiyah. Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang Amruddin Mahfud Jumai menyatakan penetapan awal puasa Ramadan itu sesuai Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Amruddin yakin awal Ramadan yang sudah ditetapkan Muhammadiyah itu tak akan berubah. Baginya, jika terjadi perbedaan awal puasa Ramadan dengan penganut aliran Islam yang lain maka itu tidak apa-apa.

Muhammadiyah Kota Semarang sudah menyiapkan berbagai rencana dalam menyambut datangnya bulan puasa Ramadan 1436 H. "Masjid-masjid Muhammadiyah dan amal usaha Muhammadiyah se-Kota Semarang siap menyambut puasa," katanya. Salah satunya, Muhammadiyah akan berpartisipasi dalam acara dugderan yang digelar menjelang puasa.