Keistimewaan Bagi Orang yang Shalat Jum'at

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sholat merupakan amalan yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Pada hari Jum'at, ada ibadah khusus bagi kaum laki-laki yaitu menunaikan ibadah shalat Jum'at. Shalat Jum'at adalah fardhu 'ain hukumnya, yaitu wajib bagi laki-laki dewasa atau baligh yang beragama Islam, merdeka dan tidak sedang dalam perjalanan jauh.

Sementara itu, shalat Jum'at tidak diwajibkan untuk perempuan, anak-anak, hamba sahaya dan seseorang yang sedang dalam perjalanan jauh. Karena wajib bagi umat Islam terutama yang laki-laki, maka ibadah shalat Jum'at tidak boleh ditinggalkan oleh kaum pria. Bagi yang menjalankan perintah Allah ini, Allah memberikan keistimewaan bagi mereka yang melaksanakan shalat Jum'at.

Keistimewaan Bagi Orang yang Shalat Jum'at

Sebagaimana yang Rasulullah sampaikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa memperbaiki wudhunya kemudian ia mendatangi shalat Jum'at atau ia mau mendengarkan dan memperlihatkan (khutbah) niscaya ia akan diampuni dosanya sebelum sholat Jum'at sampai Jum'at berikutnya ditambah tiga hari lagi dan barang siapa yang beriman dengan pasir (tidak memperhatikan khutbah) maka sungguh (amalnya) sia-sia belaka [HR. Muslim]

Selain itu, setiap langkah kaki yang dilakukan oleh orang yang pergi ke masjid untuk shalat Jum'at juga akan menghapus dosa-dosanya, dan juga menambah pahala baginya. Hal ini tertera dalam hadits sebagai berikut, Rasulullah bersabda:

"Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa bersuci (wudhu) dirumahnya kemudian ia berjakan menuju rumah Allah (masjid) untuk menunaikan kewajiban (sholat) yang telah diwajibkan oleh Allah, maka setiap langkahnya dapat menghapus dosa dan meningkatkan derajatnya dan apabila ia mengerjakan sholat, maka malaikat tak akan ada henti-hentinya untuk mendoakan baginya selama ia berada di tempat sholat itu dengan do'anya: "Ya Allah, ampunilah ia, Ya Allah berilah ia rahmat selama ia tidak menyakiti oranglain atau berbicara didalamnya." [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu, bagi umat Islam jangan sekali-kali meninggalkan sholat Jum'at. Karena pahalanya sangat besar, dimana akan diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan akan diangkat derajatnya. Dan bagi orang-orang yang deengan sengaja meninggalkan sholat Jum'at, maka Allah akan menutup hatinya sehingga ia selalu lupa akan perintah Allah.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa meninggalkan shalat Jum'at tanpa ada halangan atau bahaya, maka ia di tulis menjadi orang munafiq, dalam sebuah catatan yang tidak akan dihapus dan tidak akan ditukar"

Dalam hadits lain, Rasulullah juga bersabda,

"Sungguh berhentilah orang-orang dari perbuatan mereka meninggalkan jamaah shalat Jum'at atau sungguh Allah akan mematri hati mereka, kemudian mereka menjadi orang-orang lalai." [HR. Muslim].

Sehingga, untuk umat Islam terutama bagi yang laki-laki jangan pernah meninggalkan sholat Jum'at. Karena bagi yang meninggalkannya akan dimasukkan kedalam golonganorang-orang munafiq.