Harus Tahu! Ciri-Ciri Beras Plastik

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Beras adalah makanan pokok masyarakat di Indonesia, namun sayangnya baru-baru ini ditemukan beras yang dibuat dari bahan dasar plastik. Beras dari plastik atau beras sintetis ini pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang bubur di Bekasi.

Ia curiga karena beras yang diolah menjadi bubur itu gagal diolah, dan ketika sudah diolah terdapat beberapa kejanggalan dan tidak tampak seperti beras pada umumnya.

Harus Tahu! Ciri-Ciri Beras Plastik

Dewi Setiani, pedagang bubur tersebut mengunkapkan ada beberapa ciri yang membedakan antara beras asli dengan beras plastik. Untuk itu, Dewi membeberkan ciri-ciri yang membedakan antara beras plastik dengan beras asli.

  1. Butiran beras yang diduga plastik berwarna bening sementara beras asli berwarna bening bercampur putih susu.
  2. Ketika dimasak, beras plastik sudah terlihat berbeda dengan beras pada umumnya.
  3. Ketika dimasak menjadi bubur, beras plastik tidak hancur-hancur. Padahal umumnya memasak nasi menjadi beras hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja beras sudah hancur.
  4. Ketika dimasak, beras plastik tidak dapat menyerap air, bahkan malah mengeluarkan air. Padahal, beras yang asli pasti akan menyerap air.
  5. Dan ketika dimakan, beras plastik akan terasa aneh karena rasa plastiknya akan terasa dan ditenggorokan akan terasa lengket. Hal ini tentu berbeda dengan beras asli.

Jadi, masyarakat sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih. Karena saat ini beras plastik diduga sudah beredar luas di masyarakat, jika dilihat sekilas memang beras plastik dengan beras asli tak jauh berbeda.

Namun, jika diteliti lebih dekat lagi akan terlihat lebih jelas. Dan yang paling mudah dalam membedakannya adalah dengan melihat warna berasnya. Jika beras plastik akan terlihat bening saja, sementara beras asli akan terlihat bening dengan warna putih susu ditengahnya.