Aktivitas Vulkanis di Bulan Jupiter Berhasil Direkam

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan di Bumi berhasil mengabadikan sebuah gambar yang begitu mendetail dari panas yang dihasilkan oleh aktivitas vulkanis Io, salah satu bulan Jupiter.

Io memiliki ukuran luas permukaan sebesar 41.910.000 km2, disana terdapat lebih dari 300 struktur vulkanis yang terdapat di atas permukaannya. Ini menjadikan Io sebagai satelit dengan aktivitas geologis paling aktif di tata surya.

Aktivitas Vulkanis di Bulan Jupiter Berhasil Direkam

Dari yang dapat ditemukan peneliti, terlihat bahwa lubang vulkanis terluas memiliki lebar sepanjang 200 kilometer, yang dinamakan dengan lubang Loki.

Lubang lava tersebut direkam oleh teropong Large Binocular Telescope, dengan beberapa titik yang menyala terang, menunjukkan adanya panas yang naik ke permukaan danau. Erupsi itu, menurut dugaan peneliti, disebabkan oleh kerak danau yang patah, terpisah, lalu terbentuk kembali.

Penemuan ini membantu peneliti untuk mencari tahu stuktur interior bulan Io, sehingga dapat membantu kelancaran misi NASA ke depannya. (Nat. Geo)