Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Zaitun adalah buah yang dikenal memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga merupakan buah yang disebutkan di dalam Alquran. Selain itu, banyak juga hadits tentang manfaat dari buah zaitun ini.

Buah zaitun adalah buah yang serba guna, buah zaitun yang muda dapat dikonsumsi secara mentah-mentah atau bisa juga diawetka sebagai penyegar. Sedangkan buah zaitun yang tua dapat diperas untuk diekstrak dan dijadikan sebagai minyak zaitun yang terkenal akan khasiat dan manfaatnya ini bagi kesehatan.

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Buah zaitun sudah tumbuh sejak 8000 tahun silam terutama di kawasan Mediterania. Buah zaitun dapat Anda jumpai sebagai salad atau toping pizza, namun tak sedikit juga yang menggunakan zaitun buah maupun minyaknya sebagai obat maupun digunakan untuk perawatan kecantikan kulit bagi kaum hawa.

Buah zaitun memiliki beberapa manfaat lain, yang diantaranya:

1. Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Kanker adalah momok menakutkan bagi siapa saja. Hingga saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan kanker. Namun kanker dapat dicegah, salah satunya dengan menggunakan buah zaitun.

Buah zaitun memiliki kandungan zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut dengan lutein. Lutein ini yang membantu untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker. Buah zaitun ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasa dialami oleh mereka yang sangat sibuk, kebanyakan penyebab penuaan dini adalah karena radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk jaringan kolagen.

Polusi lingkungan, paparan sinar matahari, pemakaian air yang tercampur bahan kimia dan perubahan cuaca adalah beberapa faktor penyebab radikal bebas.

Buah zaitun yang memiliki sifat anti-oksidan ini mampu untuk membuang zat radikal bebas yang berguna untuk pencegahan kanker, selain itu anti-oksidan yang dimiliki buah zaitun dapat mencegah penuaan dini.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang, di Indonesia penyakit ini adalah pembunuh no.2 setelah kanker. Indonesia sendiri merupakan negara ke-7 dunia dengan penderita diabetes terbanyak.

Pola hidup yang tidak sehat adalah salah satu faktor penyebab diabetes. Para peneliti telah membuktikan bahwa mengkonsumsi buah zaitun dapat mengurangi resiko terkena diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung biasa dialami oleh mereka yang gemar mengkonsumsi makanan sembarangan. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh yang mematikan.

Buah zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung sebab buah zaitun mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

5. Mengobati Anemia

Dengan tingginya jumlah zat besi yang ada di dalam buah zaitun akan meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selain itu buah zaitun akan mengikat oksigen di dalam darah Anda sehingga membuat Anda lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat dari buah zaitun. Buah yang disebutkan didalam Alquran dan Hadits ini memang banyak memiliki manfaat.

"Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi." [HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah]

"Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi." [HR. Baihaqi dan Ibnu Majah]