Inilah Buah-Buah Surga yang Ada di Dunia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Alquran dan Hadits banyak menggambarkan tentang surga, baik dari para penghuninya, kenikmatan-keikmatan di dalamnya, hingga makanan-makanan surga yang super lezat. Di dalam surga segala sesuatu halal untuk dikonsumsi, karena surga adalah tempat dari segala sesuatu yang baik.

Di surga tidak lagi ada yang namanya musim durian, musim rambutan, musim mangga dan lain sebagainya. Karena segala sesuatu yang kita inginkan ada disana. Allah telah menyediakan segalanya bagi para penghuni surga sebagai hadiah Allah kepada hamba-Nya yang pada saat di dunia senantiasa beribadah dan taat kepada segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Inilah Buah-Buah Surga yang Ada di Bumi

Buah-buahan surga sangat lezat rasanya, bahkan di dalam surga saat buah dipetik maka pada saat langsung tumbuh buah baru sebagai gantinya. Kabar gembira ini sudah Allah firmankan di dalam Alquran yang ditujukan untuk orang-orang yang beriman:

"Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya." [QS. Al-Baqarah ayat 25]

Lalu seperti apa sih buah-buahan yang ada di surga? berikut ini adalah beberapa buah-buahan surga yang ada di bumi dan sering kita jumpai di sekitar kita:

1. Buah Delima

Buah Delima

Allah SWT berfirman:

"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." [QS. Al-'An`ām ayat 141]

Delima adalah salah satu jenis buah yang disebutkan didalam Alquran. Didalam buah Delima ini mengandung banyak potassium yang sangat besar volumenya. Selain itu, buah ini juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, besi, dan sodium serta vitaman-vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Sodium yang bereaksi dengan potassium dapat mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal.

2. Buah Pisang

Buah Pisang

Allah berfirman:

"Mereka berada di antara pohon bidara yang tak berduri," [QS. Al-Wāqi`ah ayat 28]

"dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)," [QS. Al-Wāqi`ah ayat 29]

"dan naungan yang terbentang luas," [QS. Al-Wāqi`ah ayat 30]

Pisang adalah buah yang paling sering kita jumpai disekitar kita. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang adalah buah yang bergizi, mereka terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah cukup. Di samping membantu menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

3. Buah Zaitun

Buah Zaitun

"Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu." [QS. An-Naĥl ayat 10]

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." [QS. An-Naĥl ayat 11]

Para peneliti telah mengakui bahwa buah zaitun selain enak rasanya ternyata juga merupakan sumber makanan sehat. Asam linoleik yang terkandung didalam buah ini ternyata sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui.

Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit. Organisasi-organisasi kesehatan, termasuk WHO, menganjurkan penduduk yang bermukim dalam masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30 pesen asam linoleik. Hal ini telah menaikkan harga zaitun.

4. Buah Anggur

Buah Anggur

Allah SWT berirman:

"Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan," [QS. Al-Mu'minūn ayat 23]

Anggur memiliki kandungan gizi yang tinggi dengan beragam vitamin dan bahan-bahan metalik, hal ini menjadikan anggur menjadi satu jenis buah-buahan yang penting. Sekitar 20 hingga 25 persen isinya adalah gula, yang dapat dengan cepat masuk ke dalam aliran darah. Karena itu, anggur baik untuk mereka yang banyak menggunakan kegiatan fisik dan mental, sebab ia menghilangkan rasa penat dan menggempur anemia.

5. Buah Kurma

Buah Kurma

"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir." [QS. Ar-Ra`d ayat 13]

Buah kurma memiliki kandungan 50 persen gula dan dagingnya terdiri dari fruktosa dan glukosa yang memiliki kalori yang tinggi. Hal ini membuat kurma menjadi mudah untuk dicerna, selain itu kandungan gulanya juga dapat menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan.

Itulah beberapa buah-buahan dari surga yang dapat kita jumpai di sekitar kita. Namun, jika dibandingkan dengan buah surga, buah di dunia ini tentu tidak ada apa-apanya. Namun, itu adalah sebuah karunia dan kekuasaan Allah SWT. Untuk itu, marilah kita senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita semua agar kita tidak temasuk dalam golongan orang-orang yang kufur.