Beginilah Cara Setan Memperdaya Manusia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, itulah mengapa kita dianjurkan untuk senantiasa berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Syaitan telah bersumpah untuk menyesatkan anak cucu Adam hingga datang hari kiamat.

Sudah berbagai macam cara dan tipu daya yang dilakukan setan untuk menyesatkan manusia, dan saat ini sudah terbukti bahwa setan benar-benar menyesatkan manusia. Hal ini bisa kita lihat dari kehidupan manusia di masa modern sekarang ini.

Beginilah Cara Setan Memperdaya Manusia

Pergaulan bebas, maraknya perzinahan, pembunuhan hingga praktek syirik yang semakin marak dilakukan secara terang-terangan. Inilah bukti nyata bahwa syaitan benar-benar sudah menyesatkan manusia.

Syaitan tidak hanya menggoda orang-orang yang awam saja, karena syaitan juga menggoda orang-orang yang bahkan merupakan para ahli ibadah. Syaitan menggunakan 3 cara ketika akan memperdaya manusia, yaitu dengan cara:

1. Marah

Marah adalah salah satu jalan syaitan untuk memperdaya manusia. Itulah alasan mengapa Rasulullah melarang umatnya untuk memiliki sifat pemarah. Marah memang suatu kondisi yang lumrah dialami manusia untuk mengeluarkan emosinya, namun Rasulullah menganjurkan kita untuk menghindari dan mencegah hal-hal yang dapat membuat kita marah.

Karena saat marah, syaitan akan leluasa untuk menguasai hati manusia. Mereka akan dengan sangat mudah masuk kedalam hati dan mulai memperdaya manusia.

2. Mabuk

Dalam Islam sudah jelas bahwa segala sesuatu yang memabukkan adalah haram. Karena, ini merupakan salah satu cara setan untuk memperdaya manusia. Saat manusia kehilangan kesadaran akibat mabuk, maka syaitan akan dengan leluasa memperdaya manusia.

Mereka akan membisikkan kepada manusia untuk melakukan hal-hal yang buruk, mereka akan menuntun manusia kepada jalan kejelekan. Maka dari itu, jangan pernah mendekati khamr atau segala sesuatu yang memabukkan agar kita terhindar dari tipu daya syaitan.

3. Kikir

Kikir adalah salah satu sifat tercela, mereka yang memiliki sifat kikir cenderung akan lebih mudah untuk dipedaya syaitan karena dengan memiliki sifat kikir biasanya orang tersebut juga berlaku sombong dan memandang rendah orang lain.

Selain itu, orang yang memiliki sifat kikir juga akan jauh dari rasa bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya. Mereka akan merasa bahwa semua yang telah ia miliki itu tidak atau masih belum cukup bagi mereka.

Itulah beberapa cara syaitan untuk menyesatkan manusia. Untuk itu, marilah kita untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar kita senantiasa dijauhkan dari godaan dan tipu daya syaitan yang terkutuk.

"Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah" [QS. Al-A'raf ayat 200]

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya." [QS. Al-A'raf ayat 201]