Misteri Buah yang Dimakan Nabi Adam dan Hawa di Surga

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kita percaya bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama sekaligus nenek moyang manusia yang Allah ciptakan. Sebelum turun ke bumi, Adam dan Hawa tinggal di surga. Namun, karena terhasut oleh Iblis, maka Nabi Adam diusir oleh Allah karena memakan buah dari pohon yang Allah larang, bahkan untuk mendekatinya sekalipun.

"Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim." [QS. Al-Baqarah ayat 35]

Misteri Buah yang Dimakan Nabi Adam dan Hawa di Surga
Ilustrasi

Perihal buah apa yang dimakan oleh nabi Adam, hal ini masih menjadi misteri. Para ulama tafsir dalam hal ini juga masih berbeda pendapat, Ibnu Abbas, Said bin Jubair, Asy-Sya’bi, Ja’dah bin Hubairah, Muhammad bin Qais, As-Suddi, dan Ibnu Mas’ud meriwayatkan bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon Anggur.

Ibnu Abbas, Hasan Basri, Wahab bin Munabbih, Athiyah Al-Aufi, Abu Malik, Muharib bin Ditsar, dan Abdurrahman bin Abi Laila meriwayatkan, "Orang-orang Yahudi menduga bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon gandum."

Sementara itu, Wahab mengatakan, "Buahnya itu lebih lembut dari keju dan lebih manis dari madu." Sedangkan Ats-Tsauri meriwayatkan dari Hushain, dari Abu Malik, bahwa pohon tersebut adalah pohon kurma.

Riwayat dari Ibnu Juraij, dari Mujahid, dan dari Qatadah, menyebutkan bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon Tin. Lalu Abu Aliyah mengatakan, "Kalau seperti pohon di dunia, maka jika buahnya dimakan nantinya akan menjadi kotoran, sedangkan di surga semestinya tidak ada yang namanya kotoran."

Perbedaan pendapat dikalangan para ulama ini wajar terjadi, perihal buah apa yang dimakan oleh Nabi Adam dan Hawa adalah hanya Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Namun, hingga saat ini buah yang dimaksud masih menjadi misteri.