Fakta Menarik dari Negeri Islam Brunei Darussalam

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Brunei Darussalam adalah sebuah negara yang hanya memiliki luas wilayah seluas 5.765 km². Negara yang bertempat di bagian utara pulau Kalimantan ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 408,786 jiwa (2011).

Negara yang memiliki motto "Sentiasa membuat kebajikan dengan petunjuk Allah" ini beberapa waktu lalu menjadi sorotan dunia lantaran kebijakan pemerintah Brunei yang memutuskan menggunakan hukum Syari'ah sebagai landasan hukum negara itu.

Fakta Menarik dari Negeri Islam Brunei Darussalam

Brunei pun menjadi negara pertama yang secara resmi mengumandangkan penerapan hukum Islam di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Berbicara tentang Brunei Darussalam, walaupun negara ini terbilang negara yang memiliki luas wilayah yang kecil, namun ada beberapa beberapa fakta menarik yang ada di Brunei Darussalam, berikut ini diantaranya:

1. Memiliki Pemimpin yang Unik

Sultan Brunei Darussalam nampaknya memang sangat dicintai oleh rakyatnya. Ini terbukti bahwa di Brunei, foto sang Sultan selalu terpampang di koran, televisi, atau bahkan di restoran-restoran.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei ini juga memiliki hobi yang unik seperti mengoleksi mobil-mobil mewah dan klasik. Beberapa mobil yang ia miliki antara lain 160 Proches, 130 Rolls Royces, 360 Ferrari, 170 Jaguar, 180 BMW dan 530 Mercedes Benz.

Selain itu, sang Sultan juga memiliki gelar yang sangat panjang. Gelar yang dimilikinya adalah "Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Muíizzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar ëAli Saifuddien Saíadul Khairi Waddien, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam", sangat panjang bukan?

2. Memiliki Istana yang Sangat Megah

Istana Nurul Iman yang ditempati oleh Sultan Hassanal Bolkiah bisa dibilang sangat megah. Bagaimana tidak, tempat sang sultan tinggal memiliki 28 kubah raksasa yang semuanya dilapisi emas. Istana ini memiliki sekitar 500 kamar dan 257 toilet. Dan konon, bahkan toilet di sini berlapis emas.

Selain itu, Sultan Brunei juga punya hobi memelihara kuda polo. Dia memiliki 200 kuda dan kuda-kuda tersebut tinggal dengan nyaman dengan kandang yang ber-AC. Istana sang sultan dinobatkan sebagai tempat tinggal pemimpin negara yang paling lebar di dunia, ditinjau dari luas lantai bangunannya.

3. Menjadi Salah Satu Negara Terkaya di Dunia

Meski Brunei Darussalam termasuk negara kecil, namun negara ini termasuk negara terkaya di dunia. IMF sebagai organisasi internasional yang bertanggungjawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya memprediksi bahwa suatu saat nanti, Brunei dan Libya akan menjadi dua negara yang tidak memiliki hutang internasional. Dari tahun ke tahun indeks pendapatan Brunei semakin tinggi.

Majalah Forbes juga memberi ranking ke 5 bagi Brunei sebagai negara yang paling kaya akan sumber minyak dan gas dibanding 182 negara lainnya. Negara ini merupakan negara pengekspor minyak terbesar ke sembilan di dunia.

4. Menjunjung Tinggi Sopan Santun

Sebagai negara yang berlandaskan ajaran Islam, Brunei Darussalam sangat menjunjung tinggi sopan santun. Brunei Darussalam memiliki banyak sekali peraturan yang berhubungan dengan kesopanan. Negara ini juga tegas dalam melaksanakan syariat islam. Salah satu peraturannya adalah tidak diperbolehkan menjual atau membeli minuman beralkohol dalam bentuk apapun secara publik. Jika melanggar aturan ini, akan mendapatkan sanksi yang cukup serius.

Selain itu, orang-orang yang bukan muhrim juga tidak boleh bersentuhan, termasuk tidak boleh saling berjabat tangan. Jika Anda menanyakan sebuah arah kepada orang Brunei, maka mereka akan menunjukkan arah dengan menggunakan ibu jari, karena penggunaan telunjuk dianggap tidak sopan.

5. Walau Memiliki Fasilitas Kesehatan yang Baik, namun Warganya Memiliki Masalah Berat Badan

Jaminan kesehatan yang baik dan praktis adalah impian setiap warga negara manapun. Di Brunei, keinginan tersebut telah lama tercapai. Di negara ini, untuk setiap konsultasi ke dokter anda hanya perlu membayar 1 dolar Brunei, atau sekitar sembilan ribu rupiah saja. Sementara obat-obatannya akan diberi gratis. Jika fasilitas kesehatan di Brunei tidak memadai untuk menalangi sebuah penyakit, maka pemerintah Brunei akan membiayai pengobatan rakyatnya ke luar negeri.

Namun ternyata, dibalik jaminan kesehatan yang top itu, Brunei memiliki isu kesehatan yang cukup serius. 7.5 persen dari rakyatnya mengalami kegemukan alias obesitas. Angka tersebut merupakan angka obesitas tertinggi diantara negara-negara ASEAN. Sementara itu 20 persen dari anak usia sekolah di Brunei juga mengalami kegemukan.

Itulah beberapa fakta menarik yang ada di negara Brunei Darussalam. Semoga, Indonesia bisa mencontoh Brunei Darussalam.

Baca Juga: Misteri Buah yang Dimakan Nabi Adam dan Hawa di Surga