Tips Menggunakan Make Up Aman dan Tidak Kadaluarsa

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Bukan wanita namanya jika tidak peduli terhadap kecantikan mereka, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya produk kosmetik baru yang bermunculan setiap tahun. Produk kecantikan seperti alat make up merupakan incaran utama para wanita.

Tampil cantik memang perlu terutama bagi wanita yang hobi merias wajah mereka, tetapi kita juga harus waspada terhadap produk kosmetik yang kita gunakan bukan hanya brand atau kualitas tetapi juga masa berlaku dari make up tersebut.

Tips Menggunakan Make Up Aman dan Tidak Kadaluarsa

Dewasa ini sudah banyak wanita yang terkena infeksi atau iritasi pada wajah mereka akibat penggunaan make up yang tidak aman dan juga kadaluarsa. Iritasi dan infeksi dapat timbul akibat bakteri masuk ke dalam alat kosmetik yang sudah terbuka atau sudah habis masa berlakunya dan akan berpindah ke wajah. Berikut beberapa cara menggunakan make up secara aman:


  1. Taruh kosmetik dalam satu wadah dan tempatkan di tempat yang sejuk agar bentuk, kepadatan dan warna dari kosmetik tersebut tidak mudah berubah.
  2. Jangan menggunakan kosmetik yang sudah berbau tidak pada kosmetik biasanya, berubah warna, lembek atau berair karena hal tersebut menunjukkan kosmetik telah terkontaminasi oleh bakteri atau jamur yang dapat menimbulkan penyakit.
  3. Hindari menggunakan lipstick atau lip gloss milik orang lain karena jika terlalu sering dapat menimbulkan penyakit dari bakteri yang bisa menular melalu kosmetik tersebut.
  4. Ingat kapan pertama kali Anda menggunakan make up karena setiap kosmetik memiliki masa berlaku sejak pertama kali di buka atau di gunakan, seperti :

  1. Eye Liner dan Maskara 3 bulan
  2. Foundation berbahan dasar air 1 tahun, sedangkan yang berbahan dasar minyak 1,5 tahun
  3. Blush on 6 bulan
  4. Bedak 1 sampai 2 tahun
  5. Lipstick 2 sampai 3 tahun
  6. Kuteks 2 tahun
  7. Eye shadow 2 tahun
  8. Cream shadow 1 tahun sampai 1,6 tahun  
  9. Parfum 3 tahun dari pertama kali digunakan



Itulah beberapa tips perawatan kecantikan untuk menggunakan make up dan menjauhkan produk kosmetik yang sudah tidak layak untuk digunakan kembali karena bias merugikan diri Anda, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat!