Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Pada tahun 70-an, proses persalinan di dalam air baru mulai populer di negara Eropa. Rusia dan Perancis yang saat itu mengenalkan metode baru persalinan yang mampu mengurangi rasa nyeri pada saat melahirkan.

Melahirkan di dalam air dapat mengurangi rasa sakit pada ibu, ide awal dari semua persalinan ini adalah bermula dari pemikiran bahwa janin yang selama sembilan bulan berenang dalam air ketuban dapat lebih nyaman memasuki dunia baru yang juga air sebelum menghirup udara dan kemudian bernafas.

Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit

Namun di dalam surat Maryam, Allah memberikan informasi tersebut secara tersirat. Ayat itu bercerita tentang proses kelahiran nabi Isa a.s:

"Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan"." [QS. Maryam ayat 23]

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. [QS. Maryam ayat 24]

Dalam proses water birth, ada beberapa manfaat bagi ibu dan anak yang dilahirkan antara lain:

Manfaat bagi Ibu: Ibu akan merasa lebih relaks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis. Metode ini juga akan mempermudah proses mengejan. Sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan. Di dalam air proses pembukaan jalan lahir akan berjalan lebih cepat.

Manfaat bagi bayi: Manfaat persalinan di air bagi bayi adalah dapat menurunkan risiko cedera kepala bayi, peredaran darah bayi akan lebih baik sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan.

Meskipun belum dilakukan penelitian mendalam, namun pakar kesehatan meyakini bahwa lahir dengan metode ini memungkinkan IQ bayi menjadi lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir dengan metode lain.

Manfaat melahirkan dalam air dibanding proses persalinan biasa adalah terletak pada kemampuan media air mengurangi rasa sakit pada ibu ketika proses melahirkan berlangsung. Beberapa pasien yang telah mencoba metode water birth ini merasa cukup nyaman, tubuh mengalami rileksasi, dan tidak merasa terlalu sakit.

Baca Juga: Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah