Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kita mengetahui bahwa api adalah suatu unsur yang bersifaFat panas, api sangat berguna bagi kehidupan manusia. Api juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi manusia. Biasanya api digunakan untuk memasak, merbus air, dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi manusia.

Secara ilmiah, api merupakan oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Apakah Anda pernah melihat api? seperti apa warna api itu? pasti Anda pernah melihat warna api yang berbeda-beda. Yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari mungkin berwarna biru dan merah saja.

Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah

Penelitian dari para ilmuwan menyimpulkan bahwa api dapat berubah warna apabila suhunya dinaikkan. Hal ini sangat bersesuaian dengan hadits Rasulullah SAW tentang api sebagai berikut:

"Api dinaikkan suhunya selama seribu tahun sampai berubah menjadi merah, lalu dinaikkan lagi selama seribu tahun hingga berubah menjadi putih, kemudian dinaikkan lagi selama seribu tahun sampai menghitam, dan itulah yang disebut dengan hitam legam". [HR. At-Tirmidzi]

Lalu bagaimana bisa Rasulullah mengetahui bahwa api akan berubah warna apabila suhunya dinaikkan? padahal di zaman nabi belum ada yang mampu melakukan peneltian. Itulah salah satu kebenaran dari ucapan Muhammad SAW utusan Allah, mana mungkin Rasulullah bisa mengetahuinya jika tanpa petunjuk dari Allah SWT.

Inilah fakta tentang warna-warna api yang harus Anda ketahui:

1. Api Berwarna Merah

Api berwarna merah/kuning biasanya terjadi di suhu yang kurang dari 1000 derajat celcius. Api jenis ini yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Jika di matahari, inilah api yang berada di bagian paling dingin di matahari.

2. Api Putih

Inilah api yang paling panas di bumi. Api berwarna putih biasanya terjadi apabila suhunya melebihi 2000 derajat celcius, dan api ini merupakan api yang ada di dalam inti matahari dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.

3. Api Hitam

Api hitam, kita tidak akan menjumpainya di bumi. Karena api ini merupakan api paling panas yang hanya ada di dalam neraka. Rasulullah bahkan menggambarkan bahwa api yang ada di dunia ini merupakan tujuh puluh bagian dari panasnya api neraka.

Hal itu telah digambarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

“(Panasnya) api yang kalian (Bani Adam) nyalakan di dunia ini merupakan sebagian dari 70 bagian panasnya api neraka Jahannam.

Para sahabat bertanya:
“Demi Allah, apakah itu sudah cukup wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam?”

Rasul bersabda:
“(Belum), sesungguhnya panasnya sebagian yang satu melebihi sebagian yang lainnya sebanyak 69 kali lipat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Baca Juga: Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya