Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Nabi merupakan utusan Allah yang menerima wahyu untuk melanjutkan syari'at yang diemban oleh rasul sebelumnya. Seperti kita ketahui bersama, di dalam ajaran Islam kita mengenal 25 nabi dan rasul Allah. Dan nabi sekaligus rasul terakhir yang diutus Allah adalah Muhammad SAW.

Sebelum nabi Muhammad SAW di utus oleh Allah, sudah ada banyak sekali nabi dan rasul yang diutus oleh Allah untuk membawa ajaran Tauhid yaitu hanya menyembah satu Tuhan yang berhak disembah, yaitu Allah SWT.

Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Nabi Ibrahim, Isa dan Musa adalah beberapa contoh nabi yang Allah utus untuk menegakkan ajaran Allah tersebut. Mereka hidup di masa lalu bahkan jauh sebelum Nabi Muhammad hidup. Lalu, bagaimana rupa dan wajah para Nabi tersbut?

Dalam sebuah hadits saat Rasulullah melakukan isra' mi'raj, Rasulullah bertemu dengan nabi Musa, Isa, dan Ibrahim. Kemudian beliau menceritakan rupa dari para Nabi tersebut.

Imam Ahmad meriwayatkan, dari Yunus dan Hujain, dari Al-Laits, dari Abu Zubair, dari Jabir, dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:

"...Setelah itu aku diperlihatkan sejumlah nabi. Di sana aku melihat Musa. Ia adalah contoh pria yang memiliki postur yang tegap (yakni besar dan kekar). Kemudian aku melihat Isa bin Maryam, setelah aku amati dari dekat wajahnya sangat mirip dengan Urwah bin Mas'ud. Kemudian aku melihat Ibrahim, dan ketika aku amati dari dekat wajahnya mirip dengan orang yang bersama kalian ini (yakni dengan diri Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)."

Ada hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, melalui Aswad bin Amir, dari Israil, dari Utsman, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika itu aku bertemu Isa bin Maryam, Musa, dan Ibrahim. Adapun Isa, ia memiliki warna kulit yang kemerahan, berambut ikal, dan dada yang membusung. Sedangkan Musa memiliki warna kulit yang gelap, bertubuh tegap, dan rambut yang panjang. Lalu para sahabat bertanya, "Bagaimana dengan Ibrahim?" Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Lihatlah sahabat kalian ini. (yakni, mirip dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)"

Itulah rupa wajah para Nabi yang telah digambarkan oleh Rasulullah SAW. Dan kita percaya bahwa Rasulullah dalam setiap perkataannya terdapat kebenaran.

Baca Juga: Apakah Hewan Qurban Merasakan Sakit Saat Disembelih?