Apakah yang Dimaksud dengan Ruh?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Ruh merupakan kata yang sering kita dengar di masyarakat. Seperti kita ketahui, ruh atau roh merupakan sebuah unsur non-materi yang bersemayam di dalam tubuh seseorang atau jasad yang diciptakan Allah yang merupakan penyebab adanya kehidupan.

Islam percaya bahwa ruh itu ada dan setiap makhluk hidup memiliki ruh. Manusia adalah makhluk yang paling akhir diciptakan oleh Allah, setelah diciptakan-Nya makhluk lain seperti malaikat, jin, alam semesta, hewan (binatang), tumbuhan dan lainnya.

Apakah yang Dimaksud dengan Ruh?

Allah menciptakan manusia dengan dipersiapkan untuk menjadi makhluk yang paling sempurna. Karena, manusia diciptakan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi dan memakmurkannya.

Sebelum ruh ditiupkan kepada jasad, Allah akan mengambil sumpah ruh-ruh tersebut di alam arwah. Seperti yang tertera pada ayat berikut ini:

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", [QS. Al-'A`raf ayat 172]

Dengan kesaksian dan perjanjian ini maka seluruh manusia lahir ke dunia dianggap sudah memiliki nilai, yaitu nilai fitrah beriman kepada Allah dan ajaran yang lurus.