#SaveKPK Jadi Trending Topic Dunia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setelah penangkapan penangkapan Bambang Widjojanto pada 23 Januari 2015 pagi tadi, gelombang dukungan terus mengalir kepada wakil ketua KPK tersebut. Gelombang dukungan tersebut juga datang dari para Netizen di media sosial.

Gelombang dukungan besar-besaran yang ditandai dengan hashtag atau tagar #SaveKPK itu ternyata mampu menjadi trending topic di Indonesia. Berbagai suara dukungan datang dan mendesak agar polri segera melepas wakil ketua KPK tersebut.

Setelah berhasil menembus trending topic di Indonesia, tagar #SaveKPK ternyata juga merajai trending topic paling populer di dunia. #SaveKPK mulai masuk 10 besar kata yang paling dikicaukan pengguna Twitter sedunia pada sekitar pukul 11.30 WIB.

#SaveKPK Jadi Trending Topic Dunia

Selain #SaveKPK, kata "KPK vs Polri" juga mendunia dengan menempati peringkat ketujuh TTWW.

Tagar #SaveKPK dan KPK vs Polri muncul setelah merebaknya kabar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto ditangkap oleh Bareskrim Polri. Kabar tersebut segera memicu reaksi netizen Indonesia.

Sebagian masyarakat Indonesia di dunia maya mengecam penangkapan tersebut dan menganggap KPK sedang menjadi korban "serangan" dari polisi. Penangkapan yang dilakukan Bareskrim Polri dinilai sebagai upaya pelemahan institusi KPK.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny Sompie telah membenarkan bahwa pihak kepolisian telah menangkap Bambang Widjojanto karena kasus sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada tahun 2010. Bambang disebut polisi meminta saksi untuk bersaksi palsu di Mahkamah Konstitusi.

Beberapa topik terkait lain seputar penangkapan Wakil Ketua KPK ikut masuk daftar Trending Topic di Indonesia, antara lain "BW Ditangkap", "#SayaMauMelaporkan", "Wakil Ketua KPK", "Bambang Widjojanto", "Cicak vs Buaya", dan "Wakil Ketua KPK".