Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Shalat adalah sebuah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam, barangsiapa yang menjalankannya akan mendapatkan pahala dan barangsiapa yang dengan sengaja meninggalkannya maka akan mendapatkan dosa.

Perintah shalat diberikan kepada Nabi Muhammad SAW setelah beliau miraj ke Sidratul Muntaha, disana Rasulullah mendapatkan perintah shalat dari Allah SWT sebanyak 50 kali sehari pada awalnya, hingga pada akhirnya menjadi 5 kali saja dalam sehari.

Mungkin banyak di antara orang-orang muslim yang menganggap bahwa shalat hanya sebuah ibadah wajib yang harus dilaksanakan, namun tahukah Anda bahwa dibalik ibadah shalat tersebut ternyata terdapat manfaat saat kita menjalankan ibadah tersebut.

Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat

Dan berikut ini adalah beberapa fakta ilmiah tentang manfaat dari shalat yang harus Anda ketahui:

1. Gerak Olahraga Terbaik


Dalam beberapa tahun terakhir di Perancis terjadi penyebaran penyakit Desk, dengan presentase 18 dari 20 warga Perancis terkena penyakit tersebut. Anehnya, para dokter yang menganalisa penyakit tersebut justru menganjurkan penderita untuk melakukan Shalat sebagai terapi penyakit tersebut.

Kenapa? Karena diketahui secara medis dengan disiplin melakukan shalat setiap waktunya plus sholat malam, berdampak pada perubahan pada gerak otot dan hal ini mampu membangkitkan semangat baru pada tubuh, mengikis timbunan lemak di sekitar perut dan paha dan memperlambat efek-efek penuaan pada tubuh.

Bahkan, konsistensi shalat pun mampu menjaga bentuk ideal tubuh dan gerakannya serta mempercepat munculnya vitalitas tubuh secara non stop 24 jam setiap harinya. dengan demikian sholat adalah latihan yang paling mudah dan cocok dijadikan sebagai olah tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

2. Sujud Bermanfaat Bagi Kesehatan


Setiap harinya, umat Islam bersujud minimal 34 kali dalam sehari. Bilangan tersebut dianggap sebagai bilangan yang tepat untuk meningkatkan aktivitas otot dan saraf tubuh serja menjaga keseimbangan antar sendi, khususnya tangan, paha, lutut dan kaki.

Dengan aktivitas sujud juga, peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dan bergerak dengan mudah dari atas ke bawah. Selain itu meningkatnya lipatan tangan mampu melancarkan peredaran darah dari atas pergelangan ke bawah hingga mampu mencegah infeksi yang umumnya menyerang pergelangan tangan.

3. Manfaat Wudhu dalam Terapi Penyakit Kanker Kulit


Berbagai kajian yang berhubungan dengan faktor pemicu kanker kulit mengungkapkan bahwa faktor yang mendominasi munculnya kanker kulit adalah karena kulit banyak menyrap zat kimiawi; dan solusi terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menghilangkannya dengan membersihkannya secara berulang kali.

Selain itu keringat dan lemak yang keluar dari pori-pori tubuh dan bercampur dengan debu pada umumnya mengandung zat kimiawi dan bakteri berbahaya. Jadi masih meragukan manfaat wudhu?

4. Shalat Mampu Menyembuhkan Rematik


Para ilmuwan dan juga para dokter mengungkapkan, salah satu cara untuk menyembuhkan rematik (khususnya pada tulang punggung) yang disebabkan ketidakseimbangan otot adalah dengan berolahraga. Berdasarkan saran dari dokter ini maka tidak ada solusi terbaik untuk menghindari rematik sejak dini kecuali dengan melaksanakan sholat 5 waktu secara konsisten, karena gerakan sholat adalah jenis gerakan terbaik yang mampu mengembalikan fungsi otot dengan baik.

Gerakan yang dimaksud adalah gerakan rukuk, berdiri tegak dan sujud. tentu saja gerakan itu adalah gerakan yang tuma'nina (tidak tergesa-gesa) dan sebaiknya lebih lama. Gerakan yang dilakukan secara berulang tersebut merupakan terapi terbaik dan penyembuhan terhebat bagi siapapun yang menderita penyakit tulang dalam waktu yang cepat.

5. Manfaat Shalat dengan Khusyu'


William Molton Marstein, seorang ahli psikolog pada majalah "Reader Digest" mengungkapkan bahwa bahwa kemampuan untuk memusatkan pikiran biasa dialami oleh setiap individu dalam kehidupannya. Misal, seorang pemimpin akan memusatkan pikirannya dalam menghadapi masalah.

Hal yang dapat menurunkan kemampuan memusatkan pikiran dan bahkan merusaknya adalah penyimpangan dan terlalu sibuk dalam menuruti hawa nafsu.

William juga mengungkapkan bahwa akal merupakan alat yang mengagumkan dan memiliki kemampuan yang sangat hebat jika difokuskan pada suatu titik.

Berkaitan dengan itu di Amerika dilakukan latihan berbicara kepada suatu obyek dengan menghadirkan hati dalam setiap kalimat yang diucapkannya dengan tujuan meningkatkan semangat dan kekuatan untuk berkeinginan dalam beraktivitas.

Jika saja mereka tahu tentang sholatnya kaum Muslim. Dan harap dicatat: obyek yang dituju dalam sholat adalah Dzat Yang Maha Agung, tentu saja kekuatan yang didapatkan sangat jauh. Subhanallah

Akhir-akhir ini, muncul kontroversi hukum haram terhadap yoga. Banyak pro dan kontra atas isu tersebut. Saya tidak bisa melakukan justifikasi akan hukum itu.

Tapi, mengacu pada manfaat kekhusyukan dalam sholat serta temuan bahwa sholat mampu menghilangkan kekhawatiran dalam diri dengan menuju kepada Allah, Dzat Yang Maha Agung, lalu kenapa kita malah memalingkan diri dari sholat yang merupakan manifestasi yang dahsyat dan melakukan meditasi yoga? Sungguh tidak perlu diperdebatkan dengan menguras nalar.

"Sesungguhnya sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya" [QS Al-Mu'minuun ayat 1-2]

Baca Juga: Ramalan Kitab Suci Hinddu Tentang Datangnya Muhammad Membuat Wanita Ini Mualaf