Islam Melarang Saling Hina Tuhan dan Agama

Islam Melarang Saling Hina Tuhan dan Agama

Islam adalah agama yang cinta damai, namun atas ulah dari sebagian kecil orang-orang yang 'anti' terhadap toleransi membuat citra Islam menjadi buruk di mata dunia. Selain itu, banyak juga tuduhan-tuduhan terorisme yang di layangkan kepada Islam hingga munculah istilah 'Islamphobia'.

Islamfobia adalah sebuah istilah yang merujuk pada prasangka dan diskriminasi pada Islam dan Muslim. Sebenarnya istilah tersebut sudah ada sejak tahun 80-an, namun setelah serangan 9/11 istilah tersebut menjadi semakin populer di Amerika, Eropa dan di beberapa negara lainnya.

Kendati demikian, umat Islam tidak boleh ikut-ikutan membenci dan menghina agama lain, apalagi menghina sembahan-sembahan (Tuhan) mereka. Karena Allah sendiri yang menurunkan perintah ini:

"Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan." [QS. Al-An'am ayat 108]

Dari ayat di atas, kita bisa mengetahui mengapa saling hina antar agama itu terus-menerus ada hingga sekarang. Wajar jika Islam sering diusik oleh orang lain, karena itu terjadi karna ulah umat Islam itu sediri.

Islam Melarang Saling Hina Tuhan dan Agama

Orang-orang Islam sering sekali menganggap dirinya paling suci, sehingga merendahka agama lain. Padahal Allah sangat melarang manusia untuk menganggap dirinya paling suci, paling benar dan sebagainya.

"(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunan-Nya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa." [QS. An-Najm ayat 32]

Dari ayat di atas, sudah jelas jika Allah sangat melarang kita untuk menganggap bahwa diri kita yang paling suci. Saat ini, banyak sekali orang-orang yang menganggap dirinya paling suci dan benar.

Mereka berlaku SARA, dan enggan menerima perbedaan, bahkan tidak jarang mereka menghina dan merendahkan agama dan kepercayaan orang lain. Jadi, marilah kita membuang penyakit dengki yang ada di dalam diri kita.

Jangan juga kita menghina dan merendahkan atau berprasangka buruk terhadap mereka yang berbeda agama dengan kita, karena kita sering menjumpai orang-orang yang mengkait-kaitkan perbuatan baik orang lain (yang beda agama) dengan pemurtadan. Sedangkan, kita sendiri tidak mau membantu sesama kita jika mereka dalam kesusahan.

Dan lagi, Allah juga memerintahkan Rasulullah dan kita semua untuk melindungi orang kafir yang meminta perlindungan kita. Dalam firman-Nya, Allah berfirman:

"Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui." [QS. At-Taubah ayat 9]

Jadi, marilah kita hilangkan sifat dengki dan saling membenci tersebut. Karena Allah sendiri yang memerintahkan kita untuk tidak saling menghina dan membenci.
Selengkapnya
Fakta Dibalik Rahasia Air Zam-Zam

Fakta Dibalik Rahasia Air Zam-Zam

Kita, umat Islam tentu tau apa itu air zam-zam. Sumur Zamzam ini sudah ada sejak zaman Nabi Ismail, dan hingga saat ini sumur tersebut tidak pernah kering meskipun setiap hari jutaan liter air di ambil dari sumur tersebut.

Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Menurut riwayat, mata air tersebut ditemukan pertama kali oleh Siti Hajar setelah berlari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah, atas petunjuk Malaikat Jibril, tatkala Ismail, putera Siti Hajar, mengalami kehausan di tengah padang pasir, sedangkan persediaan air tidak ada.

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana sumur zamzam bisa mengeluarkan air jutaan liter tanpa mengalami kekeringan. Raja Faisal pernah mengutus seorang ilmuwan untuk meneliti sumur zamzam sekaligus menjawab tuduhan salah seorang doktor Mesir yang menyebutkan bahwa air zam-zam tidak sehat untuk di minum.

Fakta Dibalik Rahasia Air Zam-Zam Ini Mengagumkan

Doktor Mesir tersebut mengatakan kepada media Eropa bahwa kota Mekah itu berada di bawah garis permukaan laut, ia menganggap air Zamzam itu berasal dari air sisa buangan penduduk kota Mekah yang meresap, kemudian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar dari sumur air zamzam.

Mendengar hal ini, raja Faisal akhirnya memerintahkan Menteri Pertanian dan Sumber Air untuk menyelidiki masalah ini dan mengirimkan contoh air zam-zam ke Laboratorium-laboratorium di Eropa untuk diuji.

Setelah dilakukan penelitian, hasilnya sungguh menakjubkan. Tariq Hussain seorang ahli kimia yang bekerja di Institut Peresapan Air Laut untuk air minum di Jeddah, mendapatkan tugas menyelidikinya.

Pada saat pertama kali Tariq melaksanakan tugasnya, ia belum memiliki gambaran apapun tentang air zam-zam dan bagaimana sumur itu dapat menampung jutaan liter air di dalamnya.

Tariq akhirnya terkejut setelah ia sampai di dalam sumur terseut. Ternyata, sumur zam-zam hanya memiliki ukuran sebesar 18x14 kaki atau sekitar 5x4 meter saja.

Tidak bisa di bayangkan bagaimana sumur sekecil ini bisa menampung banyak air dan tidak mengalami kekeringan sejak zaman Nabi Ibrahim AS tersebut.

Jumlah Liter Air Zam-Zam


Ada yang penasaran berapa liter air zam-zam yang di ambil pada saat musim haji? Mari kita bahas secara gamblang masalah ini. Jemaah haji yang datang dari seluruh pelosok dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah lebih kurang dua juta orang.

Semua jemaah diberi 5 liter air zam-zam ketika pulang ke tanah airnya, jika 2 juta orang membawa pulang masing- masing 5 liter air zam-zam ke negaranya, ini saja sudah menjadi 10 juta liter.

Disamping itu sepanjang berada di Mekah dan kebanyakannya jemaah tinggal 25 hari dan setiap orang menghabiskan 1 liter sehari maka jumlahnya sudah 50 juta liter.

Mengandung Zat Anti-Kuman


Setelah raja Faisal mengirimkan sampel-sampel air zamzam ke Eropa untuk di teliti, ternyata terdapat hal yang mengejutkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa air zamzam mengandung zat fluorida yang terbukti mampu memerangi kuman.

Lalu perbedaan air zamzam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium.

Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zamzam. Itu mungkin salah satu sebabnya air zamzam mempunyai efek menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan.

Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. Rasanya selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun.

Mampu Menyembuhkan Penyakit


Sebenarnya, fakta-fakta keajaiban air zamzam ini sudah pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Nabi saw menjelaskan: "Sesungguhnya, zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi". Nabi saw menambahkan: "Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail". [HR. Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas].

Selain itu, inilah perbedaan air zamzam dengan air pada sumur lain di Makkah:

  1. Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.
  2. Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.
  3. Yang juga menakjubkan adalah, tak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman.
  4. Anehnya lagi, pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur zamzam tetap berair. Dan zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman.

Air ini adalah salah satu tanda dari kekuasaan Allah, sehingga begitu banyak manfaat yang terkandung dalam air Zamzam ini. Sudah seharusnya kita menyadari bahwa yang Maha Berkuasa hanyalah Allah SWT. Untuk itu, jauhkanlah diri kita dari sifat sombong dan angkuh.

Baca Juga: Islam Melarang Saling Hina Tuhan dan Agama
Selengkapnya
Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

Tahun 2014 akan segera berlalu, dan kini kita sudah siap untuk menyambut tahun baru 2015 yang akan segera hadir. Seperti biasa, setiap pergantian tahun pasti ada-ada saja ritual-ritual atau kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Selain merayakan pesta tahun baru dengan cara merayakan pesta kembang api dan pergi jalan-jalan bersama teman-teman, saat perayaan tahun baru biasanya banyak orang yang mengirimkan sms atau pesan baik lewat bbm, whatsapp, LINE, atau bisa juga lewat status facebook, twitter dan lainnya.

Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

Demi menyambut tahun baru 2015 yang akan segera datang, ini ada beberapa kata-kata ucapan selamat tahun baru 2015 yang bisa kamu kirim melalui sms, bbm, line, facebook, twitter atau G+ yang mungkin bisa Anda kirimkan untuk teman dekat, sahabat, pacar, dan juga orang-orang tersayang Anda, yang bisa Anda copy-paste di gadget kesayangan Anda.

Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru 2015


AwaL dari Pagi adalah MentaRi,,
Awal dari keBahagiaaN adalah Sebuah Tawa Dan Senyuman
Dan awaL dari Hidup adalah Hati yg berseri-seri
Awali tahun 2015 dengan Do’a, Harapan dan Senyuman Manis.
Happy New Year 2015

Banyak kenangan manis dan pahit di tahun 2014 lalu
Smoga di 2014 kenangan yang manis menjadi motivasi tahun 2015.
Sukses Selalu untuk semua pemirsa di Indonesia
Ada Cerita, Ada Kata, So Pasti Ada Cinta pula.
Happy New Year 2015.

Tak terasa, sebentar lagi ningalkan 2014
baik dan buruk usai akan dilewati..
berharap yang terbaik di tahun yang baru nanti.. amin..
Happy New Year 2015

buka hati dapat cinta buka tangan dapat persahabatan
buka mata dapat pemsobatngan buka handphone dapat pesan
buka pesan dapat ucapan selamat tahun baru 2015

Jam 10 …… jam 11… waktu begitu cepat berlalu…
Selamat tinggal 2014…. Selamat Tinggal Kenangan-kenangan 2014..
Selamat datang tahun 2015…
happy new years…semoga sukses selalu !!

masa lalu adalah kenangan
hari ini adalah goresan
hari esok adalah harapan
selamat tahun baru 2015 selamat tinggal kenangan
selamat datang harapan Untuk Cinta.

Tidak akan ada ucapan tahun baru dariku karena itu akan menjadi biasa
Tidak akan ada sms selamat 2015 di handphonemu karena inboxmu sudah penuh akan itu
Dariku yang istimewa untukmu adalah do’a dan harapan
Agar ditahun mendatang kebahagiaan senantiasa menyertaimu.

Esok masih menjadi misteri Illahi,
Hanya harapan yang akan tetap hidup menerangi gelapnya misteri ini
Jangan berhenti berharap meskipun tahun telah berganti
Karena itulah yang tetap membuat kita tetap tersenyum.
Selamat Tahun Baru 2015

Bukan tiupan terompet yang membuat malam ini meriah
Tidak pula indahnya letusan kembang api yang membuat malam ini indah
Setiap detik bagiku menjadi berarti karena keberadaanmu yang menemaniku
Menatap masa depan. Happy New Year 2015

Sebentar lagi kita akan mendapat sebuah buku yang masih kosong,
Mulai sekarang kita akan menulis diatasnya
Buku itu bernama PERSAHABATAN dan Bab Pertama berjudul :
Selamat Tahun Baru 2015

Sahabat, tahun telah berganti maafkan jika aku ada salah ditahun kemarin.
Mari kita perbaiki di tahun yang baru ini.
Selamat Tahun baru 2015

Happy New Year 2015 versi Alay


D3n64n tulu5 k4mi 53k3lu4rg4 uc4pk4n 5el4m4t tahun baru 2015
5ukse5 53l4lu m3ny3rta1mu
D4n 54mp41 jump d1 t4hun 2016

M4k4n t0m4t b4r3n6 k4n6guru
Ad4 1kan b3ku di p3t1
SEL4M4T T4HUN B4RU!
53m0g4 5el4lu 5uk5e5

J4lan-jalan naik pedat1
Men1km4ti pem4ndan64n n4n 1nd4h
T1dak ter454 t4hun k4n b3r6ant1
Sem064 54ja tahun n4n 1nd4h
Suk535 53l4lu d1 tahun 2015 n4nt1!

M4l4m ini ‘k4n b3rlalu,
m1n6gu in1 ‘k4n b3ranjak,
bul4n 1n1 4k4n p3r61,
tahun 1ni ‘k4n m3n1n664lk4n.
53j4r4h k3hidup4n, c4t4tan suk4 d4n duk4,
menyon650n6 t4hun b4ru.
Selam4t tahun b4ru 2015.
53m06a 5el4lu j4y4 d4n 53jahter4.

K3lu4r d4r1 mob1l 5et3l4h di p4rk1r
Mel1h4t 64d1s cantik 5ek4l1
Hepi n3w y3ar
Oh k3k451h h4t1!

5elam4t tahun b4ru 2015
53mo64 53l4lu d4p4t tem3n b4ru
Rej3ki b4ru
T4p1 buk4n 15tr1 d4n pacar baru!

M1num k0p1 d1 c4n6kir
C4ngk1rnya b3rw4rn4 put1h
H3P1 N3w YE4R
w4h41 keka5ih hati

H1dup in1 cum4n 53b3nt4r…
53b3nt4r kit4 b4nyak duit….
seb3nt4r k1t4 b0k3k…
5eb3nt4r kit4 s3n4n6…
53b3nt4r k1ta s3d1h…
s3b3nt4r kit4 k3taw4…
s3bentar k1ta nan6i5…
3h… 5eb3ntar la61 t4hun b4ru n1h…
h3p1 new ye4r y34h…

Walau senja belum berlabuh
Walau malam belum berakhir
Dentum Meriam bak halilintar
Langit seakan pecah menyinari bumi

Saat itu kita merenung
Saat itu datangnya gembira
Seakan meriam teriakan malam
Cahaya kembang api pecahkan malam

Ingin kutinggalkan Luka lama
Untuk menyambut senyum yang baru
Tiupan terompet sebelum fajar
Saat kurangkai sebuah syair

Selamat tahun baru terlepas
Untukmu yang selalu kucintai
Untukmu yang selalu kusayangi

Kutinggalkan jejak, ditahun yang baru berlalu.
Mencoba melangkah, menembus waktuku..
Semasih kumampu..

Telusuri jalan nan panjang,
yang pasti kan ada akhirnya..

Ada yang senantiasa, menggebu..
merentak.. bergolak didada..
Mencoba dengan segenap daya yang bisa,
tuk wujudkan sebuah cita-cita..

Tak boleh ada kata putus asa.
Tak mungkin buat kita surut semula.
Nan lalu tak kan pernah kembali.
nan akan di depan tak lama menanti..

Raihlah asamu..
Gapailah citamu..
Segenap mampumu..
Selamat tahun baru 2015..

Renung jiwa saat malam berganti siang
Awan biru seakan tak mau berpisah
Angin pun bertiup ungkapkan sebuah hasrat

Burungpun ingin berenang bersama ombak
Pasir tak mau terpisahkan oleh pantai
Semua ingin menatap hari esok

Suara riuh gundah sepanjang malam
Menyambut suasana haru yang terdalam
Akankah hadirku membawamu terbang

Lambaian tanganku menemani langkahmu
Peluk eratku mendekap kehadiranmu
Tahun yang lalu adalah guruku
Tahun yang akan datang adalah asaku

Met thn baru 2015….

Pagi ini
Kalender berceceran
Terompet berguguran

Sehelai kenangan
Terhempas
Tertiup angin

Dekat jam kota
Yang waktunya
Tak pernah lengang

Puisi Tahun Baru 2015


– HAPPY NEW YEAR 2015 –

Di sendi pergantian shift masa
Yang pergi dan yg datang menyapa
Terlintas sepintas tanpa kesan
Tanpa gairah tanpa senyuman salam manis

Kemarin ku tersungkur
Saat itu ku mendengkur
Kini hanya bisa ku ber-tafakkur
Menahan rintih enggan bersyukur

Padahal…
Seyogyanya ku harus sadar
Khianat pun mengajar kehati-hatian
Bahwa warna hidup tetap membawa sebuah tuntunan

Hari ini….
Segala siap mesti diraih
Segala bijak mesti direngkuh
Segala sabar……
Ku kan mencari….
dan terus mencari
Nikmat atas segalanya
dalam perih dan dalam gelak tawa

Merajut asa
Melatih tegar
Menangkis kerlingan binal sang masa
Dan biduk tetap harus bisa meniti rentangannya

Selamat Tahun Baru 2015 . . .

Tiada kata yang seindah lantunan syair.
Tiada mutiara yang secantik bidadari.
Tapi hari ini melebihi dari hari sebelumnya, karena tak lama lagi kita akan melewati detik pergantian yang banyak di tunggu jutaan manusia di dunia.
Hanya satu yang dapat aku lakukan dan berkata
Selamat tahun baru 2015.

Matahari menyelinap dibalik bukit,
sembunyikan kenangan hidup,
menyimpan lembaran usang, menyambut hari-hari muda,
sebentar lagi ‘kan menjelang.
Selamat datang sms tahun baru 2015,
harapan baru dan perubahan.

Itulah kumpulan kata-kata selamat tahun baru 2015 yang di rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet, semoga bermanfaat dan bisa di kirimkan ke semua temab-teman Anda.
Selengkapnya
Ini Pendakwah Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Barat

Ini Pendakwah Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Barat

Penyebaran agama Islam telah dimulai sejak zaman Rasulullah SAW masih hidup, bahkan setelah wafatnya beliau penyebaran agama Islam semakin jauh bahkan hingga keluar jazirah Arab. Perdagangan yang terhubung ke banyak daerah telah membantu dalam penyebaran Islam. Selama hidupnya, komunitas Muslim di Semenanjung Arab hadir karena konversi ke Islam. Pada abad-abad pertama Islam masuk dan memiliki pertumbuhan cepat dibawah Kekhalifahan Rasyidin dan Umayyah.

Bisa dibilang, masa-masa itu adalah masa kejayaan Islam di dunia. Islam mendominasi berbagai belahan dunia, kerajaan-kerajaan Islam seperti Bani Abbasiyah, Murabitun, Seljuk Turki, Mughal di India dan Safawi di Persia serta Utsmani termasuk yang terbesar dan terkuat di dunia. Dunia Islam memiliki pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang canggih dimasa itu, ilmuwan, wisata, astronomi, dokter, dan filsuf telah memberikan kontribusi bagi keemasan Islam.

Saat ini Islam memiliki jumlah pengikut terbesar kedua di dunia sebanyak 1,1 miliar hingga 1.8 miliar Muslim di seluruh dunia. Jumlah tersebut terus bertambah karena saat ini banyak orang-orang yang memilih memeluk Islam setelah mereka memeluk agama lain (mualaf).

Ditambah lagi didukungnya bukti-bukti tentang kebenaran agama Allah ini, baik dari segi ilmiah maupun yang lainnya. Hal ini juga berkat para pendakwah-pendakwah muslim yang mati-matian berjuang untuk menyebakan agama Islam.

Berbicara soal pendakwah Islam, ada beberapa pendakwah Islam yang sangat terkenal dan berpengaruh. Bahkan diantaranya ada yang disegani di dunia barat. Siapa sajakah mereka? berikut ini adalah profilnya.

1. Ahmed Deedat


Ahmed Deedat

Syekh Ahmed Hussein Deedat adalah seorang cendikiawan Muslim dalam bidang perbandingan agama. Ia juga merupakan seorang pengarang, dosen, dan juga orator. Ia dikenal sebagai pembicara yang handal dalam debat public tentang masalah keagamaan. Pada 1957, Deedat bersama dua orang temannya, mendirikan Islamic Propagation Centre International (IPCI) dan ia menjadi presiden hingga 1996.

Dalam melakukan perdebatan publik tersebut, Ahmad Deedat selalu berhasil mematahkan setiap argumen-argumen yang dilayangkan oleh para lawan debatnya hingga mereka mundur.

Ia menjadi terkenal bukan hanya di negaranya saja, bahkan hingga ke seluruh dunia. Salah satu per debatan yang fenomenal adalah pertemuan debatnya dengan Anis Shorrosh, seorang Pastur Evangelist keturunan Arab Palestina. Perdebatan itu pun diabadikan dalam video rekaman debat Ahmed Deedat.

Kehandalannya membuatnya disegani di dunia barat, ia juga merupakan guru dari pendakwah yang handal juga yaiu Dr. Zakir Naik. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya pada tanggal 8 Agustus 1998 setelah mengalami penyakit stroke yang di deritanya selama 9 tahun.

2. Dr. Zakir Naik


Dr. Zakir Naik

Namanya aslinya adalah Zakir Abdul Karim Naik, adalah seorang pembicara umum Muslim India, dan penulis hal-hal tentang Islam dan perbandingan agama. Profesi sebenarnya adalah seorang dokter medis, ia memperoleh gelar doketrnya di Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) dari Maharashtra, tapi sejak 1991 ia telah menjadi seorang ulama yang terlibat dalam dakwah Islam dan perbandingan agama.

Ia menyatakan bahwa tujuannya ialah membangkitkan kembali dasar-dasar penting Islam yang kebanyakan remaja Muslim tidak menyadarinya atau sedikit memahaminya dalam konteks modernitas.

Ia belajar berdakwah dari gurunya, Ahmed Deedat. Zakir Naik sedang berguru saat Ahmed Deedat sudah keliling Benua Amerika, Eropa dan Australia, namun sekarang Zakir Naik lah penerus sang guru dengan total terjun di dunia dakwah dan berhenti dari profesi sebagai Dokter Medis.

Mereka berdua sama-sama memiliki darah India, namun Ahmed Deedat dibesarkan di Afrika, Keduanya sama-sama memiliki gelar Da’i sejuta Ummat, keduanya terjun ke dunia dakwah lintas agama dan telah meng-islam-kan puluhan ribu orang.

Ahmed Deedat terlihat lebih nekat, beliau berdakwah bukan di Mesjid namun mendatangi gereja-gereja jemaat pusat di Eropa Amerika dan Australia, langsung ingin berhadapan dengan cendikiawan, pastur-pastur dan akademisi kristen.

Zakir Naik terlihat lebih halus, ingatan beliau luar biasa, Zakir Naik bukan hanya mampu menghafal Alquran dan Shahih Bukhari Muslim, tapi juga menguasai kitab weda, tripitaka, bhagavad gita, bahkan sudah meng-islam-kan ribuan Hindu India dan mampu mengkoreksi pastur dan pendeta jika mereka salah dalam mengutip ayat-ayat dalam bibble/injil.

Namun Zakir Naik kurang beruntung untuk masa sekarang, beliau tidak bisa lagi mengunjungi Amerika dan Eropa karena dicekal oleh pemerintah.

3. Yusuf Estes


Yusuf Estes

Joseph Estes adalah nama lahirnya, sebelum memeluk Islam, ia adalah mantan missionaris Kristen yang kemudian memilih Islam sebagai agamanya. Sebelumnya ia sangat membenci Islam dan memiliki phobia terhadap Islam.

Namun, kebenaran menuntunnya untuk memeluk agama Allah. Dari sinilah ia kemudian memeluk Islam dan menyebarkan agama Islam. Sejauh ini, ia sudah mengislamkan ribuan orang di Amerika dan di belahan dunia lain.

Semoga orang-orang seperti mereka akan terus ada, sehingga Islam kembali meraih kejayaannya kembali.

Baca Juga: Fakta Dibalik Rahasia Air Zam-Zam
Selengkapnya
Manfaat Serta Efek Samping Air Suling

Manfaat Serta Efek Samping Air Suling

Air distilasi (air suling) dibuat dengan merebus air biasa untuk mendapatkan uapnya. Uap ini kemudian dikondensasi (diembunkan) dan dikumpulkan dalam wadah yang bersih. Pengotor yang awalnya terkandung dalam air tertinggal di wadah asal dan tidak ikut menguap.

Air distilasi dianggap sebagai bentuk air paling murni karena mengandung kontaminan dengan level minimal. Air distilasi sering digunakan sebagai air aki serta untuk konsumsi manusia. Sebagian perusahaan minuman juga menggunakannya untuk memastikan produk mereka terbuat dari air murni. Air minum distilasi juga banyak ditemukan dijual di supermarket serta tempat umum lainnya.

Manfaat Serta Efek Samping Air Suling

Apakah Air Suling Bermanfaat?


Proses penyulingan (distilasi) melibatkan proses mendidihkan, menguapkan, dan kondensasi uap.

Proses ini menghilangkan elemen padatan dan membuat air distilasi menjadi murni. Minum air distilasi dianggap bermanfaat karena menyerap zat beracun dan membuangnya dari tubuh.

Senyawa asam karbonat terbentuk ketika air distilasi kontak dengan karbon dioksida. Seperti kita semua tahu skala pH digunakan untuk mengetahui apakah suatu zat bersifat asam, basa, atau netral.

Asam menurunkan nilai pH air suling. Hal ini membuatnya mampu melarutkan banyak logam yang kontak dengannya.

Begitu pula, sebagian nutrisi makanan dapat larut saat dimasak menggunakan air suling sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Oleh karena itu, penggunaan air distilasi dalam diet harus dipertimbangkan sangat hati-hati dan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Alih-alih mendapatkan manfaat, Anda mungkin akan kehilangan berbagai nutrisi penting.

Keuntungan Air Distilasi

1. Menurut sebuah studi oleh Academy of Natural Healing, air distilasi dapat menyingkirkan endapan mineral yang terkumpul dalam sendi sehingga membantu mencegah arthritis.

2. Air distilasi bebas dari racun mikroskopis seperti bakteri, virus, jamur, dan protozoa yang hadir dalam air keran.

3. Air distilasi tidak mengandung bahan kimia seperti fluoride dan klorin yang biasanya ditambahkan dalam air keran dan mungkin terdapat dalam air minum kemasan.

4. Air distilasi diyakini mampu menghilangkan mineral dalam sel dan mencegah kondisi seperti batu empedu.

5. Air distilasi tidak mengandung kalsium, garam, dan magnesium yang biasanya terdapat dalam air keran dan air kemasan. Hanya saja, berbagai mineral ini dapat diperoleh dari makanan.

Kerugian Air Distilasi

1. Konsumsi air distilasi secara berlebih akan menyerap lebih banyak karbon dioksida.

2. Dalam jangka panjang, asupan rutin menyebabkan cepat hilangnya elektrolit dalam tubuh.

3. Kekurangan berbagai elektrolit penting seperti sodium, klorida, kalium, dan mineral tertentu bisa menyebabkan denyut jantung tidak teratur dan fluktuasi tekanan darah.

Kesimpulan


Terdapat banyak penyuling air dan mesin reverse osmosis yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyulingan dipilih karena sebagian pengotor dan bahan kimia seperti fluoride dan senyawa organik tidak stabil masih tetap tinggal meskipun telah melalui penyaringan air.

Namun, jika seseorang minum air distilasi terlalu sering maka tingkat keasaman tubuh akan naik. Air distilasi akan menjadi semakin asam ketika karbon dioksida diserap dari udara.

Itu sebab, menimbang manfaat dan efek samping mengkonsumsi air distilasi menjadi sesuatu yang penting.

Belum terdapat bukti konkrit yang mendukung klaim bahwa air distilasi lebih baik untuk kesehatan daripada air biasa.

Karena merupakan bentuk paling murni, air distilasi merupakan pelarut logam dan substansi lain yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara teratur.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau masalah setelah minum air distilasi (air suling).

Sumber
Amazine
Selengkapnya
Mengetahui Dosa Besar Syirik

Mengetahui Dosa Besar Syirik

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dan tidak ada permusuhan kecuali terhadap orang-orang yang dzhalim. Shalawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, pemuka para Rasul dan pemimpin orang-orang yang bertakwa, juga atas segenap keluarga dan para sahabatnya.

Berbicara tentang dosa, apa sih yang Anda ketahui tentang dosa? dosa secara umum bisa di artikan sebagai istilah yang di gunakan oleh agama untuk menjelaskan tindakan yang melanggar norma-norma serta peraturan yang sudah Tuhan tetapkan terhadap kehidupan manusia.

Sedangkan menurut Islam, dosa adalah segala sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya yang tercatum dalam Al-Qur'an, Sunnah, serta dari jejak dari para pendahulu (salaf) yang saleh.

Mengetahui Dosa Besar Syirik

Allah Ta'ala di dalam kitab-Nya telah menjamin orang-orang yang menjauhi dosa besar dan hal-hal yang diharamkan akan memaafkan dosa-dosa kecil yang diperbuatnya, sebagaimana Allah berfirman:

"Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)." [QS. An-Nisa' ayat 31]

Dengan ketentuan dalam ayat ini, Allah Ta'ala juga menjamin orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar akan dimasukkan kedalam surga. Dalam firman-Nya Allah berfirman:

"Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf." [QS. Ash-Shūraá ayat 37]

Dan dalam surat lain, Allah berfirman:

"(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunan-Nya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa." [QS. An-Najm ayat 32]

Dengan demikian, kita wajib memeriksa dosa-dosa tersebut apakah itu dosa besar atau kecil sehingga kita tidak terjerumus dalam jurang dosa.

Kita ketahui, para ulama telah berbeda pendapat mengenai dosa-dosa besar. Ada yang mengatakan 7 macam berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

"Jauhilah olehmu tujuh macam dosa besar, yaitu menyekutukan Allah, melakukan sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan harta anak yatim, memakan riba, melarikan diri dari medan perang, serta menuduh zina wanita baik-baik yang lengah lagi beriman".

Ibnu Abbas ra berkata, "Dosa besar hingga sebanyak tujuh puluh macam, adalah lebih mendekati daripada tujuh macam." Dan di dalam hadits tidak dijelaskan mengenai jumlah dosa besar. Alasan serta dalil yang dapat dijadikan pegangan adalah, "Bahwa barangsiapa mengerjakan sesuatu perbuatan berat yang mengandung sangsi hukum (had) di dunia seperti membunuh, zina, mencuri, atau suatu pekerjaan yang diancam di akhirat dengan siksa dan murka Allah ataupun ancaman lainnya, ataupun pelakunya dilaknat dengan sabda nabi kita Muhammad SAW, maka itu adalah dosa besar."

Dan kita harus menerima bahwa dosa-dosa besar itu sebagian ada yang lebih besar dari yang lainnya. Bukankah Anda sudah mengetahui bahwa syirik adalah termasuk dalam daftar dosa besar dan pelakunya di masukkan kedalam neraka dan mereka kekal di dalamnya bahkan tidak mendapatkan ampunan selamanya?

Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." [QS. An-Nisa ayat 48]

Pengertian Menyekutukan Allah (Syirik)


Dosa besar yang palin besar adalah menyekutukan Allah SWT, menyekutukan Allah (Syirik) ada dua macam:

Pertama, menjadikan sekutu bagi Allah, dan sekutu selain Allah itu disembah seperti batu, pohon, matahari, bulan, nabi, guru, bintang, raja, ataupun yang selain yang sudah disebutkan di atas tadi. Dan inilah yang merupakan dosa terbesar yang Allah sebutkan dalam firman-Nya:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." [QS. An-Nisa ayat 48]

"Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". [QS. Luqman ayat 13]

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun." [QS. Al-Mā'idah ayat 72]

Ayat tentang syirik tersebut banyak disebutkan di dalam Al-Qur'an. Allah selalu mengingatkan kita untuk tidak terjebak dalam dosa syirik yang paling dimurkai oleh Allah.

Mengingat ayat-ayat tersebu, maka barangsiapa yang menyekutukan Allah, kemudian ia mati dalam keadaan syirik maka ia termasuklah dalam jajaran apar penghuni neraka. Sebagaimana halnya orang yang beriman kepada Allah, tetapi ia melakukan dosa-dosa kecil selain syirik dan mati dalam keadaan beriman, maka Allah akan memasukkannya kedalam surga, meskipun sebelumnya ia mendapatkan hukuman terlebih dahulu di neraka.

Kedua, adalah syirik kecil. Syirik kecil adalah riya' (memamrkan) apa yang sudah dikerjakan. Allah berfirman:

"Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". [QS. Al-Kahfi ayat 110]

Untuk itu, sebaiknya kita menjauhi sifat riya' atau pamer ini. Karena akan menghambat kita untuk dapat berjumpa dengan Allah SWT di akhirat kelak. Karena ini adalah termasuk dosa syirik kecil, dan dosa syirik adalah dosa yang paling dibenci Allah SWT. Semoga kita dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut. Amin.

Baca Juga: Ini Pendakwah Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Barat
Selengkapnya
3 Kecelakaan Pesawat Paling Menghebohkan 2014

3 Kecelakaan Pesawat Paling Menghebohkan 2014

Tahun 2014 segera berlalu dan kita sudah siap untuk menyambut tahun baru 2015. Di tahun 2014 terdapat berbagai macam peristiwa yang mungkin masih teringat jelas di dalam ingatan kita. Yang paling membekas mungkin adalah tentang rentetan peristiwa yang menimpa maskapai penerbangan asal Malaysia.

2014 memang bisa di bilang tahun yang 'sial' bagi perusahaan penerbangan asal Negeri Jiran tersebut. Tampaknya, dunia penerbangan Malaysia sedang diuji karena mengalami nasib sial semacam itu dan terus berulang. Yang terbaru adalah hilangnya pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 di penghujung tahun 2014 ini.

3 Kecelakaan Pesawat Paling Menghebohkan 2014

Dan inilah 3 kecelakaan pesawat paling menghebohkan di tahun 2014 ini.

1. MH370


Sabtu, 8 Maret 2014 MH370 terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China dan membawa 239 orang. Namun beberapa jam setelah tebang, pesawat tersebut hilang kontak dengan menara kontrol.

Hal itu langsung membuat heboh jagat dunia. Ada berbagai macam teori dikemukakan dari yang dijelaskan secara ilmiah hingga isu tentang pembajakan oleh teroris. Namun semua teori tersebut belum bisa di pastikan kebenarannya. Karena hingga kini pesawat tersebut belum ditemukan.

2. MH17


Saat pencarian MH370 masih berlanjt, nasib sial kembali menimpa Malaysia Airlines. Pesawat mereka dengan kode MH17 di tembak jatuh di zona perang Ukraina.

Tak ada yang selamat dari kecelakaan tersebut. Seluruh penumpang tewas di tempat dengan wajah yang sudah sulit dikenali. Dunia pun berkabung dan mengungkapkan keprihatinannya atas apa yang menimpa Malaysia Airlines.

Atas dua peristiwa di atas, Malaysia Airlines terpaksa merumahkan 6.000 pegawai atau 30 persen dari total tenaga kerjanya yang mencapai 20 ribu orang. Hal ini dilakukan agar bisnis mereka tetap berjalan dan terhindar dari kebangkrutan.

Kesulitan finansial memang telah menjerat bisnis MAS. Kala itu, MAS tengah menanggung utang jangka panjang senilai 10,36 miliar ringgit atau setara Rp 35,99 triliun.

3. AirAsia QZ8501


Minggu, 28 Desember 2014 adalah hari yang paling menyedihkan bagi para keluarga penumpang AirAsia QZ8501 dengan rute dari Surabaya ke Singapura. Pasalnya pesawat tersebut dikabarkan hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Djuanda Surabaya.

Jumlah penumpang terdiri dari 155 orang. Selain itu, ada 2 pilot, 4 pramugari, dan 1 teknisi pesawat. Dengan demikian, ada 162 orang yang berada di pesawat jenis Airbus A320-200 tersebut.

Keberadaan burung besi yang mengangkut ratusan penumpang tersebut terakhir kali terlacak pada pukul 06.17 WIB di antara Tanjung Pandan dan Pontianak, Kalimantan Barat. Pesawat berangkat dari Surabaya pada pukul 05.36 WIB dengan ketinggian 32 ribu kaki atau flight level plan 320.

Namun hingga kini, pesawat milik Maskapai Penerbangan asal Malaysia itu masih misterius dan belum dapat dilacak. BASARNAS dan TNI masih melakukan pencarian pesawat tersebut hingga Minggu malam namun belum membuahkan hasil.
Selengkapnya
Mengapa Adzan Shalat Subuh Berbeda?

Mengapa Adzan Shalat Subuh Berbeda?

Jika Anda sering bangun pagi pada saat adzan subuh berkumandang, maka Anda akan mendengar kalimat "Ashsalatu khairum minan naum". Yang jika di artikan kedalam Bahasa Indonesia itu berarti "shalat lebih baik daripada tidur". Namun saat memasuki waktu shalat lainnya tidak dijumpai kalimat tersebut dalam adzan.

Hal ini tentu memunculkan pertanyaan di dalam diri Anda, kenapa kalimat "Ashsalatu khairum minan naum" hanya ada pada saat adzan shalat subuh saja? dan tidak ada di adzan pada shalay lain? namun kini pertanyaan itu nampaknya sudah terjawab dari beberapa studi yang sudah dilakukan oleh para peneliti.

Mengapa Adzan Shalat Subuh Berbeda?

Dan ternyata dalam kalimat tersebut, terdapat isyarat serta pesan yang sering di abaikan oleh kita sebagai kaum muslimin. Dalam kalimat itu, Allah memberikan isyarat kasih sayang-Nya kepada kita semua.

Kita diperintahkan untuk shalat di waktu subuh ternyata bukan hanya sebagai kewajiban saja, tetapi ada juga manfaat yang dapat kita ambil dari shalat tersebut. Dan hal ini sudah di buktikan melalui beberapa penelitian ilmiah.

Pada studi MILIS, GISSI 2 serta studi-studi lainnya yang dipercaya sebagai suatu penelitian yang dapat dipercaya menemukan sebuah kesimpulan jika puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada jam 6 pagi sampai jam 12 siang.

Karena pada waktu-waktu itu sistem tubuh manusia mengalami perubahan dimana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis (istilah China:Yang) dan penurunan tegangan saraf parasimpatis atau YIN dalam istilah China.

Tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan kita siap tempur, tekanan darah akan meningkat, denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya.

Pada tegangan saraf parasimpatis yang meningkat maka terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat. Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk.

Ternyata, pada saat pergantian waktu pada pagi buta hingga siang itulah secara diam-diam tekanan darah berangsur naik, terjadi peningkatan adrenalin yang berefek meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku) bahkan disaat kita tertidur.

Anehnya lagi, hal ini terjadi pada semua manusia termasuk Anda, saya dan orang-orang di dunia ini. Hal seperti ini seperti yang disebutkan dalam ritme sirkadian yang secara kodrati diberikan Allah SWT kepada semua manusia.

Furchgott dan Zawadsky pada tahun 1980 dalam penelitiannya mengeluarkan sekelompok sel dinding arteri sebelah dalam pada pembuluh darah yang sedang diselidikinya.

Pembuluh darah yang normal yang tidak dibuang sel-sel yang melapisi dinding bagian dalamnya akan melebar bila ditetesi suatu zat kimia yaitu Asetilkolin.

Pada penelitian ini terjadi keanehan, dengan dikeluarkannya sel-sel dari dinding sebelah dalam pembuluh darah itu, maka pembuluh tadi tidak melebar kalau ditetesi asetilkolin.

Penemuan ini tentu saja menimbulkan kegemparan dalam dunia kedokteran.

Jadi inilah yang menentukan melebar atau menyempitnya pembuluh darah, suatu penemuan baru yang sudah sekian lama, sekian puluh tahun diteliti tapi tidak ketemu

Penelitian itu segera diikuti penelitian yang lain diseluruh dunia untuk mengetahui zat apa yang ada didalam sel bagian dalam pembuluh darah yang mampu mengembangkan atau melebarkan pembuluh tersebut. Dari sekian ribu penelitian maka zat tadi ditemukan oleh Ignarro serta Murad dan disebut NO [Nitrik Oksida].

Ketiga peneliti itu Furchgott dan Ignarro serta Murad dianugerahi sebuah nobel pada tahun 1998.

Zat NO selalu diproduksi, dalam keadaan istirahat tidur pun selalu diproduksi, namun produksi dapat ditingkatkan oleh obat golongan Nifedipin dan nitrat dan lain-lain tetapi juga dapat ditingkatkan dengan bergerak dan olahraga.

Efek Nitrik oksida yang lain adalah mencegah kecenderungan membekunya darah dengan cara mengurangi sifat agregasi atau sifat menempel satu sama lain dari trombosit pada darah kita.

Jadi pada saat kita bangun tidur pada pagi buta dan bergerak, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiovaskular.

Naiknya kadar NO dalam darah karena exercise, yaitu wudhu dan shalat sunnah dan wajib, apalagi bila disertai berjalan ke masjid merupakan proteksi bagi pencegahan kejadian kardiovaskular, tanpa manusia menyadarinya.

Selain itu patut dicatat bahwa pada posisi rukuk dan sujud terjadi proses mengejang, posisi ini meningkatkan tonus parasimpatis (yang melawan efek tonus simpatis).

Dengan exercise, tubuh memproduksi NO untuk melawan peningkatan kadar zat adrenalin di atas yang berefek menyempitkan pembuluh darah dan membuat sel trombosit darah kita jadi bertambah liar dan saling merangkul.

Sejak awal kedatangan Islam, Allah menyerukan shalat subuh. Hanya saja Allah menyatakan manfaat shalat subuh ini secara tersirat dan baru bisa diketahui pada masa sekarang ini.

Petunjuk bagi kemaslahatan umat adalah tanda kasih-Nya pada hamba-Nya. Bukti manfaat instruksi Allah baru datang 1400 tahun kemudian.

Baca Juga: Mengetahui Dosa Besar Syirik
Selengkapnya
Inilah Bentuk Dukungan Warga Gaza Untuk Banjarnegara

Inilah Bentuk Dukungan Warga Gaza Untuk Banjarnegara

Bencana tanah longsor yang menimpa Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara beberapa waktu lalu masih meninggalkan luka mendalam bagi para korban selamat yang kehilangan harta benda serta sanak keluarga mereka.

Bencana yang terjadi pada Jum'at, 12 Desember 2014 itu berawal dari hujan deras yang mengguyur kabupaten Banjarnegara pada Kamis malam. Bukit Lele yang di guyur hujan semalaman hingga menjelang ashar tersebut akhirnya tidak kuat untuk menahan resapan air yang masuk ke dalam tanah, sehingga bencana tersebut akhirnya terjadi.

Inilah Bentuk Dukungan Warga Gaza Untuk Banjarnegara

Berita tentang bencana tanah longsor yang menelan korban jiwa hingga 90 orang itu tampaknya tidak hanya tersiar di Indonesia saja, bahkan hingga ke Palestina.

Mendengar kabar ini, warga Gaza memberikan dukungannya baik berupa moril maupun materi untuk membantu warga Banjarnegara.

Warga Gaza memberikan pesan moril yang berisi:

"Kalian tidak sendirian. Duka kalian juga kesedihan kami. Kalian adalah bagian dari hidup kami," kata seorang santri Gaza.

Selain dari Gaza, simpati juga diberikan langsung oleh 3 santri Gaza yang sedang berada di Indonesia sebagai tamu PPPA Daarul Qur’an. Mereka adalah Husen Albasliqy (15), Salem Emaddudien Al Masy Al Haffidz (12), dan Omar Muhammad Abu Alhusna (13), yang didampingi Muhammad Qaduroh (24).

Walau mereka ingin sekali mengunjungi lokasi bencana di Banjarnegara, namun PPPA Daarul Qur’an belum mengijinkannya saat ini. Sebab, kondisi di sana masih terlalu horor buat anak-anak.

Sementara itu, sejak awal Tim Sigab Daarul Qur’an Semarang sudah turun bergabung dengan Tim SAR untuk melakukan evakuasi korban longsor di Jemblung. Tim yang dipimpin Haris Halimi mendirikan posko di Desa Penci Karangtengah, Wanayasa.

Bersama para relawan lainnya, Sigab Daarul Qur’an ikut juga menyiapkan kuburan bagi para korban tewas. Mereka juga menyalurkan bantuan kebutuhan bahan pokok dan pakaian titipan dari para donatur.
Selengkapnya
Maka Nikmat Tuhan Kamu yang Manakah yang Kamu Dustakan?

Maka Nikmat Tuhan Kamu yang Manakah yang Kamu Dustakan?

Adakah diantara kita yang dapat mengitung nikmat yang diberikan Allah kepada kita semua? nikmat Allah yang diberikan kepada kita sangatlah banyak, hingga kita tidak mampu menghitungnya. Kita dapat hidup, bernafas, makan, tidur, berbicara, bejalan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua itu adalah nikmat Allah yang diberikan kepada kita semua, sudah sepatutnya kita mensyukuri apa yang sudah Allah berikan kepada kita semua. Jangan sampai kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kufur terhadap nikmat Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Maka Nikmat Tuhan Kamu yang Manakah yang Kamu Dustakan?

Dalam surat An-Nahl ayat 18, Allah berfirman:

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [QS. An-Nahl ayat 18]

Lalu apa saja nikmat Allah yang hingga kini dapat kita rasakan? Anda pasti tahu bahwa nikmat Allah itu sangat tidak terhitung jumlahnya, tapi ada beberapa diantaranya:

1. Nikmat Diberikan Anggota Tubuh yang Lengkap

Kita sangat jarang sekali mengucap syukur kepada nikmat Allah yang satu ini. Sebagian besar orang baru menyadari kenikmatan ini apabila kenikmatan ini dikurangi oleh Allah. Nikmat anggota badan ini, akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah di hari pembalasan nanti. Untuk itu, pergunakanlah kenikmatan ini untuk melakukan hal-hal yang baik.

2. Nikmat Kesehatan

Nikmat ini tidak bisa dinilai dengan uang. Jika kita sakit, berlembar-lembar uang kita keluarkan. Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia lupa adalah sehat dan waktu luang.

3. Nikmat Harta

Nikmat harta juga merupakan salah satu nikmat yang dapat melalaikan kita. Saat Allah memberikan harta yang begitu melimpah, mungkin sebagian orang akan lupa untuk bersyukur kepada Allah. Orang yang bersyukur kepada Allah akan menggunakan harta sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah.

4. Nikmat Diberikan Hidayah

Inilah nikmat terbesar yang Allah berikan. Mengapa demikian? Karena dengan nikmat ini kita bisa membedakan kejahatan dan kebaikan, mana yang diperbolehkan oleh agama atau manakah yang tidak diperbolehkkan.

Namun, kebanyakan manusia itu dzholim. Sedikit sekali manusia yang bersyukur, mereka mengkufuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah SWT berfirman:

"Katakanlah: "Dialah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur." [QS. Al-Mulk ayat 23]

Karena sifat manusia yang seperti ini, sehingga Allah selalu mengingatkan kita tentang nikmat Allah yang Dia berikan kepada kita. Dalam surat Ar-Rahman, kita akan menjumpai kalimat yang berbunyi 'Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban'. Yang artinya adalah: "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?".

Kalimat tersebut di dalam surat Ar-Rahman di sebutkan sebanyak 31 kali, yaitu pada ayat ke 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77.

Kalimat "So which of the favors of your Lord would you deny?" ini menjadi ciri khas tersendiri dari surat tersebut. Dalam surat tersebut menjelaskan tentang nikmat Allah yang diberikan kepada manusia.

Dan dalam surat tersebut juga menjelaskan tentang betapa besarnya kuasa Allah SWT. Jadi, masihkah kita akan mengkufuri nikmat yang Allah berikan?

Baca Juga: Mengapa Adzan Shalat Subuh Berbeda?
Selengkapnya
Terkuak Asal Usul Gambar Nabi Muhammad

Terkuak Asal Usul Gambar Nabi Muhammad

Akhir tahun 2009 lalu lalu, Indonesia dihebohkan dengan beredarnya pin dengan gambar seorang akan remaja yang di klaim sebagai Nabi Muhammad. Pin tersebut beredar di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam gambar tersebut, terdapat gambar sesosok anak remaja yang menggunakan sorban dan sedang tersenyum hingga terlihat deret giginya.

Gambar tersebut di klaim sebagai Nabi Muhammad pada saat masih muda dan belum di utus oleh Allah SWT. Hal ini langsung menuai protes keras di kalangan umat Islam di Indonesia. Pin yang menghebohkan itu berbentuk bundar, berdiameter sekitar 5 cm dan berwarna dasar hijau muda. Pada pin itu, gambar wajah pria yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad sangat tampan.

Terkuak Asal Usul Gambar Nabi Muhammad

Beredernya pin tersebut membuat MUI Sulawesi Selatan angkat bicara, MUI menegaskan bahwa gambar tersebut palsu dan menghina Islam. Kemudian, MUI meminta agar penyebar pin itu bertanggung jawab.

Setelah dilakukan penelusuran, akhirnya diketahui bahwa pin tersebut awal mulanya berasal dari Iran. Pin tersebut awal mulanya berasal dari seseorang yang pernah menjadi mahasiswa di Iran.

Dari negeri itu ia membawa pin dan juga stiker untuk teman-temannya di Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia. Selain bergambar Nabi Muhammad, di antara mereka juga dikatakan bergambar sahabat Ali dan Hamzah.

Di negeri asalnya, gambar yang di klaim sebagai Rasulullah ini juga pernah populer pada tahun 90an. Bermula di kota Teheran dan Qum, gambar tersebut akhirnya dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dengan beragam variasi yang mirip dengan contoh gambar di atas.

Gambar tersebut ada dalam bentuk kartu pos, poster, stiker atau menjadi penghias halaman blog dan situs web. Versi gambar yang bersurban hijau ini bahkan dikabarkan dijual secara online oleh seorang seniman Iran.

Di Iran sendiri, penggambaran sosok Nabi Muhammad sebenarnya juga dilarang keras. Namun, karena gambar itu di anggap sebagai gambar remaja Muhammad, maka gambar itu pun tidak dilarang beredar.

Para ulama di sana menyatakan bahwa remaja Muhammad belum menjadi Nabi dan Rasul saat itu, sehingga kesucian beliau sebagai utusan Allah tidak ternodai oleh gambar tersebut.

Namun, ada penemuan lagi yang menunjukkan titik terang tentang asal usul gambar Nabi Muhammad tersebut. Pada tahun 2006, Pierre Centlivres & Micheline Centlivres-Demont mengulas asal-usul gambar yang populer di Iran tersebut dalam sebuah publikasi ISIM Review nomor 17.

Di sana, kedua penulis menyatakan bahwa, tanpa sengaja mereka melihat kemiripan gambar yang beredar di Iran tersebut dengan sebuah karya foto seorang fotografer berkebangsaan Jerman dalam sebuah pameran di Paris.

Foto-foto sang fotografer tentang dunia arab memang pernah sangat populer di dunia barat di masa 1920-an. Salah satu koleksinya adalah sebuah kartupos yang menampilkan foto seorang remaja Tunisia bernama Muhammad atau Ahmad.

Foto ini pun sempat menjadi ilustrasi di majalah National Geographic di tahun 1914 dengan keterangan gambar berbunyi: Seorang Arab dengan Bunganya.

Terkuak Asal Usul Gambar Nabi Muhammad

Gambar di atas tadi adalah gambar yang dimaksud. Terlihat jelas, jika kita bandingkan, bahwa memang demikianlah asal-usul foto yang dikatakan sebagai Nabi Muhammad tersebut. Foto seorang remaja dari Tunisia inilah yang dijadikan sebagai model atau rujukan dari foto-foto atau gambar-gambar lain yang kemudian dikatakan sebagai Nabi Muhammad muda.

Bagaimana Cara Menyikapi Gambar Tersebut?


Kita sebagai muslim sangat mempercayai bahwa Rasulullah itu adalah seseorang yang sangat mulia. Beliau adalah suri tauladan bagi umat Islam baik perkataan maupun perbuatannya.

Oleh karena itu, Rasulullah memberi peringatan kepada kita semua. Beliau bersabda:

من كَذَبَ عليَّ مُتَعَمِّدًا فلْيَتَبوأ مقعده من النار

Artinya: "Siapa yang berbohong tentang aku secara sengaja, maka hendaklah dia menyiapkan tempatnya di neraka."

Dari perkataan beliau ini, kita bisa menjadikan ini sebagai peringatan agar kita tidak mengatakan sesuatu tentang Nabi Muhammad tanpa ada dasar-dasar yang jelas menganai hal itu.

Menyatakan bahwa foto Nabi Muhammad itu ada adalah sebuah kebodohan, sementara kita semua tahu bahwa kamera baru ditemukan berabad-abad setelah Nabi wafat, tentu juga merupakan sebuah kebohongan.

Membuat gambar-gambar Nabi Muhammad secara tidak langsung juga menyatakan bahwa beginilah cara Nabi mengenakan surban, cara beliau memakai pakaian, cara tersenyum dan gerak-gerik lain yang tersurat dari gambar semacam itu. Kalau yang membuat tidak pernah menyaksikan fisik sang Nabi, kebohonganlah yang ia lakukan.

Karena itu, para ulama sangat bersikap keras dan tegas. Yaitu melarang menggambar atau melukiskan Nabi Muhammad, hal ini bertujuan untuk menghindarkan umat Islam agar tidak terjebak dalam pengkultusan yang berlebihan.

Sehingga akan membawa kepada pemujaan sosok atau perwujudan Nabi, baik dalam bentuk gambar maupun patung, yang pada akhirnya bisa memasuki wilayah kemusyrikan, menyembah selain Allah, sebuah dosa yang paling besar dan tidak diampuni Allah. Na’udzubillahi min dzaalik.

Baca Juga: Maka Nikmat Tuhan Kamu yang Manakah yang Kamu Dustakan?
Selengkapnya
Ini yang Membuat Film King Suleiman Dilarang

Ini yang Membuat Film King Suleiman Dilarang

Waktu pertama kali penayangan perdana King Suleiman di ANTV memang sudah memancing berbagai reaksi masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang menentang keras pemutaran film ini. Sampai-sampai film ini heboh diberitakan di sana-sini karena saking kontroversialnya film King Suleiman ini.

Mega serial asal Turki ini bercerita tentang raja Suleiman I yaitu penguasa yang memimpin kerajaan Ottoman. Film King Suleiman ini mendapatkan kritikan bahkan hujatan lantaran jalan ceritanya yang sangat jauh sekali dari sejarah yang sebenarnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat film King Suleiman ini banjir hujatan, berikut ini diantaranya:

Ini yang Membuat Film King Suleiman Dilarang

1. Tidak Sesuai Fakta Sejarah

Film yang menceritakan tentang Sultan Sulaiman Al Qanuni ini memiliki dosa terbesar yaitu memasukkan banyak unsur fiktif yang bertolak belakang dari sejarah. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat yang protes terhadap film ini.

2. Mengadopsi Novel The Sultan’s Harem

Film King Suleiman ini ternyata tidak mengambil kisah dari sejarah, tetapi malah mengambil kisah novel yang berjudul The Sultan’s Harem. Cerita film King Suleiman ini sangat mirip dengan isi novel tersebut di mana banyak memasukan unsur fiktif yang bertolak belakang dengan sejarah. Seperti menampilkan banyak wanita seksi yang untuk disajikan diatas ranjang raja.

3. Wanita Tidak Menutup Aurat

Dosa yang ke tiga adalah menampilkan wanita-wanita yang tidak menutup aurat termasuk istri dari Sultan Sulaiman. Wanita-wanita dalam film ini malah berpakaian super seksi yang sangat berbeda dengan cerita sejarah Sultan Sulaiman di mana wanita-wanitanya menutup aurat dengan menggunakan hijab.

4. Tarian Erotis di depan Sultan

Dari awal episode, film King Suleiman ini menampilkan tarian-tarian erotis yang disuguhkan untuk King Suleiman. Bahkan film ini juga hampir menampilkan adegan ranjang di mana sangat bertolak belakang dengan sejarah.

5. Sultan yang Angkuh

Dalam film King Suleiman, Sultan Sulaiman digambarkan sebagai sosok yang sangat angkuh, padahal dalam sejarah Sultan Sulaiman adalah pemimpin yang bijak dan yang paling disegani.

6. Sultan Suka Berganti-ganti Pasangan

Film King Suleiman ini juga menggambarkan Sultan Sulaiman yang suka ganti-ganti pasangan. Bahkan Sultan Sulaiman digambarkan sebagai sosok yang bebas memilih wanita yang akan menemaninya.

7. Penyesatan Informasi
Film ini memang bisa dijadikan sebagai hiburan saja, tapi film ini juga telah menyesatkan informasi yang seharusnya tidak baik untuk disampaikan kepada masyarakat luas, karena hal ini akan mengubah persepsi masyarakat terhadap kisah Sultan Sulaiman yang sebenarnya.

8. Merusak Citra Daulah Islam

Film yang telah menyimpang dari sejarah ini dapat menyesatkan citra Daulah Islam yang dulunya dikenal secara baik dan kini malah dianggap tidak baik oleh jutaan penonton.

9. Merusak Citra Pemimpin Islam

Film ini juga dapat merusak citra pemimpin Islam. Meksipun hanya hiburan, tapi film ini juga dapat mempengaruhi banyak orang dan menganggap bahwa pemimpin islam bersikap sama seperti yang ada di film.

10. Merusak Citra Islam

Tak hanya merusak citra pemimpin islam tetapi film ini juga dapat merusak citra Islam. Dengan menonton film ini orang-orang non Islam akan dapat beranggapan jika Islam seperti yang difilmkan. Hal ini akan membuat semakin banyak umat non Islam terhalang untuk masuk Islam.
Selengkapnya
Gara-gara Selfie, Dokter dan Perawat Ini Dipecat

Gara-gara Selfie, Dokter dan Perawat Ini Dipecat

Ada saja kelakuan-kelakuan aneh yang dilakukan dokter dan perawat asal China ini. Namun, kali ini kelakuan mereka membuat mereka harus rela untuk kehilangan pekerjaan dan profesinya sebagai dokter dan perawat. Menurut kabar yang beredar, mereka di pecat lantaran mereka melakukan foto selfie bersama-sama.

Foto selfie para dokter dan perawat dari Rumah Sakit Fengcheng di Xi'an telah memicu kegemparan publik di China. Mereka dihujat masyarakat asik berfoto ria usai berhasil mengoperasi pasiennya yang kondisinya masih kritis. Shanghai Daily melaporkan bahwa foto-foto, awalnya diambil pada tanggal 15 Agustus untuk memperingati penutupan sebuah gedung operasi yang lama. Gedung itu dijadwalkan akan diganti dengan yang baru.

Gara-gara Selfie, Dokter dan Perawat Ini Dipecat

Usai mendapatkan serangan dari publik Wakil Direktur Rumah Sakit itu pun mengaku bertanggung jawab dalam mengawasi, telah memecat seluruh staf medis terlibat dalam aksi selfie tersebut. Menurut sebuah pernyataan pejabat Biro Kesehatan Masyarakat Xi'an, Rrumah Sakit tersebut pun telah didenda.

Selain itu, ia juga mengungkapkan para anggota staf yang terlibat dalam foto itu, disamping dipecat dari pekerjaannya juga mendapat denda setara tiga bulan gaji.

Salah seorang staf kemudian membeberkan kepada wartawan tindakan itu. Dia mengatakan bahwa seorang pekerja 40 tahun terluka parah di tempat kerja dan terancam kehilangan kakinya.

Operasi itu sangat sulit dan berlangsung selama tujuh jam, selama itu juga para staf tidak sempat makan atau minum.

Hingga pada akhirnya operasi mereka berhasil dan mampu menyelamatkan kaki pasien, kemudian mengambil beberapa gambar untuk merayakannya. Beberapa staf terlinat membuka masker mereka karena ruangan operasi itu tidak dilengkapi dengan fasilitas AC.

Foto-foto itu dilaporkan telah diambil oleh Direktur Rumah Sakit, kemudian diunggah ke internet sebagai bahan diskusi antara para netizen.

Banyak pengamat yang marah atas insiden tersebut. Satu netizen mengungkapkan ketidaksenangannya bagaimana dokter tampaknya mengabaikan pasiennya dan tidak menunjukkan belas kasihan.

Sedangkan yang lain bertanya, "mana etika, integritas dan prestasi mereka?"

Namun, tidak semuanya menghujat aksi tersbeut, diantara pengguna netizen ada juga yang membela. Rupanya dia seorang profesional medis dan menggunakan media sosial untuk mendiskusikan pendapatnya.

"Pada gambar pertama, ahli bedah telah mengundurkan diri, karena memiliki dua asistennya, untuk menyelesaikan jahitan kulit. Dalam gambar kedua dan ketiga, operasi telah berhasil diselesaikan dan pasien siap untuk kembali ke bangsal. Tidak ada yang buruk ketika kita mengambil foto di meja operasi untuk memperingati kesuksesan operasi," katanya.

Sumber
Tribun Medan
Selengkapnya
Apakah Benar Cut Nyak Dien Berjilbab?

Apakah Benar Cut Nyak Dien Berjilbab?

Jagat dunia maya khususnya laman Facebook dihebohkan dengan foto Cut Nyak Dien berjilbab. Pemilik akun Seuramoe Mekkah menampilkan foto pahlawan perempuan Aceh itu dengan menggunakan hijab panjang.

Melalui akunnya, ia menyatakan pemerintah sekuler menyesatkan sejarah Aceh. Tujuannya menurut dia ingin menyesatkan generasi muda Aceh. "Jahatnya skenario kaum penjajah, terus ditanamkan kepada anak-anak bangsa Aceh, sehingga sejarahpun diplintirkan dan disuguhkan dengan bahasa yang manis," tutur dia di akun Facebooknya.

Apakah Benar Cut Nyak Dien Berjilbab?

Ia menambahkan dalam pelajaran sejarah,Banyak pahlawan perempuan Aceh yang digambarkan bersanggul, seperti Cut Nyak Din,Cut Meutia, dan Laksamana Malahayati.

Ia menambahkan saking alerginya pemerintah sekuler pada Islam yang benar, foto seorang muslimah diubah menjadi gambar wanita yang terbuka auratnya. Walaupun itu seorang wanita pahlawan nasional sekalipun.

Sebagian masyarakat menanggapi dengan menjawab bahwa itu tak terlalu penting, justru akan lebih baik mengingat semangat beliau. Namun, ada pemilik akun Andres Golden, malah menanggapi serius.

"Dari dulu sy sdh curiga dgn gmbr cut nyak dien. Satu lg mrk bilang islm msk indonesia melalui dagang sy katakan mrk dtng semata2 mau dkwah bkan dgang. Ini pelemahan dkwah oleh antek2 hantu," ucap dia.

Berdasarkan penelusuran Republika, ternyata foto yang terpampang di sebelah foto Cut Nyak Dien adalah istri Panglima Polim. Di laman, media-kiltv.nl disebutkan bahwa ia adalah 'Vrouw van Teukoe Panglima Polim te Sigli'.

Sumber
Republika Online
Selengkapnya
Salah Satu Masjid di Swedia Dibakar Saat Dzuhur

Salah Satu Masjid di Swedia Dibakar Saat Dzuhur

Lima orang terluka saat terjadi insiden pembakaran Masjid di Swedia. Dikabarkan bahwa seseorang secara sengaja membakar sebuah masjid di kota Eskilstuna, Swedia, pada hari Kamis (25 Desember) mencederai lima orang, kata polisi. Sekitar 15 sampai 20 orang sedang melakukan shalat dzuhur di masjid pada lantai bawah sebuah gedung hunian, ketika kebakaran terjadi di Hari Natal.

Media setempat memperlihatkan asap dan api dari jendela sebelum petugas pemadam kebakaran mematikannya. Peristiwa ini terjadi sementara terjadi perdebatan sengit di Swedia tentang kebijakan imigrasi. Kelompok ekstrem kanan menginginkan pemotongan jumlah pencari suaka yang diizinkan masuk Swedia sampai persen, sementara partai moderat mendukung dipertahankannya kebijakan liberal negara tersebut.

Salah Satu Masjid di Swedia Dibakar Saat Dzuhur

"Seorang saksi mata melihat seseorang melempar sesuatu melalui jendela gedung yang juga berfungsi sebagai masjid, kemudian terjadi kebakaran hebat," kata juru bicara polisi Lars Franzell kepada wartawan.

Dia mengatakan lima orang dibawa ke rumah sakit untuk menangani cedera akibat menghirup asap.

Polisi memperlakukan kejadian ini sebagai kebakaran yang disengaja tetapi tidak seorang pun ditangkap sampai sejauh ini, kata Franzell.

Eskilstuna, yang dihuni banyak imigran, menjadi tempat bentrokan yang melibatkan kelompok neo-Nazi penentang kebijakan imigrasi Swedia permulaan tahun ini.

Sumber
Tribun Lampung
Selengkapnya
Dakwah Rasulullah Periode Madinah

Dakwah Rasulullah Periode Madinah

Tahun 12 kenabian, datanglah 12 orang laki-laki dan seorang wanita suku Khazraj dari Madinah kepada Rasulullah di Makkah (❛Aqabah), mereka berbai'at (berjanji setia) kepada Rasulullah, tidak akan musyrik, tidak akan mencuri, tidak akan zina, tidak akan membunuh ana, tidak akan memfitnah, dan tidak akan mendurhakai Muhammad saw. Janji setia (bai'at) ini disebut Bai'at 'Aqabah 1 (Pertama) atau perjanjian wanita, karena pesertanya ada seorang perempuan bernama 'Afra binti Abid ibnu Sa'labah.

Tahun 13 kenabian (berlangsung satu tahun), di tempat yang sama, datang lagi 73 orang suku Khazraj, mereka mengajukan saran kepada Rasul, agar beliau berkenan hijrah ke Yasrib (nama asli Madinah). Mereka membai'at beliau sebagai nabi dan sekaligus pemimpin. Mereka berikrar untuk membela Nabi saw sampai titik darah penghabisan. Tidak lama kemudian berhijrahlah kaum muslimin Makkah menuju Yasrib atau Madinah.

Dakwah Rasulullah Periode Madinah

Dakwah Rasul SAW periode Madinah berlangsung selama 10 tahun yaitu sejak Rabiul awal tahun ke 1 hijrah sampai dengan wafatnya Rasul SAW, tanggal 13 Rabiulawal tahun ke 11 hijrah. Materi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah pada umumnya tentang masalah sosial kemasyarakatan yang terkandung dalam 25 rurah Madaniyah dan hadits, untuk melengkapi ajaran tauhid yang terkandung dalam 89 surah Makkiyah dan haditsnya.

Objek dakwah Rasul SAW adalah kaum Muslimin Muhajirin dan Anshor dan juga orang Yahudi Madinah, bangsa Arab luar kota dan bangsa non Arab. Sebagai Rasul utusan Allah, Rasulullah memiliki sebutan sebagai Rasul yang di utus untuk menjadi rahmat untuk semua bangsa.

Dan memang Rasul SAW diutus untuk menjadi rahmat untuk semua bangsa, seperti yang tertulis dalam surat dibawah ini yang artinya:

"Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." [QS. Al-'Anbyā' ayat 107).

Kepada orang yang sudah Islam Rasul tetap melakukan dakwah untuk kaderisasi mubaligh dengan tausiah "Ballighuu 'annii walau'aayah" artinya : "Sampaikanlah (ajaran) dariku walaupun baru satu ayat", ternyata respon mereka sangat tinggi.

Tujuan dakwah yang luhur, disampaikan dengan cara terpuji, menyebabkan banyak orang masuk Islam dengan kemauan sendiri. Sambutan penduduk Madinah terhadap dakwah Rasul amat mengharukan, hangat dan penuh antusias.

Mereka berebut mohon agar Rasulullah sudi tinggal bersama-sama dirumahnya. Dengan demikian, mudahlah bagi Rasul membentuk masyarakat Islam di Madinah sebagai bukti kegemilangan dakwah Islam yang baru tumbuh.

Mengapa demikian? hal itu disebabkan karena para penduduk Madinah setia terhadap apa yang pernah mereka ikrarkan di 'Aqabah, sehingga mereka selalu siap membela sepenuhnya bila sewaktu-waktu ada yang memusuhi atau mengganggu beliau. Lebih-lebih penganut Islam baru, yaitu dari suku Khazraj dan suku Aus yang sangat antusias, mereka memiliki sifat itsar (mengutamakan kepentingan orang lain) yang tinggi. [Lihat QS. Al-Ĥashr ayat 9]

Sebelum terjadi bai'at 'Aqabah suku Aus dan Kazraj selalu bertikai karena hasutan (adu domba) bangsa Yahudi. Yahudi menghasut mereka (Aus dan Khazraj) agar bertikai, karena adu domba itulah cara yang paling tepat untuk mengalahkan mereka.

Mengapa Yahudi perlu mengalahkan mereka? Karena Aus dan Khazraj iri dan cemburu atas keberhasilan Yahudi menguasai ekonomi di Yatsrib, dan juga Aus&Khazraj dulu pernah membantu penganut agama Masehi, menyerang Yahudi, karena Yahudi telah menyalib Isa al Masih.

Dalam penyerangan itu Yahudi kalah besar, banyak yang terbunuh. Sedangkan nasib Aus dan Khazraj menjadi meningkat derajatnya, tidak menjadi kuli terus, sulit dikalahkan oleh Yahudi. Maka Yahudi menggunakan taktik "belah bambu" agar mereka bertikai, dan taktik ini berhasil.

Karena pertemuan dua bangsa yang berbeda itu, yaitu Yahudi dari utara, bangsa Arab dari selatan, menyebabkan penduduk Yatsrib terutama bangsa Arabnya lebih mengenal agama ketuhanan, mengenal Allah, wahyu, hari kiamat, hisab, surga, neraka dll.

Sedangkan pertikaian antara Aus dan Khazraj, mendorong kepada kedua suku itu untuk mencari bala (teman) untuk mengalahkan musuhnya. Teman yang diharapkan adalah Nabi Muhammad saw dan para pengikutnya.

Nah, karena kedua-duanya (Aus dan Kazraj) menggabung kepada Nabi, maka mudahlah bagi Nabi untuk menyatukan mereka. Namun tidak sedikit pula orang kafir yang menolak dakwah dan tidak mau masuk Islam, bahkan mereka berusaha menghalang-halangi dan melenyapkan Islam dan umatnya dari muka bumi. Para penolak Islam itu antara lain kaum kafir Quraisy di Mekkah, Yahudi di Madinah, dan sekutu-sekutunya.

Setelah Allah memberi izin untuk berperang [QS. Al Hajj ayat 39 dan Al Baqarah ayat 190) maka Rasulullah dan para sahabat bersiap-siap untuk menghadapi mereka, dengan tujuan untuk:

  1. Membela diri, kehormatan dan harta
  2. Memelihara umat Islam dari kehancuran
  3. Menjamin kelancaran dakwah
  4. Memberi kesempatan kepada mereka yang hendak menganutnya

Yang perlu di ingat adalah, perang dalam Islam bukan untuk menjajah maupun merebut harta rampasan perang. Melainkan dengan tujuan seperti yang sudah di sebutkan di atas. Jadi, salah besar jika ada orang yang menganggap bahwa Rasulullah itu menyebarkan Islam dengan kekerasan. Karena sesungguhnya Islam itu agama yang cinta damai.
Selengkapnya
Noor Hafizah, Pilot Air Asia Cantik dengan Hijab

Noor Hafizah, Pilot Air Asia Cantik dengan Hijab

Lagi-lagi, fenomena wanita cantik membuat heboh dunia media sosial. Kali ini datang dari seorang pilot dari sebuah maskapai penerbangan asal Negeri Jiran Malaysia, AirAsia. Wanita itu bernama Noor Hafizah Mohd Idrus, yang membuat para netizen terpukau karena kecantikannya itu.

Para netizen menilai bahwa Noor Hafizah Mohd Idrus adalah sosok yang manis, cantik dan sopan. Selain itu, pilot yang satu ini juga di nilai ramah dan baik. Seperti yang dilansir dari Mynewshub, sebuah situs daring asal Malaysia, Noor Hafizah Mohd Idrus adalah seorang pilot pesawat jenis AirBus.

Noor Hafizah, Pilot Air Asia Cantik dengan Hijab

Noor Hafizah Mohd Idrus di nilai memiliki perawakan tubuh yang mungil, namun Anda jangan salah sangka. Meskipun tubuhnya mungil, namun jika sudah mengemudikan pesawat maka ia akan menunjukkan keahliannya.

Noor Hafizah adalah gadis yang berasal dari Taiping, Perak. Dia mulai mengabdi di Air Asia pada 2006, dan kini bekerja di divisi Air Asia X . Sejak Oktober 2010, Noor Hafizah boleh berbangga lantaran dengan izin Allah, ia menyandang gelar kapten pilot.

Sebelum merintis jadi pilot, ia pada mulanya belajar di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Hanya setahun belajar di kampus, ia memilih berhenti demi mengejar impian menjadi pilot. Dia memutuskan ikut program kadet alias calon pilot di Akademi Penerbangan Malaysia, Batu Berendam, Melaka selama setahun setengah sejak 2006.

Dia pun disebut-sebut sebagai pilot perempuan pertama AirAsia yang mengenakan hijab. Saat ini, posisi yang disandang Noor Hafizah adalah Senior First Officer (Kapten) AirAsia X.
Selengkapnya
Ini Kata Ilmuwan Tentang Al Quran

Ini Kata Ilmuwan Tentang Al Quran

Al-Qur'an, kitab suci umat Islam ini memang sungguh mempesona. Selain itu, kitab suci ini juga merupakan kitab suci yang di dalamnya membahas berbagai macam hal tentang kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Membahas sesuatu yang ilmiah, maupaun yang bersifat ghaib. Semua ada di dalam Al-Quran.

Bahkan, saat ini sudah banyak sekali penemuan-penemuan yang baru di ketahui di zaman modern ini namun sebenarnya di dalam Al-Quran segala sesuatunya sudah terdapat semuanya secara lengkap. Bahkan saat ini Al-Quran biasa digunakan sebagai rujukan oleh para ilmuwan untuk mencari tahu tentang sesuatu yang mungkin belum mereka ketahui.

Ini Kata Ilmuwan Tentang Al Quran

Ini membuktikan bahwa Al-Quran adalah satu-satunya kitab suci yang mampu menjadi pedoman manusia dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga akhir zaman nanti. Inilah salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan." [QS. Al Baqarah ayat 164]

Ayat di atas membuktikan bahwa tanda-tanda kebesaran Allah itu hanya dapat dipahami oleh orang-orang yang berfikir. Seperti pengakuan para ilmuwan di bawah ini, mereka mengaku terkesan dengan isi dari kitab suci umat Islam ini. Siapa sajakah mereka? Ini dia:

1. Prof. Yoshihide Kozai


Dalam sebuah pertemuan, ia mengatakan: "Saya sangat terkesan dengan penemuan fakta astronomi sebagaimana tertulis dalam Al Quran. Kami, para astronom hanya baru memahami sebagian kecil saja dari alam semesta ini. Kami telah memusatkan semua perhatian kami hanya pada sebagian kecil itu saja. Karena dengan menggunakan Teleskop, kami hanya baru dapat melihat sebagian kecil dari alam semseta tanpa bisa memahami keseluruhan alam semesta. Dan dengan membaca Quran dan dengan menjawab pertanyaan tersebut, menurut saya, saya dapat menemukan cara di masa depan bagaimana menyelidiki alam semesta."

Dr. TVN Persaud


Ia mengatakan: "Muhammad hanya orang biasa, dia tidak dapat membaca atau menulis, dia seorang yang buta huruf, dan kita berbicara mengenai seseorang yang hidup 1200 atau 1300 tahun yang lalu namun dapat mengeluarkan satu pernyataan tegas mengenai ilmu pengetahuan alam yang secara ajaib ternyata sesuai dengan ilmu pengetahuan. Saya pikir ini tidak mungkin bisa disebut kebetulan, terlalu banyak keakuratan (yang terdapat didalamnya). Jadi, tidak sulit bagi saya menerima bahwa ini adalah semacam ilham yang diterimanya yang membuatnya mampu menyampaikan pernyataan itu.

Prof. William W. Hey


Ia mengatakan: "Menarik sekali bahwa informasi ini telah terdapat dalam kitab kuno seperti Al Quran ini, dan saya tidak tahu darimana hal tersebut berasal. Tapi menurut saya yang sangat menarik adalah bahwa memang hal tersebut ada dalam Al Quran. Dan tugas berikutnya (harus) terus dilakukan untuk mengungkapkan makna dari beberapa ayat lain. Ini pasti ilham dari Yang Maha kuasa.

Ringkasan: Al Quran tidak hanya menyebutkan tentang perkembangan bentuk eksternal, tetapi juga menjelaskan mengenai tahap internal. Tahapan didalam embrio, mengenai penciptaan dan perkembangannya, menjelaskan hal hal yang besar yang diketahui sekarang oleh ilmu pengetahuan.

Prof. E. Marshall Johnson


Ia mengatakan: "Sebagai ilmuwan, saya hanya berurusan dengan sesuatu yang secara spesifik dapat saya lihat. Saya bisa memahami tentang embriologi, tahap perkembangan makhluk hidup, saya dapat memahami tentang kata kata yang diterjemahkan kepada saya yang berasal dari Al Quran.

Sebagaimana saya telah berikan contoh sebelumnya, seandainya saya dapat kembali ke masa itu (zaman Nabi Muhammad), dengan pengetahuan yang saya miliki sekarang, dan saya harus menjelaskan semua itu, saya tetap tidak dapat menjelaskannya. Saya tidak melihat ada bukti yang kuat yang bisa digunakan untuk menyangkal konsep bahwa Muhammad telah mendapatkan informasi ini dari suatu tempat.

Jadi saya melihat bahwa sebuah campur tangan ketuhanan telah menjelaskan hal hal besar yang kemudian diungkap oleh ilmu pengetahuan saat ini. Mengingat bahwa dia (Muhammad saw) adalah seorang yang buta huruf.

Dalam beberapa ayat Al Quran, tercantum penggambaran yang jelas mengenai perkembangan manusia sejak masa tercampurnya Gamet melalui proses organogenesis.

Tidak ada catatan yang lengkap dan jelas tentang perkembangan manusia, seperti klasifikasi, istilah dan penggambarannya, yang ada sebelum ini. Secara keseluruhannya, penggambaran ini mendahului beberapa abad dalam hal penggambaran mengenai berbagai tahap embrio manusia dan perkembangan janin yang terdapat dalam literatur ilmiah yang ada."

Prof. Keith L. Moore


Ia mengatakan: "Adalah suatu kebahagiaan bagi saya untuk membantu mengklarifikasi pernyataan Quran tentang tahap perkembangan manusia. Jelas bagi saya bahwa pernyataan Al Quran ini telah diterima Muhammad dari Tuhan atau Allah. Karena semua hal ini tidak terungkapkan hingga berabad abad kemudian. Hal ini membuktikan kepada saya bahwa Muhammad pasti seorang Rasul atau Utusan Tuhan atau Allah."

Prof. Joe Leigh Simpson


Ia mengatakan: "Oleh karena itu, menurut saya bukan hanya tidak adanya konflik dalam ilmu genetik dengan agama. Tapi sebenarnya, agama dapat membimbing sains dengan memasukkan unsur Wahyu dalam pendekatan ilmu pengetahuan sekarang ini. Ada pernyataan dalam Quran yang beberapa abad kemudian terbukti benar. Yang mana hal tersebut memperkuat fakta bahwa pengetahuan dalam Al Quran berasal dari Tuhan.

Prof. Alfred Kröner


Ia mengatakan bahwa: "Dengan mempertimbangkan pertanyaan itu dan dengan mempertimbangkan bahwa Muhammad adalah seorang beddouin (suku badui padang pasir) menurut saya adalah tidak mungkin bahwa dia mengetahui asal mula alam semesta. Karena para ilmuwan baru beberapa tahun ini saja mengetahui hal ini dengan semua peralatan canggih dan metode yang rumit. Dalam hal ini, seseorang yang tidak memiliki pengetahuan mengenai fisika nuklir 1400 tahun yang lalu, tidak mungkin hanya dengan kemampuan pikirannya saja menyatakan bahwa langit dan bumi memiliki asal mula yang sama atau berbagai jawaban atas pertanyaan pertanyaan yang kita diskusikan disini."

Prof. Tejataj Tejasen dari Thailand bahkan dalam pertemuan itu menyatakan masuk Islam dan mengucapkan dua kalimah syahadat setelah mempelajari ayat-ayat Al Quran dan bagaimana ayat-ayat itu berkesesuaian dengan sains.

Dari study yang saya lakukan dan apa yang saya telah ketahui dari konferensi ini adalah, saya percaya bahwa semua yang dituliskan dalam Al Quran 1400 tahun yang lalu adalah sebuah kebenaran. Nabi ini, Muhammad tidak dapat membaca dan menulis. Muhammad pastilah seorang Rasul Tuhan.

Apa yang diterimanya pastilah berasal dari Sang Maha Pencipta yang Maha Tahu. Oleh karena itu, menurut saya ini adalah saat yang tepat buat saya untuk mengatakan La Illaha Illallah (Tidak ada Tuhan selain Allah), Muhammad Rasullullah (Muhammad adalah Rasul Allah). Hal yang paling berharga yang saya dapatkan dari menghadiri pertemuan ini adalah "La Illaha Ilallah", dan saya menjadi seorang Muslim.

Mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa semua tulisan di atas itu adalah hasil karangan saja, namun sayangnya perkataan mereka telah di abadikan dalam video berikut ini:

Baca Juga: Terkuak Asal Usul Gambar Nabi Muhammad

Selengkapnya
Sempat Ada Ancaman Bom, Misa Natal Berlangsung Damai

Sempat Ada Ancaman Bom, Misa Natal Berlangsung Damai

Sempat beredar kabar teror tentang adanya ancaman bom di Gereja Katedral Semarang tak membuat jalannya Misa Natal terganggu. Umat Kritiani tetap menjalankan perayaan Natal dengan khidmat, aman, dan damai. Uskup Agung Semarang, Romo Monsinyur (Mgr) Yohannes Pujasumarta mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh terlalu percaya dengan isu.

Ia menganggap bahwa isu terror semacam itu adalah perbuatan yang bisa memecah belah kebersatuan rakyat Indonesia, sehingga para jemaat tidak perlu serius dalam menanggapinya. Namun begitu, para jemaat juga harus tetap waspada. Sampai pelaksanaan Misa Natal selesai dilakukan, nyatanya tidak terjadi ancaman tersebut.

Sempat Ada Ancaman Bom, Misa Natal Berlangsung Damai

Usai memimpin Misa Natal, Uskup Agung memberikan komentarnya tentang ancaman bom itu.

"Perayaan keagamaan dimiliki semua agama, setiap tahun kan ada. Kalau isu harus klarifikasi, orang sekarang mudah terkena isu. Kalau sampai benar dilakukan pasti bukan orang beragama," katanya di Gereja Katedral, Rabu kemarin.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menatakan hal senada. Sembari memantau jalannya perayaan Natal, ia mengatakan bahwa jalannya perayaan berjalan aman dan kondusif. Ia juga menghimbau agar umat beragama untuk saling menghargai satu sama lain.

Sebelumnya di beritaka bahwa ditemukan surat kaleng berisi teror bom sempat ditujukan ke Gereja Katedral Semarang yang mengancam perayaan Natal di sana.

Diketahui ancaman di Gereja Katedral jelang Natal tidak hanya sekali terjadi. Tahun 2013 lalu surat kaleng juga ditujukan ke Gereja Katedral dengan nama pengirim Badri, warga Pamularsih. Surat kaleng tahun ini juga dikirim oleh orang yang juga mengaku bernama Badri.

Namun pihak kepolisian yang merespon laporan tersebut langsung mengecek dan ternyata Badri yang beralamat di Pamularsih adalah seorang manula.
da yang ibadah ancamannya teror-teror. Jangan ah peace," pungkas Ganjar.

Diketahui ancaman di Gereja Katedral jelang Natal tidak hanya sekali terjadi. Tahun 2013 lalu surat kaleng juga ditujukan ke Gereja Katedral dengan nama pengirim Badri, warga Pamularsih. Surat kaleng tahun ini juga dikirim oleh orang yang juga mengaku bernama Badri.

Namun pihak kepolisian yang merespon laporan tersebut langsung mengecek dan ternyata Badri yang beralamat di Pamularsih adalah seorang manula.
Selengkapnya
Fakta Ilmiah Tentang Tulang Sulbi Menurut Al Quran

Fakta Ilmiah Tentang Tulang Sulbi Menurut Al Quran

Tulang Sulbi adalah bagian paling ujung dari tulang belakang manusia, mungkin kita lebih mengenalnya dengan sebutan tulang ekor. Kita, manusia masing-masing memiliki tulang sulbi. Tahukah Anda bahwa tulang sulbi ini adalah tulang yang ajaib?

Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW juga pernah membahas tentang tulang sulbi ini, dalam sebuah hadits, Rasulullah menjelaskan bahwa saat manusia mati maka seluruh bagian dari tubuhnya akan hancur dan hilang di makan tanah. Namun, Rasulullah menjelaskan pula bahwa ada satu organ tubuh yang tidak akan di makan tanah, itulah tulang sulbi.

Fakta Ilmiah Tentang Tulang Sulbi Menurut Al Quran

Rasulullah juga menjelaskan bahwa dari tulang sulbi itulah manusia di ciptakan oleh Allah SWT dan dari tulang sulbi pula Allah akan membangkitkan kita di hari pembalasan nanti.

"Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah kecuali tulang sulbi yang darinya ia mulai diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan." [HR. Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad]

Sedangkan di dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

"Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada." [QS. At-Tariq ayat 5-7]

Di dalam ayat tersebut, Allah menerangkan bahwa Dia menciptakan manusia dari 'air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada', padahal dalam ilmu modern sudah diketahui bahwa janin akan tercipta apabila bertemunya air mani dengan sel telur wanita. Tetapi di dalam Al Quran disebutkan demikian. Apakah Al-Quran salah dalam hal ini? tidak.

Allah SWT adalah Tuhan semesta alam dan Ia adalah Dzat yang paling mulia. Allah juga sering sekali mengungapkan tentang sesuatu dengan menggunakan perumpamaan. Sehingga, ketika mengungapkan sesuatu tidak menyebutkannya secara langsung khususnya kepada sesuatu yang kurang baik untuk di katakan.

Contohnya dalam surat berikut ini:

"...maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki." [QS. Al-Baqarah ayat 222-223]

Di dalam ayat di atas, Allah memberikan perumpamaan. Karena dalam pergaulan sehari-hari, tentu kata-kata tersebut sangatlah tidak baik untuk di ucapkan secara langsung bukan? karena jika kita mengucapkan hal itu secara langsung maka kita akan di cap sebagai orang yang suka berbicara jorok.

Sama halnya dengan perumpamaan yang di katakan Allah tentang 'air yang terpancar'. Allah menggunakan kata-kata yang lebih halus dan sopan dalam mengungkapkan hal itu.

Oleh karena itu, maka Allah mengilustrasikan bahwa air yang terpancar itu adalah air 'yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada.'.

Jadi, apakah Anda menganggap bahwa air tersebut diproduksi dan keluar dari tulang sulbi? tentu saja tidak demikian. Dalam menafsirkannya, kita harus memahami bahwa:

  1. Kata 'keluar' bukan berarti diproduksi
  2. Pada kalimat 'antara tulang sulbi dan tulang dada' itu juga menegaskan bahwa air mani tidak keluar dari tulang sulbi. Tetapi di antaranya.

Sehingga tidak tepat jika Anda menafsirkan bahwa air mani itu keluar dari tulang sulbi. Demikianlah Allah menggunakan bahasa terbaik yang mudah dipahami oleh manusia untuk mengajarkan firman-Nya kepada manusia.

Ada juga yang berpendapat bahwa ayat tersebut mengisyaratkan dasar penciptaan manusia. Para dokter ilmu kandungan menemukan bahwa dasar diciptakannya manusia bersumber dari tulang sulbi, yaitu tulang belakang laki-laki dan tulang dada perempuan, yaitu tulang rusuk perempuan.

Dr. Zakir Naik menjelaskan bahwa tulang sulbi itu dijelaskan sebagai tempat dimana keluarnya pembuluh darah yang memberikan darah kepada testis dan ovari terletak antara tulang sulbi dan tulang dada, yaitu pembuluh darah vesticular artery dan ovary artery bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada.

Ini dibuktikan oleh sains modern bahwa pembuluh darah ke testis dan ovari berasal dari abdominal aorta dan renal artery bukan dari pembuluh darah setempat.

Ketika sperma membuahi ovum, maka pembentukan janin dimulai. Ovum yang telah terbuahi atau disebut zigot itu terbelah menjadi dua sel, dan masing-masing sel itu membelah menjadi dua sel lagi.

Pembelahan dan perkembangan sel itu berlangsung hingga terbentuknya embryonic disk (lempengan embrio) yang memiliki dua lapisan.

Kesimpulannya, tulang sulbi itu merupakan gumpalan sederhana, dan ia bisa berkembang dengan menghasilkan tiga lapisan yang membentuk janin: ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ia juga membentuk seluruh organ tubuh.

Tulang Punggung dan Tulang Sulbi:

  • External Epiblast yang terdiri dari cytotrophoblasts yang menyuplai makanan embrio pada dinding uterus, dan menyalurkan nutrisi dari darah dan cairan kelenjar pada dinding uterus.
  • Internal Hypoblast: Dimulai sejak janin terbentuk dengan ijin Allah. Pada hari ke-15, lapisan sederhana muncul pada bagian belakang embrio dengan bagian belakang yang tirus, dan disebut primitive node (gumpalan sederhana).

Sisi unsur primitif yang muncul itu diketahui sebagai bagian belakang dari embrio. Dari unsur primitif dan gumpalan sederhana ini seluruh jaringan dan organ janin terbentuk sebagai berikut:

  • Ectoderm, membentuk kulit dan sistem syaraf pusat.
  • Mesoderm, membentuk otok halus sistim digestive (pencernaan), otot skeletal (kerangka), sistem sirkulasi, jantung, tulang pada bagian kelamin, dan sistem urine (selain kandung kemih), jaringan subcutaneous, the sistem limpa, limpa, dan kulit luar.
  • Endoderm membentuk lapisan pada sistim digestive, sistem pernafasan, organ-organ yang berhubungan dengan sistim digestive (seperti liver and pankreas), kandung kemih, kelenjar thyroid (gondok), dan saluran pendengaran.

Jadi, lapisan dan gumpalan sederhana itu merupakan tulang sulbi yang dijelaskan Nabi saw kepada kita. Cacat pada janin merupakan bukti bahwa tulang sulbi itu mengandung sel-sel induk bagi seluruh jaringan manusia.

Kesimpulannya, tulang sulbi itu merupakan gumpalan sederhana, dan ia bisa berkembang dengan menghasilkan tiga lapisan yang membentuk janin: ectoderm, mesoderm and endoderm. Ia juga membentuk seluruh organ tubuh.

Manusia akan Dibangkitkan dari Tulang Sulbi


Pada hari kiamat nanti, manusia akan di bangkitkan sejak manusia pertama, Adam AS hingga nanti manusia terakhir. Mereka semua akan dikumpulkan untuk di hisab amal perbuatannya oleh Allah SWT.

Orang-orang zaman dahulu tidak percaya dengan janji Allah tersebut. Mereka meyakini bahwa setelah mati, semua urusan telah selesai. Karena saat tubuh dikuburkan maka tanah akan menggerogoti seluruh bagian organ tubuh hingga hilang tak tersisa.

Dan selama ini, kita juga hanya bisa meyakini saja bahwa hari itu memang benar-benar tiba. Namun, kini semua itu sudah bisa di jelaskan secara ilmiah. Karena ilmu modern membuktikan bahwa tulang sulbi tidak akan hancur di makan tanah.

Ilmuwan tersebut bernama Hans Spemann, ia adalah ilmuwan asal Jerman. Ia menemukan bahwa pembentukan dan pengorganisasian sel-sel janin itu ditopang sepenuhnya oleh lapisan dan gumpalan sederhana, dan sebelum pembentukannya tidak ada diferensiasi sel-sel.

Setelah melakukan eksperimen-eksperimen terhadap lapisan dan gumpalan sederhana yang mengatur penciptaan janin, dan karena itu ia menyebutnya 'primary organizer', maka ia memotong bagian ini dari satu janin dan mengimplantasinya (cangkok) pada janin lain pada tahapan permulaan embrio (minggu ketiga dan keempat).

Upaya ini membawa kepada pembentukan janin skunder pada guest body (organ tamu) segera sesudah pencampuran dan pembentukan yang ditopang oleh sel-sel tamu pada implantasi itu.

Spemann melakukan eksperiman tersebut kepada ampibi dengan melakukan implantasi primary organiser pada janin kedua, yang mengakibatkan perkembangan embrio skunder.

Pada tahun 1931, ketika Spemann memotong 'primary organiser' dan mengimplantasinya, maka potongan itu tidak memengaruhi eksperiman lagi, sementara embrio skunder itu tetap berkembang.

Pada tahun 1933, Spemann dan ilmuwan lain mengadakan eksperimen yang sama, tetapi kali ini primary organiser itu dipanaskan. Embrio sekunder itu tetap berkembang meskipun primary organiser itu dipanaskan, dan itu menunjukkan bawha sel-sel tersebut tidak terpengaruh. Pada tahun 1935, Spemann dianugerahi Nobel atas penemuannya tentang Primary Organiser tersebut.

Sementara itu, Dr. Othman Al Djilani dan Syaikh Abdul Majid melakukan beberapa eksperimen terhadap tulang sulbi pada bulan Ramadhan 1423 di Rumah Sheikh Abdul Majid Azzandani, di Sanaa, Yaman.

Keduanya memanggang tulang punggung berikut tulang sulbi dengan gas selama sepuluh menit hingga benar-benar terbakar (tulang-tulang berubah merah lalu hitam). Kemudian keduanya meletakkan potongan-potongan yang telah gosong itu pada kotak steril, dan membawanya ke laboratorim analisa terkenal di Sanaa (Al Olaki Laboratory).

Dr. al Olaki, the professor bidang histologi dan pathologi di Sanaa University, menganalisa potongan-potongan tersebut dan menemukan bahwa sel-sel pada jaringan tulang coccyx tidak terpengaruh, dan ia dapat bertahan terhadap pembakaran (hanya otot, jaringan lemak, dan sel-sel sumsum tulang saja yang terbakar, sementara sel-sel tulang tidak terpengaruh).

Jadi, ini membuktikan hadits Rasulullah SAW. Beliau bersabda:

"Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah kecuali tulang sulbi yang darinya ia mulai diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan." [HR. Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad]

Jadi, masihkah kita ragu akan kuasa Allah dan janji Allah tentang hari kebangkitan nanti?

Baca Juga: Ini Kata Ilmuwan Tentang Al Quran
Selengkapnya
Foto dan Profil Pemain Film King Suleiman ANTV

Foto dan Profil Pemain Film King Suleiman ANTV

Film King Suleiman di ANTV baru saja mendapatkan kritikan keras dari para netizen yang menilai bahwa film yang mengisahkan kehidupan Raja Suleiman I itu tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Hal ini memicu reaksi dari para netizen dan meminta KPI untuk menghentikan penyiaran film King Suleiman itu.

Baca Juga: Tayang Perdana, Mega Serial King Suleiman Dikecam

Namun tidak sedikit juga orang-orang yang ingin melihat kelanjutan dari mega serial King Suleiman ini. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin berkenalan dengan para pemain King Suleiman ini, ini dia profil para pemain drama mega serial King Suleiman yang tayang di ANTV.

1. Halit Ergenç - Raja Suleiman

Halit Ergenç - Raja Suleiman



Halit Ergenç adalah anak dari aktor asal Turki bernama Sait Ergenç. Ia lahir di Istanbul, Turki pada tanggal 30 April 1970. Di dalam serial King Suleiman ini, ia berperan sebagai Sultan Suleiman.

2. Meryem Uzerli - Hürrem Sultan

Meryem Uzerli - Hürrem Sultan

Meryem Uzerli adalah seorang artik berketurunan Turki-Jerman, ia lahir di Kassel, Jerman pada tanggal 12 Agustus 1983 silam. Ia terkenal karena perannya dalam film King Suleiman sebagai Hürrem Sultan.

3. Vahide Perçin - Hürrem Sultan

Vahide Perçin - Hürrem Sultan

Vahide Perçin adalah seorang aktris asal Turki, ia lahir pada tanggal 13 Juni 1965. Dalam film King Suleiman, ia berperan sebagai Hürrem Sultan.

4. Nur Fettahoğlu - Mahidevran Sultan

 Nur Fettahoğlu - Mahidevran Sultan

Nur Fettahoğlu dalam drama King Suleiman, ia berperan sebagai Mahidevran Sultan. Ia merupakan artis Turki yang lahir pada 12 November 1980. Dalam karirnya, ia sudah banyak bermain film-film atau sinetron di Turki.

5. Okan Yalabık - Ibrahim Pasha

Okan Yalabık - Ibrahim Pasha

Okan Yalabık adalah seoran aktor berusia 36 tahun asal Turki, ia sudah membintangi lebih dari 20 film sejak tahun 2001. Di dalam film King Suleiman, ia bermain sebagai Ibrahim Pasha.

6. Nebahat Çehre - Ayşe Hafsa Sultan

Nebahat Çehre - Ayşe Hafsa Sultan

Nebahat Çehre lahir di Samsun, Turki pada 15 Maret 1944. Wanita yang sudah berusia sekitar 70 tahun ini sudah sangat sering sekali menghiasi layar kaca Turki. Di film ini ia berperan sebagai Ayşe Hafsa Sultan.

7. Selma Ergeç - Hatice Sultan

Selma Ergeç - Hatice Sultan

Selma Ergeç lahir di Hamm, Jerman pada tanggal 1 Novemver 1978. Di dalam film King Suleiman, ia berperan sebagai Hatice Sultan.

8. Mehmet Günsür - Şehzade Mustafa

Mehmet Günsür - Şehzade Mustafa

Mehmet Günsür lahir pada tanggal 8 Mei 1975 di Istanbul, Turki. Dalam film ini, ia berperan sebagai Şehzade Mustafa.

9. Gürbey İleri - Şehzade Mehmed

Gürbey İleri - Şehzade Mehmed

Gürbey İleri dalam film ini ia beroeran sebagai Şehzade Mehmed.

10. Pelin Karahan - Mihrimah Sultan

Pelin Karahan - Mihrimah Sultan

Aktris cantik ini lahir di Ankara, Turki pada 6 Oktober 1984. Dalam film King Suleiman ia berperan sebagai Mihrimah Sultan.
Selengkapnya