Mari Kita Kenali Dajjal, Musuh Manusia di Akhir Zaman

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Dajjal merupakan ujian tersebsar manusia di akhir zaman nati. Dajal bukanlah jin, iblis, atau syetan, ia berasal dari golongan manusia. Namun Allah menangguhkan ajalnya hingga akhir zaman, sehingga pada akhir zaman dan menjelang kiamat Dajjal akan datang ke bumi untuk menyesatkan umat manusia dan mengaku sebagai Tuha. Naudzubillah.

Dajjal di percaya sudah ada sejak zaman nabi Musa AS, dan ia masih hidup hingga saat ini. Namun keberadaannya tidak ada seorangpun yang mengetahuinya. Namun yang pasti adalah Dajjal akan datang saat kiamat sudah dekat, dan setelah itu ia akan di bunuh oleh nabi Isa AS.

Menurut beberapa riwayat, Dajjal adalah anak dari orangtua yang menyembah patung sapi. Ayahnya memiliki perawakan yang tinggi dan gemuk, dan hidungnya seperti paruh burung (mancung). Sementara itu, ibunya juga seorang yang gemuk.

Sedangkan Imam Al-Barzanji berpendapat bahwa ayah Dajjal adalah seorang dukun yang dikenal dengan nama 'Syaqq' sedangkan ibunya berasal dari bangsa jin, ia hidup di masa zaman nabi Sulaiman dan memiliki hubungan dengan makhluk halus.

Oleh karena itu, ia dimasukkan ke dalam penjara. Namun, kelahiran serta masa kecilnya tidak diketahui dengan jelas. Wallahu a'lam.

Bagaimana Ciri Fisik Dajjal?


Rasulullah SAW bersabda: "Dajjal adalah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia memiliki surga dan neraka. Nerakanya itu adalah surga dan surganya pula adalah neraka." [HR. Muslim]

Rasulullah menjelaskan bagaimana ciri fisik Dajjal dalam hadits, diantaranya:

Orangnya telhihat masih muda, berbadan besar, serta berwarna kulit agak kemerahan. Rambutnya keriting sekali sehingga jika dilihat dari belakan seperti dahan kayu yang rimbun.

Selain itu, tanda-tanda yang paling mudah dikenali adalah antara lain: matan kirinya buta, sedangkan yang kanan agak menonjol keluar dan berwarna agak kehijau-hijauan, dan apabila berkedip seperti bintang. Sehingga bisa di simpulkan bahwa kedua matanya itu cacat.

Kemudian terdapat tulisan dengan huruf Arab Kaf-Fa-Ra di dahinya yang berarti kafir, tulisan ini hanya bisa di baca oleh orang-orang beriman saja.

Keberadaan Dajjal


Keberadaan Dajjal dipercaya sudah ada sejak lama. Menurut riwayat dalam hadits shahih Muslim, ia berada di suatu tempat dan di rantai oleh seekor binatang berbulu lebat yang bernama 'al-Jassasah'. Dalam suatu hadits juga di sebutkan bahwa ia sebenarnya sudah ada dan sedang menunggu izin dari Allah untuk dapat keluar dari tempat itu untuk menyesatkan manusia.

Berapa Lama Dajjal Hidup di Bumi?


Setelah keluar, Dajjal akan hidup di bumi ini selama 40 hari saja. Tapi, hari-hari tersebut tidaklah sama seperti hitungan hari kita saat ini. Hari pertama Dajjal sama dengan 1 tahun, hari kedua sama dengan 1 bulan, hari ketiga sama dengan 1 minggu, sedangkan hari keempat dan seterusnya selama 1 hari saja.

Dajjal Dapat Pergi Keliling Dunia dengan Sekejap


Dajjal diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk dapat berkeliling dunia dengan sangat cepat, Rasulullah menggambarkan bahwa kecepatan perginya Dajjal adalah layaknya hembusan angin.

Dajjal dapat memasuki kota-kota dan negara-negara yang dia sukai, namun ia tidak dapat memasuki dua kota suci yaitu kota Makkah dan Madinah.

Baca Juga: Inilah Tempat Tinggal Bangsa Jin