Fenomena Sebelum Datangnya Kiamat

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Misteri Dajjal akhirnya terkuak, makhluk berusia ribuan tahun ini sudah berada di tengah-tengah kita. Lalu kapankah nabi Isa as akan turun ke muka bumi ini? Hanya Allah yang tahu kapan nabi Isa akan turun ke muka bumi ini.

Baca Juga: Kapan Nabi Isa akan Turun ke bumi?

Pada artikel sebelumnya, kita membahas tentang kabar datangnya kiamat dalam Al-Qur'an. Dijelaskan bahwa sebelum terjadinya bencana yang sangat besar ini, akan muncul beberapa tanda-tanda kiamat. Salah satu tanda sebelum datangnya hari kiamat adalah turunnya nabi Isa ke bumi serta datangnya Dajjal serta Ya'jud dan Ma'jud yang akan memecah belah umat Islam.

Kemunculan Ya'jud dan Ma'jud tidak akan terhindarkan sebagai salah satu tanda akhir zaman, sebagaimana janji Allah dalam surat Al-Kahfi, Allah berfirman:

"Kami biarkan mereka (Ya'juj dan Ma'jud) di hari itu bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya," [QS. Al-Kahfi ayat 99]

Selain Ya'jud dan Ma'jud, akan muncul juga berbagai macam makhluk aneh berupa binatang melata yang keluar dari bumi. Seperti yang sudah disebutkan di dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." [QS. An-Naml ayat 82]

Makhluk melata tersebut bernama Dabbah. Dabbah akan muncul setelah seluruh umat manusia berada dalam kemungkaran, binatang melata tersebut kemudian akan berbicara kepada manusia untuk menyampaikan ayat-ayat Allah SWT.

Fenomena ini tidak akan bisa dipahami hanya dengan akal semata, tapi hanya dengan keimanan. Bisa jadi munculnya berbagai macam binatang unik yang tertuliskan lafadz Allah menjadi sebuah isyarat yang harus di renungkan.

Fenomena aneh lainnya pada saat menjelang hari kiamat, matahari akan terbit dari tempat terbenamnya (barat). Seperti sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah, Rasulullah 'alaihi wasallam bersabda: "Kiamat tidak akan datang sehingga matahari terbit dari barat. Jika manusia melihatnya, maka semuanya akan beriman." [HR. Bukhori & Muslim]

Hasil riset para ilmuwan modern membuktikan, sudah terjadi pergeseran pada kutub bumi yang berakibat pada suatu saat nanti matahari akan terbit dari barat. Setelah itu, bumi akan diliputi oleh dukhān atau kabut. Seperti dalam firman Allah dalam surat Ad-Dukhān:

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih." [QS. Ad-Dukhān ayat 10-11]

Saat Dukhān memenuhi bumi, menurut Al-Qurthubi orang-orang mukmin akan di cabut nyawanya dan kemudian yang tersisa hanya orang-orang kafir. Sebelum datang peristiwa aneh ini, bumi akan diguncang dengan berbagai macam peristiwa alam seperti tornado, badai, gempa dan tsunami.

Tanda-tanda di atas sudah di isyaratkan oleh Rasulullah, "tahun-tahun penuh gempa menjadi tanda yang nyata, kiamat tidak lama lagi terjadi". Kemudian berdasarkan informasi dari National Earthquake Information Center (NEIC), gempa bumi makin sering terjadi di bumi ini dan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Tentu kita masih ingat pada gempa yang mengguncang Iran pada akhir 2012 lalu, yang menyebabkan ribuan orang luka dan ratusan lainnya meninggal dunia. Namun, bencana alam tidak akan sebanding dengan dahsyatnya kemunculan Dajjal.

Karena inilah sesungguhnya bencana terbesar yang akan di alami oleh umat manusia. Dajjal berhasil memalingkan manusia dari keimanan dan jalan yang lurus. Siapakah sosok Dajjal ini?

Baca Juga: Benarkah Dajjal Sudah Ada Sejak Zaman Firaun?

Sosok Dajjal banyak sekali di ulas dalam hadits Rasulullah, sementara di dalam Al-Quran kemunculan Dajjal di ulas secara tersirat. Seperti dalam firman Allah:

"...pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya,..." [QS. Al-An`am ayat 158]

Secara fisik, Dajjal merupakan seseorang dari golongan manusia yang matanya buta sebelah. Tetapi Dajjal memiliki ciri khusus yaitu terdapat tulisan di dahinya dalam bahasa Arab yang bertuliskan 'Kafir'.

Namun tulisan ini tidak bisa dibaca oleh semua umat manusia, hanya kaum yang beriman sajalah yang mampu membacanya. Ciri fisik Dajjal yang lainnya adalah bertubuh besar dan berambut keriting.

Menjelang hari kiamat, Dajjal akan menjadi ujian terberat umat manusia. Dajjal akan mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan, nauzubillah min dzalik.

Semoga dengan mengetahui tanda-tanda akan kiamat, akan membuat iman kita kepada Allah semakin kuat. Amin.

Baca Juga: Dajjal, Bencana Terbesar Umat Manusia