Benarkah Kiamat Sudah Dekat?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Hampir semua umat muslim sepakat bahwa kondisi saat ini merupakan pertanda tentang sudah dekatnya hari kiamat. Sulitnya mengangkat pemimpin yang amanah, banyaknya minuman haram dan perzinahan. Selain itu saat ini juga banyak kita temui orang-orang yang menumpuk harta serta kerusakan alam yang terpampang jelas di hadapan kita adalah merupakan salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat.

Dalam berbagai ayat, Allah SWT sudah menegaskan bahwa kiamat pastilah akan terjadi. Dan bagi muslim yang beriman, maka kita tidak boleh ragu akan janji Allah yang menyatakan bahwa kiamat memang benar-benar akan datang kepada kita, namun dengan waktu yang dirahasiakan-Nya.

Dalam firman-Nya Allah berfirman:

"Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman." [QS. Al-Mu'min ayat 59]

Meskipun kiamat menjadi rahasia Allah, namun manusia tidak pernah berhenti untuk mencoba menguak misteri ini. Mulai dari peramal hingga ilmuwan telah banyak yang mencoba untuk menerka kejadian maha dahsyat ini melalui berbagai pertanda.

Para peramal meminta petunjuk dari alam ghaib dengan meminta bantuan dari bangsa Jin, sementara ilmuwan menelusuri petunjuk kiamat melalui fenomena-fenomena yang terjadi pada alam semesta.

Tidak hanya mereka, para ulama juga mencoba untuk menafsirkan dari berbagai petunjuk hadits nabi. Dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan dari Abdullah ibn Umar bahwa Rasulullah saw. Bersabda, "Ajal kalian dibanding umat-umat sebelum kalian bagaikan jarak anatara salat asar dan terbenamnya matahari (magrib)." [HR. Bukhori & Muslim]

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa rasulullah bersabda:

"Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat seperti dua (jari) ini. Beliau memberikan isyarat dengan kedua jarinya (jari telunjuk dan jari tengah), lalu merenggangkannya." [HR. Bukhori]

Berdasarkan petunjuk nabi Muhammad saw, kiamat terasa begitu dekat dengan kita. Kiamat merupakan perkara ghaib hanya Allah yang tahu peristiwa itu. Allah SWT berfirman:

"Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui"." [QS. Al-A'raf ayat 187]

Meskipun kiamat menjadi rahasia Allah, tapi Allah telah memberikan pengetahuan kepada rasulullah saw tentang tanda-tanda kiamat itu.

Sebelum alam semesta ini hancur lebur, yang disebut kiamat besar akan diawali dengan berbagai bencana dan huru hara. Peradaban besar yang ditandai dengan kecanggihan teknologi dan kekuatan senjatanya kelak akan lenyap. Di duga karena habisnya sumber daya alam dan karena manusia dirasuki ambisi untuk berkuasa, hingga saling bertempur.

Kelak, manusia akan kembali bertempur diatas kuda menggunakan pedang, tombak, tameng dan panah. Kekejaman manusia, membunuh dan menghancurkan sesamanya sudah tercatat dalam sejarah dunia.

Perang untuk mempertahankan ambisi politik dan berebut kekuasaan sesungguhnya masih terjadi hingga saat ini. Rasulullah saw bersabda:

"Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?" Rasulullah saw. Menjawab, "Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan." [HR. Muslim]

Peperangan merupakan tanda-tanda kiamat yang akan terulang, selain itu berbagai isyarat kiamat lainnya sudah banyak kita saksikan saat ini. Sepertinya kita saat ini sering melihat diberita bahwa banyak sekali kasus pembunuhan anak terhadap orang tuanya.

Ini dikarenakan orangtua sudah kehilangan kewibawaannya dihadapan anak-anaknya, sehingga mereka banyak diperintah dan dikendalikan oleh anak-anaknya sehingga seolah-olah anak adalah tuannya dan orangtuanya adalah hamba sahayanya.

Isyarat ini pernah disabdakan Rasulullah saw,

"Pada akhir zaman seorang ibu akan melahirkan tuannya sendiri" [HR. Muslim]

Kemerosotan moral menjadi ciri-ciri akhir zaman, seperti sabda Rasulullah saw,

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki." [HR. Muslim]

Dalam hadits lain, Rasulullah bersabda,

"Di akhir zaman akan ada khasaf, qadzaf, dan mashash, bila merebak musik, wanita penghibur dan khamr." [HR. Tabrani]

Cobaan terberat bagi manusia di akhir zaman adalah harta, Rasulullah saw bersabda,

"Kelak akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang lalal atau yang haram." [HR. Ahmad & Bukhari]

Isyarat inilah yang telah terjadi di masyarakat kita saat ini. Di dalam Al Quran, Allah telah menjelaskan dan memberi peringatan kepada manusia bahwa Bumi dan segala isinya berada dalam genggaman Allah SWT, namun masih banyak manusia yang tidak sadar dan tidak menagungkan Allah.

Banyak yang terjerumus dalam suatu kesyirikan dan banyak yang menyekutukan Allah. Allah SWT berfirman:

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)." [QS. Az-Zumar ayat 67-68]

Dengan mengetahui sebagian kecil tanda-tanda kiamat, semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi orang yang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Inilah Tempat Dajjal di Taklukkan Oleh Nabi Isa