Tips Memilih Busana Berdasarkan Bentuk Tubuh Untuk Hijabers

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Dunia fashion semakin berkembang, ini dikarenakan semakin kreatifnya para designer-designer yang membuat fashion ini menjadi lebih modern. Tak terkecuali di dunia hijabers, jika dulu kita melihat model-model hijab banyak yang terlihat monoton dan itu-itu saja, namun kini kita bisa melihat hijab dengan gaya lain.

Seperti kita ketahui, dalam menggunakan hijab juga ada aturannya. Sehingga orang yang berhijab tidak sembarangan dalam berbusana seperti menonjolkan lekuk tubuhnya atau yang lainnya. Hal ini sering kali terabaikan oleh beberapa hijabers, sehingga munculah fenomena Jilboobs.

Tips Memilih Busana Berdasarkan Bentuk Tubuh Untuk Hijabers

Nah, lalu bagaimana cara memilih busana yang sesuai dengan bentuk tubuh agar lebih sopan saat menggunakan hijab? berikut ini tipsnya.

1. Persegi Panjang

Wanita dengan bentuk tubuh persegi panjang atau tinggi dan kurus memiliki biasanya memiliki bokong serta dada yang tidak terlalu besar. Mereka biasanya mempunyai pinggang rata. Beruntunglah bagi hijabers yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang karena tidak ada area yang harus disiasati.

Bentuk tubuh seperti ini cocok mengenakan busana maksi berbagai model sesuai selera Anda. Ketika ingin memakai celana atau rok panjang bisa memasukkan atasan ke dalamnya untuk tampilan yang stylish dan rapi. Meskipun atasan dimasukkan ke dalam celana atau rok tapi tidak akan membentuk pinggul atau bokong. Celana palazzo disarankan untuk wanita bertubuh tinggi yang akan mengesankan kaki lebih jenjang.

2. Apel

Wanita bertubuh apel dengan dada besar dan bokong kecil biasanya tidak memiliki bentuk pinggang yang pasti. Ada yang memiliki pinggang lebar, ada pula yang rata. Kunci memilih busana ini adalah keseimbangan. Karena bagian dada besar maka harus dimanipulasi dengan permainan warna atau lipatan bertumpuk untuk menyamarkan bentuknya. Hindari menggunakan busana bercorak seperti yang disarankan oleh Irna Mutiara.

"Hindari menggunakan motif hanya di dada terutama bagi yang bentuknya besar. Jadi kaidah berbusana muslim nggak hanya tidak transparan, tidak ketat, tapi juga hal-hal kecil seperti itu jadi motif di dada, motif di tempat-tempat tertentu agar tidak mengundang orang untuk memberikan komentar negatif," tutur desainer busana muslim yang selalu berpenampilan syar'i itu.

Anda juga bisa menerapkan jaket atau blazer untuk menutupi dada yang besar. Selain itu coat juga dapat menjadi pilihan yang bagus untuk wanita berdada besar.

3. Pir

Wanita bertubuh pir kebalikan dari yang berbentuk apel. Wanita dengan bentuk tubuh ini memiliki bokong lebih besar dari dada. Ketika memilih busana untuk bertubuh pir maka Anda perlu berhati-hati. Wanita dengan bokong besar disarankan tidak memilih celana jeans atau pensil karena akan menonjolkan lekuk tubuh. Jika ingin menggunakan celana pakailah yang berpotongan lurus atau palazzo untuk menyiasati bokong yang besar.

Begitu pula saat memilih rok, hindari menggunakan rok berpotongan pensil yang fit di tubuh karena bisa menonjolkan bentuk bokong. Rok model A-line yang melebar di bawah lebih baik untuk menyiasati bentuknya. Rok dengan pinggang tinggi juga bagus untuk menyamarkan bentuk bokong dan membuat penampilan terlihat stylish. Untuk menyamarkan lekuk bokong Anda disarankan memilih busana berwarna gelap agar tidak menarik perhatian.

4. Jam Pasir

Wanita dengan bentuk tubuh seperti jam pasir memiliki bentuk dada dan bokong besar. Bentuk tubuh ini mungkin paling didambakan oleh semua wanita tapi untuk hijabers menjadi tantangan tersendiri agar busana tidak ketat di bagian-bagian tertentu.

Kunci memilih busana yang sopan untuk bentuk tubuh seperti jam pasir adalah tidak menonjolkan lekuk pinggang. Hindari menggunakan belt yang bisa membuat bokong atau dada semakin terekspos. Pilihlah rok lipit panjang dan blazer atau jaket. Anda juga bisa menggunakan kemeja yang dilapisi rompi. Jika ingin menggunakan terusan panjang, ada baiknya menambahkan jaket atau luaran yang oversized demi menyamarkan bentuk pinggang. Karena ketika pinggang sudah berbentuk maka tubuh bisa terkesan seksi tanpa disadari.