Tips Aman Meninggalkan Mobil Untuk Waktu yang Lama

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Ada kalanya kita harus meninggalkan mobil untuk jangka waktu yang lama, mungkin hal ini dikarenakan adanya urusan bisnis, liburan, atau mudik hari raya yang membuat kita harus meninggalkan mobil dalam waktu yang lumayan lama.

Atau ada juga beberapa orang yang membeli mobil untuk sekadar digunakan saat akhir pekan tiba. Apapun alasannya, mobil yang dibiarkan diam terlalu lama bisa mengalami kerusakan. Skala kerusakannya tergantung dari seberapa lama kita meninggalkan mobil tersebut.

Tips Aman Meninggalkan Mobil Untuk Waktu yang Lama

Nah, saat kita meninggalkan mobil untuk jangka waktu yang lama, tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak di inginkan kepada mobil kesayangan kita bukan? Untuk itu, lima tips ini mungkin harus Anda lakukan saat Anda akan meninggalkan mobil untuk jangka waktu yang cukup lama seperti yang dilansir dari situs Toyota Astra berikut ini:

Pertama, usahakan mobil diparkir di tempat yang datar. Ganjal ban dengan balok kayu atau batu dan jangan gunakan rem tangan. Penggunaan rem tangan yang terlalu lama bisa membuat kampas rem lengket dan per rem meregang cukup lama sehingga berkurang elastisitasnya.

Baca jugaMengenal Teknologi VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI

Kedua, jika mobil ditinggalkan lebih dari dua minggu, cabut kabel aki agar tidak ada listrik yang terbuang. Meski arus yang ditarik kecil, namun beberapa perangkat yang membutuhkan listrik apabila terlalu lama aktif bisa menyedot habis listrik yang ada di dalam aki.

Ketiga, letakkan pengharum mobil untuk menghindari bau apek selama mobil ditinggal. Jika diparkir di dalam garasi, buka sedikit kaca agar ada sirkulasi udara.

Keempat, tutup mobil dengan selimut khusus untuk mencegah rusaknya cat, terutama apabila mobil diparkir di luar ruangan. Apabila tidak memiliki selimut, usahakan memarkir mobil di tempat teduh, namun bukan di bawah pohon karena getah dari buah pohon tersebut bisa merusak cat.

Kelima, taruh pengusir tikus di bagian bawah mesin untuk mencegah mereka naik ke ruang mesin dan menggigit kabel-kabel serta komponen lainnya.