Puisi dan Kata Mutiara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Seperti biasa, pada setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Untuk merefleksikan peringatan hari Sumpah Pemuda di 28 Oktober 2015 ini, kita bisa menggunakan kata-kata mutiara yang bisa kita bagikan kepada teman-teman kita agar mereka ingat bahwa pada hari ini adalah hari Sumpah Pemuda. Silahkan copy-paste kata-kata atau puisi ini untuk dibagikan di facebook, twitter atau BBM kepada teman atau kerabat kamu agar mereka ingat bahwa hari ini adalah hari Sumpah Pemuda.

Puisi dan Kata Mutiara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014

Kumpulan puisi Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda telah tercanangkan,
28 Oktober 1928 adalah harinya,
semua unsur negeri menjadi satu,
Satu kesatuan bangsa Indonesia.
Bahasa Indonesia seiring waktu makin berkembang
menjadi bahasa nan mandiri, mulailah terpisah
namun akar tetaplah sama dengan serumpun
hanya nama dan sejarah yang memisahkan.
Namun dibalik kerudung banggaku,
aku masih menyimpan segenggam duka,
semakin berkembang bahasa persatuanku,
namun semakin hancurlah dia.
Serbuan-serbuan kosakata dari bahasa adikuasa,
makin mencabik-cabik bahasaku,
makin kacau balau bahasaku,
jangan sampailah bahasaku hilang.
Jaman memang tak bisa dihalang,
namun kapankah kita sebangga Prancis pada bahasanya?
Masih malukah kita dengan bahasa kita sendiri?
Kapankah kita menganggap bahasa Indonesia sebagai kebanggan?

Kumpulan Kata Mutiara Tentang Sumpah Pemuda

Belajarlah tentang arti sebuah persatuan dan kesatuan dari sebatang lidi yang sangat rapuh namun akan sangat kuat dan tidak mudah untuk di patahkan ketika lidi tersebut menjadi sebuah sapu yang terikat kuat dan mampu membersihkan sampah bangsa (koruptor).
Memersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu Tanah Air Indonesia bukanlah hal yang mudah, hargai dan hormatilah jasa para pahlawan Indonesia dan tumbuhkanlah rasa persaudaraan sesama bangsa karena kita semua adalah saudara.
Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota bada yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan indosia yang sejati.
Laksheid adalah julukan bagi para pemuda Indonesia yang mengandung arti pemalas, buktikan pada dunia bahwa kita selaku pemuda dan pemudi Indonesi mampu untuk mengubah dunia dan menjung-jung tinggi harkat dan martabat negara kita.
Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu hendak merubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para pemuda dan pemudi Indonesia dan rubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya.
Itulah kata-kata dan puisi tentang Hari Sumpah Pemuda.