Makanan Ini Bisa Membuat Pendek Umur Anda

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Semua orang mungkin ingin hidup lebih lama. Tapi sayangnya, keinginan ini tidak dibarengi dengan perubahan pola hidup sehat dan memilih mengonsumsi makanan yang enak dibanding sehat.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, University of Utah Health Sciences pernah meneliti kalau beberapa makanan bisa merusak komponen dalam sel Anda atau enzim telomerase. Padahal komponen ini berfungsi melindungi telomer dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini memberi kontribusi pada proses penuaan.

“Telomer yang lebih pendek telah dikaitkan dengan kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan faktor gaya hidup termasuk pola makan dapat mempercepat proses pemendekan atau penuaan,” tulis peneliti.

Makanan Ini Bisa Membuat Pendek Umur Anda

Peneliti juga mencatat ada 4 makanan yang dianggap bisa memperpendek umur, seperti berikut:

1. Soda
Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health dan melibatkan 5,309 orang dewasa ini menemukan bahwa mengonsumsi soda berarti mempercepat proses penuaan hingga 4,6 tahun.

Laman Times mencatat, penuaan ini juga bisa disandingkan dengan mereka yang suka merokok. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum diet soda setiap hari berisiko 67 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

2. Daging Olahan
Apapun bentuknya baik sosis atau bakso, semua olahan daging bisa memperpendek umur. Sebuah studi tahun 2008 yang melibatkan 840 orang dan tercatat di the American Journal of Clinical Nutrition melihat, efek telomer. Para peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi seporsi atau daging olahan setiap minggu memiliki telomere lebih pendek daripada mereka yang tidak makan daging olahan.

3. Daging merah
Terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti hamburger dan steak juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker sehingga efeknya juga pada telomere. Sebuah penelitian Clinical Nutrition, memberi makan tikus dengan berbagai makanan dari daging sapi atau ayam selama empat minggu. Hasilnya, tikus yang diberikan terlalu banyak daging, telomer lebih pendek.

4. Alkohol
Seperti daging merah, alkohol juga menyebabkan penyakit kronis. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Association 2010 menemukan, alkohol dapat mempercepat pemendekan telomere.

“Mereka yang minum alkohol empat gelas per hari memiliki telomere yang lebih pendek,” tulis peneliti.