Hal-Hal yang Harus di Pikirkan Sebelum Membuat Blog

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sebelum membuat blog, sebaiknya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Karena hal-hal ini nantinya akan menentukan sukses atau tidaknya blog kamu nanti. Jangan hanya berfikiran ingin membuat blog lalu mendapatkan hasil dari blog yang kamu buat. Karena bagaimanapun, semua itu ada alur yang harus kamu lalui. Seperti dalam hidup ini, pasti ada naik ada turun ada enak dan ada juga susahnya.

Nah, begitu juga dalam hal blogging. Karena dalam blogging ini semuanya harus dipertimbangkan secara matang dan pertimbangan, jangan sampai apa yang kamu rencanakan dengan blogmu itu menjadi berakhir sia-sia karena kamu tidak bisa mendapatkan hasil apapun dari blog kamu. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dulu.

Hal-Hal yang Harus di Pikirkan Sebelum Membuat Blog

Lalu apa saja yang harus kamu pikirkan sebelum membangun sebuah blog? Berikut ini akan saya berikan sedikit informsasi tentang hal itu.

1. Topik atau Niche
Topik sangat penting bagi sebuah blog, karena itu bisa jadi sebagai identitas blog kamu. Topik atau niche yang bagus akan bisa mendatangkan pengunjung yang banyak dan dengan banyaknya pengunjung, bukan hal yang mustahil untuk bisa meraup pundi-pundi rupiah dari blog kamu. Untuk itu, sangatlah penting sebelum kamu membangun sebuah blog.

Ada beberapa niche blog yang saya rasa banyak pengunjungnya seperti antara lain:

  • Download Game, Film, atau Software
  • Tutorial Blog
  • Gadget
  • Berita (gado-gado)
  • Dan lain-lain

Tapi, ada beberapa niche blog yang banyak pengunjungnya tetapi tidak support dengan Google AdSense, niche tersebut adalah blog Download. Karena dalam kebijakan AdSense tidak diperkenankan untuk memasang kode iklan di blog yang berisi materi yang dilarang.

2. Kamampuan
Setelah menantukan niche, selanjutnya kamu harus mengerti apakah kamu mampu untuk menulis artikel dengan niche yang sudah kamu pilih? Jangan sampai kamu memilih niche blog yang sama sekali tidak kamu tidak memiliki pengetahuan apapun dalam hal tersebut. Karena lama-kelamaan kamu akan merasa jenuh sendiri dalam niche tersebut. Dan hasilnya, blog akan terbengkalai.

3. Kemauan
Dan inilah hal yang paling penting dalam membangun sebuah blog. Tanpa kemauan, blog dengan niche sebagus apapun tidak akan bisa sukses jika tidak digarap dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, kamu harus memiliki semangat dan kemauan yang tinggi dalam menggarap blog.

Saya rasa itu saja sudah cukup dalam pembahasan artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Teriamaksih.