Android 5.0 Rilis dengan Nama Lollipop, Ini Kelebihannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Google secara resmi mengumumpkan nama untuk OS Android versi terbarunya yang kini sudah memasuki versi 5.0. Android memang sudah biasa menggunakan nama-nama makanan sebagai nama dari versi Android mereka. Setelah menggunakan Jelly Bean untuk versi 4.2.2 dan KitKat untuk versi 4.4.4, maka untuk versi yang ke 5.0 ini Android menggunakan nama resmi Android Lollipop.

Seperti pada versi yang sebelumnya, setiap update versi terbaru dari Android pasti akan di barengi dengan penambahan kualitas dan fitur serta perbaikan bug yang ada pada versi sebelumnya. Maka dari itu, sudah pasti bahwa Android 5.0 (Lollipop) ini memiliki fitur dan keistimewaan yang lebih canggih dari Android KitKat.

Android 5.0 Rilis dengan Nama Lollipop, Ini Kelebihannya

Tapi, sebenarnya apa saja sih kelebihan dari Android Lollipop ini? Menurut Google lewat blog resminya, Lollipop dibuat untuk digunakan di dunia yang membutuhkan perangkat berbeda-beda dalam interaksi sehari-hari. Melalui blog resminya, Google menyebutkan "Dengan makin banyaknya perangkat yang terhubung, Anda berharap agar semua perangkat akan saling mendukung."

Seperti yang di kutip dari situs Kompas, Dalam postingan di blog resminya, Google menyebut bahwa pengguna "Lollipop" tetap bisa melanjutkan aktivitas yang ditinggalkan sebelumnya, walau sudah menggunakan perangkat yang berbeda.

Sebagai contoh, pengguna kini tetap bisa melanjutkan pemutaran lagu dari satu perangkat ke perangkat lain, melihat foto, menjalankan aplikasi, dan bahkan keyword pencarian yang dilakukan dengan perangkat Android.

Dengan tampilan antar muka yang disebut dengan "Material Design", Google menganggap bahwa pengguna akan merasakan pengalaman dimana pengguna seolah mendapatkan pengalaman yang sama walau sebenarnya menggunakan perangkat yang berbeda-beda.

Tampilan antarmuka Material Design menggunakan desain ikon-ikon yang lebih flat dengan warna dan tipografi yang lebih berani dibanding versi Android sebelumnya. Google juga mengklaim bahwa tampilan antarmuka baru ini lebih responsif terhadap sentuhan dan suara.

Konten-konten yang terdapat dalam perangkat bisa diakses dan dijalankan lebih mudah dan cepat karena lebih responsif, baik terhadap sentuhan maupun suara. Transisi antar-tugas yang sedang dijalankan sistem juga dijanjikan lebih mulus.

Kelebihan lainnya, "Lollipop" menyediakan penyetelan khusus untuk mengatur notifikasi dari siapa saja yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, pengguna hanya akan melihat notifikasi dari kontak yang dikehendaki saja di layar lockscreen.

Daya tahan baterai juga menjadi hal yang diperhatikan oleh Google dalam platform "Lollipop". Google mengklaim, fitur baru penghemat baterai dalam Lollipop memungkinkan umur baterai perangkat yang saat itu digunakan bisa bertahan 90 menit lebih lama dibanding platform sebelumnya (4.4 "KitKat").

Terakhir, di sektor keamanan, Google menambahkan fitur baru selain PIN, password, dan pattern, yaitu keamanan Smart Lock. fitur tersebut bekerja dengan cara menjadikan obyek-obyek lain yang dipercaya sebagai "kunci" pembuka smartphone, seperti jam tangan atau mobil.

Saat ini, Nexus 6 sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.0 ini. Jika ingin merasakan pengalaman yang baru dengan Lollopop, cobalah untuk menggunakan Nexus 6 yang akan rilis dalam beberapa bulan kedepan.