Tips Agar Bisa Cepat Tidur Nyenyak Saat Insomnia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Insomnia atau gangguan tidur sering terjadi pada mereka yang sering bekerja hingga larut malam atau kebiasaan karena sering begadang sehingga jam tidur orang yang mengalami insomnia menjadi terganggu dan tidak seperti semula.

Tapi, insomnia juga bisa terjadi karena faktor-faktor lain yang menyebabkan Anda menjadi sulit tidur mungkin karena terserang flu, sakit tenggorokan, pusing, atau sedang sakit yang menyebabkan Anda menjadi sulit untuk tidur.

Tips Agar Bisa Cepat Tidur Nyenyak Saat Insomnia

Nah, lalu bagaimana caranya untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur saat Anda mengalami gangguan tidur? Kali ini makintau.com akan memberikan tipsnya untuk Anda yang sedang mengalami gangguan tidur seperti yang di lansir dari vemale.com:

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Mengatur ulang waktu tidur Anda yang berantakan adalah hal yang penting. Jika Anda ingin mendapat kualitas tidur yang baik dan cepat sembuh, maka atur jadwal tidur Anda. Tentu saja Anda pasti akan disarankan untuk istirahat total ketika sakit. Nah, jangan bandel dengan hal ini. Pergi tidur jam 9 dan bangun tepat jam 6 sepertinya cukup.

2. Hindari makan besar saat akan tidur

Anda hanya cukup makan seporsi saja dan tidak perlu ditambah camilan, atau yang lainnya. Ambil porsi yang tidak akan membuat perut Anda menggembung dan susah bernafas karena Anda akan berbaring, makanan yang terlalu banyak akan memenuhi perut dan menyusahkan diafragma bergerak. Jadinya, Anda akan sesak saat bernafas, dan ini menyulitkan ketika Anda ingin tidur.

3. Olahraga

Tidak perlu setiap hari, namun olahraga teratur 2 kali seminggu saja sudah bisa memberi efek baik pada tubuh dan kelancaran peredaran darah. Jika Anda melakukan olahraga sore, malamnya Anda akan cepat lelah dan tertidur pulas.

4. Matikan lampu atau atur lampu seredup mungkin

Jika tidur, Anda tahu bahwa dalam keadaan gelap, otak akan secara otomatis memerintah tubuh untuk lelah dan mengantuk. Ini dipengaruhi oleh ritme sirkardian yang menentukan waktu biologis bangun dan tidur. Ritme ini mengartikan suasana gelap sebagai malam hari sehingga Anda bisa lebih cepat terlelap.

5. Minum air sebelum tidur

Anda tidak akan makan dan minum dalam beberapa jam ke depan saat tidur malam hari, jadi minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat malam hari itu penting. Tidur akan lebih nyenyak ketika tubuh terpenuhi cairan tubuhnya. Jadi, minum paling tidak 1 gelas air putih sebelum tidur. Anda mungkin akan buang air kecil, tapi tidak masalah dibandingkan bangun tengah malam karena kehausan.