5 Kisah Menyentuh dari Seorang Jose Mujica Presiden Termiskin di Dunia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Apa yang Anda pikirkan jika Anda mendengar kata Presiden? Pasti yang Anda pikirkan adalah seseorang yang kaya dan memiliki kekayaan yang sangat banyak, orang paling di hormati di negaranya, dan orang dengan penghasilan besar karena jasanya. Namun, tidak semua presiden kaya raya. Di beberapa belahan dunia, ada banyak kisah tentang presiden yang selama menjabat justru berstatus miskin.

Dari kisah-kisah tersebut ada beberapa kisah yang menyentuh hati, seperti kisah presiden Uruguay, Jose Mujica yang terkenal sebagai presiden yang tidak mementingkan protokoler kepresidenan dan mulai memimpin pada tahun 2010 dan membuat dirinya di penjara selama 14 tahun. Bahkan, Jose Mujica ini memiliki penghasilan yang tidak begitu mahal karena 90% gajinya ia donasikan bahkan ia hanya menerima gaji US$ 12.000 perbulan.

5 Kisah Menyentuh dari Seorang <i>Jose Mujica</i> Presiden Termiskin di Dunia

Namun, tak hanya Jose Mujica saja, masih ada lagi beberapa kisah tentang presiden Mujiica ini yang dikenal sebagai presiden paling miskin di dunia. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia ulasannya.

1. Lebih Memilih Tinggal di Pertanian

Presiden Jose Mujica ini tak hanya dikenal sebagai presiden termiskin di dunia. Tetapi ia juga presiden yang memiliki kebiasaan sangat sederhana dan bahagia dengan kesederhanaan yang ia punya. Mujica ini memilih tinggal bersama istrinya di sebuah pertanian yang hanya berada dalam satu kamar. Saat dinas, Mujica ini pergi dengan sebuah mobil rakyat yakni Volkwagen buatan tahun 1987.

2. Mujica Melawan Perusahaan Rokok Raksasa Amerika

Mujica selain dikenal sebagai presiden termiskin, ia juga merupakan salah satu presiden yang berani melawan perusahaan rokok raksasa Amerika, Philip Morris. Hal ini ia lakukan karena rokok ia anggap sebagai bahan yang dapat membunuh dan merugikan rakyatnya. Bahkan, Mujica menerapkan beberapa peraturan melarang merokok dan perusahaan rokok tidak boleh memasang iklan di negara Uruguay. Perusahaan rokok itu sendiri, Philip Morris menuntut Uruguay sebesar US$ 25 juta melalui Bank Dunia.

3. Mengkritik Negara Maju

Presiden Jose Mujica ini juga salah satu presiden yang berani mengkritik negara maju. Ia melakukan beberapa hal dengan berusaha menekan angka konsumerisme di negaranya.
"Kita hampir bisa mendaur ulang segala sesuatu sekarang. Jika kita hidup dengan bijaksana, tujuh juta manusia di dunia dapat memiliki apa yang mereka butuhkan," ujarnya seperti yang di lansir dari merdeka.com.

4. Meratakan Kemakmuran di Negaranya

Presdien Jose Mujica ini juga memiliki langkah terbaik untuk meratakan kemakmuran di Negaranya. Walaupun dia sendiri adalah presiden termiskin di dunia. Tapi dia berhasil meratakan angka kemiskinan dari 37 persen ke angka 11 persen.

"Bisnis selalu menginginkan keuntungan bagi dirinya. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membagi keuntungan tersebut sehingga pekerja memiliki uang untuk produk yang bagus," ujar Jumica di hadapan pebisnis di U.S. Chamber of Commerce seperti yang dilansir dari merdeka.com.

5. Pengaruh Mujica yang Dijadikan Bahan Pembelajaran

Pengaruh mujica dalam kepemimpinannya ini juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Negara Uruguay yang dipimpin Mujica ini hanya memiliki jumlah penduduk 3 juta jiwa. Dan kisah dengan memiliki seekor anjing dengan hanya memiliki 3 kaki akibat kecelakaan saat ia mengendarai traktor.