Cara Mengganti Domain Blogspot dengan Domain Sendiri

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Saat kita membuat blog di blogspot atau wordpress (yang gratisan) maka secara otomatis kita akan mendapatkan alamat blog kita. Tapi, alamat tersebut merupakan alamat yang masih menggunakan subdomain yang berakhiran dari penyedia blog tersebut. Misalnya: saat Anda membuat blog di blogspot, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan alamat alamatblog.blogspot.com. Alamat blog (yang berwarna merah) adalah alamat blog yang Anda daftarkan, sedangkan yang bergaris miring adalah nama penyedia dari blog tersebut. Hal ini juga sama dengan ketika Anda membuat blog di Wordpress maka Anda akan mendapatkan alamat blog Anda seperti ini alamatblog.wordpress.com.

Baca Juga: Tempat Belajar Blogging Untuk Blogger Pemula

Jika Anda menginginkan blog Anda makin keren dan terlihat profesional, maka cara terbaik adalah dengan cara mengganti domain Anda dengan domain sendiri, seperti dengan domainanda.com, domainanda.net, atau yang lainnya dengan sesuka Anda. Caranya adalah, pertama Anda harus menyewa sebuah domain dulu, Anda bisa membelinya di tempat-tempat penjual domain yang banyak bertebaran di internet.

Cara Mengganti Domain Blogspot dengan Domain Sendiri

Setelah Anda memiliki domain sendiri, maka selanjutnya ikuti saja langkah-langkah berikut ini. Yaitu cara melakukan custom domain di blog sendiri:

1. Silahkan Anda login ke akun blogger Anda, akses blogger.com

2. Silahkan klik salah satu blogger Anda, lalu masuk ke menu Setelan. Seperti pada gambar dibawah ini:


3. Silahkan klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda"


4. Di langkah ini, silahkan Anda masukan nama domain Anda di kolom yang tersedia, jangan lupa dengan menambahkan domain menggunakan www, misal www.namadomain.com, lalu klik simpan. Nah di bagian bawah nanti akan ada error kode cname. Yang mana kode tersebut untuk penyetingan di manage dns domain.


5. Di langkah ini, silahkan Anda login ke panel domain Anda, akses ke http://idwebhost.com/manage (saya membeli domain dari IDWebhost). Silahkan menuju kelola > Kelola domain > Manage DNS

Note: Jika mengalami blank page silahkan coba di reload

6. Jika sudah masuk ke manage dns, silahkan anda ikuti step berikut:

Pertama, silahkan Anda masuk ke CNAME record > Tambah CNAME record. Jika sudah, maka silahkan silahkan inputkan kode CNAME yang di dapat dari blogger tadi dengan format berikut:


Jika sudah klik tambah Record.

Langkah selanjutnya input kan kode CNAME yang satu nya, kalau dalam contoh di atas tadi "phyj25qpmu7a dan gv-fcjqmkxewuunbe.dv.googlehosted.com" inputkan dengan format berikut:


Kedua, Silahkan Anda masuk ke A Record lalu masukan 4 IP berikut Dengan secara bergantian:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Dengan format sebagai berikut:


Jika sudah klik tambah record. Ingat, inputnya satu persatu.

Ketiga, Langkah selanjut nya silahkan setting Name Server khusus untuk mengaktifkan manage DNS, dengan NS (Name Server):

dns1.idwebhost.biz
dns2.idwebhost.biz
dns3.idwebhost.org
dns4.idwebhost.com

Bisa setting otomatis dengan klik tulisan biru "disini"


7. Langkah setting DNS domain untuk blogspot sudah selesai, silahkan di tunggu sekitar 5-6 jam untuk proses propogasi nya. Jika sudah sekitar 5-6 Jam, silahkan Add domain nya di blogger. Cara add domain di blogger, ulangi langkah point 1-4. Nanti jika di klik Simpan / save , maka domain akan sukses di add atau tidak ada error CNAME lagi.

8. Setelah berhasil di add di blogger, jangan lupa untuk setting redirect dari non www ke www.

9. Selesai, silahkan di coba akses domain Anda.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untu Anda, dan semoga bisa dengan mudah dipahami. Terimakasih telah berkunjung.