Baca 10 Fakta Ini, Apakah Luwing (Luwe) Kaki Seribu Berbahaya?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Luwing atau jika di daerah Purwokerto dan Banyumas biasa disebut dengan Luwe adalah sebuah hewan yang memiliki julukan sebagai hewan kaki seribu. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena hewan ini memiliki banyak kaki, sehingga hewan ini di anggap sebagai hewan yang memiliki kaki seribu. Meskipun hewan ini tidak memiliki jumlah 1000 kaki.

Luwing atau Kaki seribu atau Millipede (kelas Diplopoda, sebelumnya juga disebut Chilognatha) adalah artropoda yang memiliki dua pasang kaki per sekmen (kecuali sekmen pertama di belakang kepala, dan sedikit setelahnya yang hanya memiliki satu kaki). Nah, untuk menambah pengetahuan kalian, kali ini akan saya bahas 10 fakta tentang Luwing atau si Kaki Seribu ini. Berikut ini adalah fakta-faktanya yang saya kutip dari Kaskus.co.id:

Baca 10 Fakta Ini, Apakah Luwing (Luwe) Kaki Seribu Berbahaya?

1. Kaki Seribu Sesunggunya Tidak Memiliki Seribu Kaki

Kaki Seribu Sesunggunya Tidak Memiliki Seribu Kaki

Kaki seribu berarti memiliki seribu kaki sebenarnya keliru, karena tidak ada kaki seribu diketahui sebenarnya memiliki kaki sebanyak itu. kaki seribu memiliki jumlah kaki sekitar 400. Yang membuat kita bertanya-tanya, apa yang sebenarnya membedakan kelabang dari kaki seribu?

2. Luwing Berbeda dengan Kelabang

Luwing Berbeda dengan Kelabang

Banyak orang yang beranggapan bahwa Luwing adalah Kelabang, tapi sebenarnya mereka itu berbeda. Kelabang biasanya bergerak lebih cepat daripada kaki seribu dan karna hanya memiliki satu pasang kaki per segmen, dibandingkan dengan kaki seribu, yang memiliki dua pasang per segmen. Kelabang cenderung sedikit datar dan memiliki kaki lebih panjang sehingga mereka lebih mudah cepat dalam bergerak. Kelabang tampak lebih mirip kumbang sangat panjang, sementara kaki seribu lebih mirip trem lengket.

3. Beberapa Jenis Kaki Seribu adalah Karnivora

Beberapa Jenis Kaki Seribu adalah Karnivora

Kebanyakan kaki seribu herbivora, memakan sari tanaman mati atau bahan organik, tetapi beberapa memiliki sepasang rahang haus darah. Mereka kadang-kadang dapat memangsa kelabang, cacing tanah dan arthropoda kecil lainnya dan serangga. Inilah Luwing yang berbahaya dan beracun, jadi yang menganggap Luwing itu beracun, mungkin adalah Luwing yang satu ini.

4. Makhluk yang Telah Lama Ada

Makhluk yang Telah Lama Ada

Hidup pada periode Silur akhir, sekitar 428 juta tahun yang lalu, spesies Pneumodesmus newmani adalah spesies kaki seribu tertua, dan makhluk hidup tanah tertua yang diketahui. Ditemukan pada tahun 2004 oleh sopir bus di Skotlandia, fosil di mana spesies ini dikenal hari ini memberikan bukti awal oksigen bernapas kehidupan. Hal ini ditentukan melalui terlihat "spirakel," pori-pori yang terhubung ke sistem pernapasan dimana oksigen udara diperoleh.

5. "Set The Mood" Untuk Pasangan Mereka

"Set The Mood" Untuk Pasangan Mereka

Sementara itu mungkin terlalu manusia karakteristik untuk kaki seribu perempuan untuk menjadi angkuh pada Gambaran pertama dari seorang laki-laki membuat kemajuan seksual, mereka akan melakukan hal itu, melingkar seolah-olah mereka sedang diserang. Jadi kaki seribu jantan tanpa henti akan mengeluarkan semua trik untuk menarik sang betina.

6. Kaki Seribu Berhubungan Seks Seperti Robot

Kaki Seribu Berhubungan Seks Seperti Robot

Makhluk-makhluk ini berkembang biak seperti mereka sedang melakukan transaksi bank, laki-laki membawa sperma "paket", yang transfer ke perempuan melalui alat kelamin (dan sebanyak dua penis) yang terletak di segmen ketiga. Betina menerima dan menyimpan deposito ke pori-pori, yang memiliki semacam safe-kunci tutup, yang meliputi vulva nya. Betina bisa meletakkan antara 10 dan 300 telur dalam satu sesi, dengan menggunakan sperma sebagai pupuk. Diletakkan di dalam tanah atau sarang kotoran kering, telur dapat menetas dalam hitungan minggu.

7. Giant African Millipede (Spesies Kaki Seribu Terbesar)

Giant African Millipede (Spesies Kaki Seribu Terbesar)

Spesies ini memiliki kecenderungan untuk menjadi terlalu besar, dan Guinness Book of World Records menetapkan terbesar dari jenisnya di 15,2 inchi. Makhluk ini, menyerupai sosis matang, cenderung untuk tinggal di tingkat rendah hutan di Afrika Timur.

8. Cara Melindungi Diri

Cara Melindungi Diri

Kaki seribu melindungi diri dengan salah satu dari dua cara. Mereka bisa mengulung diri, membuat diri mereka terlihat seperti gulungan kayu manis. Cara lain yang mereka mengusir predator adalah dengan mengeluarkan cairan beracun, atau gas hidrogen sianida, dari pori-pori mereka. Racun ini tidak berbahaya bagi manusia, tapi katanya bisa membuat kita mabuk jika kita menghirupnya.

9. Saat Lahir, Hanya Memiliki 3 Pasang Kaki

Saat Lahir, Hanya Memiliki 3 Pasang Kaki

Mereka sebenarnya lahir dengan hanya tiga pasang kaki dan empat "kosong" segmen, Segmen yang terus ditambah sebagai penambahan usia kaki seribu.

10. Spesies Terbesar Kaki Seribu adalah Arthropleura

Spesies Terbesar Kaki Seribu adalah Arthropleura

Anda kembali pada periode Karbon Atas, sekitar 300 juta tahun yang lalu, para leluhur arthropoda bisa menjadi sebesar 8 kali dan 6 inchi.