5 Fakta Unik Tentang Capung yang Tidak Kamu Ketahui

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Capung adalah serangga yang dapat terbang. Dulu, capung sangat mudah sekali kita jumpai di rumah-rumah dan di areal pesawahan. Namun kini mereka sangat susah sekali untuk ditemui. Capung yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Dragonfly (Naga terbang) memang memiliki beberapa keunikan tersendiri dibandingkan serangga-serangga yang lain.

Nah, tahukah kamu bahwa capung itu memiliki beberapa fakta-fakta yang unik dan menarik? Pasti kamu tidak pernah berpikiran bahwa ternyata capung ini adalah salah satu hewan purbakala yang masih hidup hingga sekarang? Atau mungkin kamu tidak pernah berpikir berapa lama hidup seekor capung? Nah, kali ini makintau.com akan memberikan lima fakta unik dan menarik seputar capung. Mari kita simak fakta-faktanya.

5 Fakta Unik Tentang Capung yang Tidak Kamu Ketahui

1. Capung Merupakan Hewan Purba

Salah satu fakta unik yang ada pada seekor capung ini merupakan salah satu hewan purba yang sudah ada sejak 300 juta yang lalu. Hal ini diketahui ketika fosil capung terbesar yang pernah ditemukan oleh George Poinar dari Oregon State University di bumi mempunyai ukuran lebar sayap lebih dari 3 meter yang diprediksi telah berusia sekitar 100 tahunan.

2. Memiliki Wilayah Kekuasaan dan Pola Kawin
Fakta unik kedua yang ada pada seekor capung ini juga dapat dilihat dari adaptasinya yang tidak ingin hidup berkelompok melaikan memilih untuk hidup secara individu. Karena capung ini memiliki wilayah kekuasaan tersenidri dan pola kawin yang unik. Saat capung mengalami masa perkembangbiakan , si capung betina akan menaruh telur-telurnya yang kemudian akan menetas menjadi larva. Mereka juga sangat awas dengan daerahnya seperti permukaan air tersebut sehingga sering kita jumpai 2 capung sedang berkelahi.

3. Berumur Pendek

Capung ini juga salah satu hewan yang tidak memiliki umur panjang. Capung ini memiliki hidup yang singkat , masa hidup capung hanya dihabiskan pada saat mereka mengeluarkan larva. Larva capung ini lah yang akan be.rtahan hidup kira-kira 3 tahun, setelah itu mereka baru bermetamorfosis menjadi capung dewasa yang bersayap.

4. Kecepatan dan Manuver Capung
Seekor dragon fly atau capung ini juga memiliki keunikan pada kecepatan dan manuver saat ia terbang. Dengan memiliki sayap depan yang lebih pendek daripada sayap belakangnya serta bisa melakukan manuver dari kanan ke kiri, atas ke bawah inilah yang bisa membuat capung terbang dengan kecepatan tinggi yakni 50 km/jam.

5. Memiliki Mata Unik

Pernahkah kamu memperhatikan bagian mata dari seekor capung. Bagian mata capung inilah yang menyimpan fakta unik, yakni memiliki mata besar untuk melihat obyek hingga sudut 360 derajat yang terdiri dari 30.000 unit ommatidia, lensa dan sel yang sensitif terhadap cahaya. Mak tak heran jika capung mampu melihat polarisasi warna dan cahaya yang ada di hadapannya.