5 Cara dan Tips Efektif Mengobati Jerawat

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Jerawat merupakan suatu hal yang mengganggu. Meski hanya sebuah benjolan kecil, tapi jerawat sangat membuat kita tidak "PeDe" jika wajah kita terkena jerawat. Selain membuat percaya diri kita hilang, jerawat juga kadang terasa sakit. Tapi mau bagaimana lagi? karena semua orang pasti akan memiliki jerawat.

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.".

5 Cara dan Tips Efektif Mengobati Jerawat

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Nah, jika Anda sedang terkena jerawat, maka kali ini saya akan berbagi cara ampuh dalam mengatasi jerawat, caranya adalah sbb:

1. Memakai Masker Madu

Oleskan masker madu untuk wajah Anda sekali atau dua kali dalam seminggu. Madu memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik sebagai desinfektan dan penyembuhan jerawat. Madu juga lembut pada kulit sensitif.

2. Hindari Memakai Make Up Berlebihan

Pemakian make up pada kulit Anda hanya memberikan kontribusi untuk menyumbat pori-pori Anda, menyebabkan lebih banyak jerawat dan komedo. Jika Anda merasa Anda harus memakai make-up, gunakan makeup berbasis air atau make up kering dan jangan menggunakan make up yang mengandung banyak minyak secara berlebihan.

3. Jangan Menggaruk atau Meremas Komedo dan Jerawat

Mungkin anda teralu tergoda dengan jerawat atau apalah itu tetapi jangan memencet, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo Anda. Jika anda melakukan itu maka anda akan meningkatkan produksi sebum. Plus, ketika Anda menekan jerawat, Anda akan membuat pecah selaput di bawah kulit Anda, menyebabkan infeksi dan sebum menyebar di bawah kulit Anda. Hasilnya adalah lebih jerawat yang akan timbul.

4. Cuci Sarung Bantal Anda

Wajah anda akan selalu menempel pada sarung bantal Anda setiap hari saat anda tidur. Sarung bantal Anda menyerap minyak dari kulit Anda dan reapplies kotoran dan minyak. Sehingga menyebabkan jerawat. Jauhkan seprai dan sarung bantal yang kotor dan gunakan sarung bantal dan selimut anda yang bersih.

5. Jauhkan Rambut dari Wajah Anda

Jika Anda memiliki rambut panjang jauhkan rambut dari wajah Anda. Rambut Anda mengandung minyak dan akan memberikan kontribusi untuk timbulnya jerawat Anda. Cuci dan jaga kebersihan rambut untuk menghindari kontribusi yang ditimbulkan dari rambut anda yang kotor.