Tips Agar Tetap Fit Puasa Meskipun Tidak Sahur

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia yang merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan satu tahun sekali selama bulan suci Ramadhan. Agar tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa di siang hari, biasanya pada dini hari kita melakukan santap sahur. Ini bertujuan agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan fit dan bugar di siang harinya.

Tapi, bagaimana jika kita lupa untuk melakukan santap sahur? Ya, biasanya kita sering kali merasa malas untuk melakukan santap sahur. Ini karena sahur dilakukan pada waktu dini hari, dimana waktu itu sedang sangat enak-enaknya untuk tidur. Sehingga kita sering sekali lupa atau malas untuk bangun. Tapi, saya memiliki tips untuk Anda yang sering lupa untuk melakukan sahur agar Anda dapat melakukan segala aktivitas di bulan puasa tanpa terganggu apapun meskipun tidak sahur.

Tips Agar Tetap Fit Puasa Meskipun Tidak Sahur

Dan berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat Anda lakukan saat Anda berpuasa tapi Anda lupa sahur seperti yang saya kutip dari situs vemale.com:

1. Kuatkan Niat

Niat yang kuat adalah kunci dari sebuah keberhasilan. Jadi, jika Anda memiliki niat yang kuat untuk berpuasa, maka meskipun Anda lupa sahur pun Anda pasti bisa menahan diri dan bisa melanjutkan puasa Anda hingga waktu berbuka tiba. Mungkin Anda akan merasa lelah, lemas, atau haus sepanjang hari nanti. Tapi dengan niat yang teguh, Anda pasti bisa menjalani ibadah puasa dengan optimal.

2. Cari Kesibukan

Rasa lapar pasti akan mendera. Dan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar tersebut adalah dengan mengalihkan fokus Anda. Carilah kesibukan yang membuat pikiran Anda tidak terus terfokus pada makanan atau minuman. Dan juga hindarkan pandangan Anda dari makanan atau minuman yang menggoda. Daripada hanya tidur, waktu Anda akan jadi lebih produktif saat Anda bisa melakukan sesuatu dan mencari kesibukan.

3. Perbanyak Ibadah

Daripada terus-terusan berkeluh kesah atau merasa menyesal karena telah melewatkan makan sahur, lebih baik gunakan waktu yang Anda dengan melakukan lebih banyak ibadah. Ibadah di sini bukan hanya sebatas membaca kitab suci atau shalat saja, tetapi juga melakukan kebaikan-kebaikan lain seperti bersedekah atau menolong orang yang sedang kesusahan.

4. Tersenyumlah

Rasa lapar yang Anda rasakan ini mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain yang kesusahan dan sering kelaparan selama berhari-hari. Tersenyumlah dan ambil saja hikmahnya, rasa lapar Anda bisa berbuah pahala jika Anda bisa bersabar menghadapinya.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, semoga dapat membantu Anda yang lupa untuk melakukan makan sahur. Jika Anda tidak makan sahur, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak berpuasa. Karena jika niat kita kuat untuk berpuasa maka dalam kondisi apapun kita akan tetap mempertahankan ibadah puasa kita.