Hasil Keputusan KPU: Jokowi-JK Menang Pemilu 2014

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Selamat kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 yaitu Jokowi-JK yang telah berhasil memenangkan pemilu di Indonesia dan akhirnya berhasil terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden baru bagi rakyat Indonesia yang akan memimpin Indonesia dalam 5 tahun mendatang. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, KPU telah mengumumkan kemenangan pasangan capres nomor urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pengumuman ini di umum kan oleh KPU pada Selasa, 22 Juli 2014 petang tadi di Jakarta. Komisi Pemilihan Umum resmi menetapkan pasangan capres Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Jokowi-JK ditetapkan sebagai pemenang Pilpres setelah memperoleh suara 70.997.833 atau 53,15%. Mengalahkan Prabowo-Hatta yang memperoleh suara 62.576.444 atau 46,85%

Hasil Keputusan KPU: Jokowi-JK Menang Pemilu 2014

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Jokowi-JK akan memenangkan pemilu versi Real Count KPU dan mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta. Hasil ini hampir mirip dengan hasil pada Quick Count beberapa lembaga survei cepat seperti RRI dan Litbang Kompas.

Atas terpilihnya Jokowi-JK sebagai presiden Indonesia, banyak pihak yang memberikan selamat kepada pasangan nomor urut 2 ini. Diantaranya adalah pemerintah AS dan Kanada. Seperti yang dikutip dari detik.com sebagai berikut:

Dilansir AFP, Rabu (23/7/2014), Kerry menyatakan ingin bekerjasama dengan Jokowi. Kerry mengapresiasi jalannya Pemilu di Indonesia.

"Rakyat Indonesia bersatu sekali lagi untuk menunjukkan komitmennya terhadap demokrasi melalui Pemilu yang bebas dan adil," kata Kerry lewat pernyataannya pada Selasa (22/7) waktu setempat.

Indonesia merupakan negara demokratis terbesar ketiga setelah AS. Kedua negara dapat memberikan tauladan bagi seluruh dunia.

"Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, AS dan Indonesia telah menjadi contoh bagi dunia. Kita telah berbagi nilai-nilai yang sama, termasuk menghormati Hak Azasi Manusia dan rule of law," imbuh Kerry.

AS berniat untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia. Dengan keluarnya Jokowi sebagai presiden terpilih, maka ikatan rakyat Indonesia dengan AS juga diharapkan menjadi tambah erat.

"Sebagaimana kita memperdalam hubungan kita, mempromosikan tujuan bersama secara global, dan memperluas ikatan antarmasyarakat negara kita," ujar Kerry.

Menteri Luar Negeri Kanada John Baird juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Jokowi. Baird menyampaikan ucapan tersebut lewat akun Twitter terverifikasinya, Selasa (22/7) waktu setempat. Dia juga merencanakan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

"Warm congratulations to @jokowi_do2 on winning #Indonesia's democratic presidential election. I plan to visit there in the very near future," tulis Baird.