Apakah Kicauan Ahmad Dhani Tentang Potong Kemaluan Itu Benar?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Pilpres sudah berlalu dan KPU telah resmi mengumumkan bahwa Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi menjadi presiden dan wakil presiden terpilih hingga lima tahun kedepan. Tapi suasana pilpres rasanya masih terasa hingga saat ini. Apalagi pada pilpres kali ini ada banyak sekali kejadian-kejadian yang unik yang mewarnai pilpres Indonesia 2014 ini.

Mulai dari isu-isu yang berbau kampanye hitam, pendukung yang mengancam bunuh diri jika capres jagoannya kalah, hingga salah satu capres yang tidak menerima keputusan KPU karena menganggap ada kecurangan pada pilpres 2014 ini. Dan yang heboh saat ini adalah tentang kicauan Ahmad Dhani di akun twitternya bahwa dia akan memotong kemaluannya jika Jokowi menang atas Prabowo.

Kabar tentang tweet dari akun Ahmad Dhani yang beralamat di @AHMADDHANIPRAST ini langsung heboh diperbincangkan di akun sosial media dan media-media online lainnya. Ahmad Dhani yang merasa tidak membuat kicauan seperti itu pun akhirnya angkat bicara tentang statusnya di twitter tersebut. Dia membantah bahwa dia telah membuat twitt tersebut.

Apakah Kicauan Ahmad Dhani Tentang Potong Kemaluan Itu Benar?

Ahmad Dhani yang merasa terganggu dengan pemberitaan-pemberitaan yang beredar di media online saat ini pun langsung melayangkan guguatan ke Dewan Pers dan melaporkan 17 situs online. Situs-situs online yang digugat Ahmad Dhani antara lain:
  1. Liputan6.com
  2. Repubilka Online
  3. Haionline
  4. Okezone
  5. Merdeka.com
  6. Detikforum
  7. Kapanlagi.com
  8. Kasukkusuk.com
  9. Kaskus
  10. Kompasiana
  11. Metropolitan online.co
  12. Nonstop.com
  13. Palingseru.com
  14. Wartaharian.com
  15. Ciricara.com
Menurut Dhani, dari belasan media yang dilaporkan tidak mengikuti aturan. Mereka tidak meminta konfirmasi dan mengutip dari sumber yang valid.

Dhani menegaskan, beberapa berita bohong diambil dari akun twitter palsu bahkan ada salah satu editan photoshop yang sengaja disebarkan, padahal dia tidak pernah berkicau ingin memotong alat kelamin.

Jadi, apakah status tersebut memang benar-benar di buat Ahmad Dhani atau hanya di rekayasa oleh tangan-tangan dari orang yang tidak bertanggungjawab? Mungkin saja status tersebut memang sengaja direkayasa oleh seseorang, karena di jaman sekarang ini bukan hal sulit untuk melakukan hal yang seperti itu.

Bahkan tanpa masuk ke akun tersebut, kita bisa merubah status yang ada di twitter seseorang dengan sesuka hati kita. Mungkin teman-teman blogger, terutama yang sangat suka sekali mengedit-edit template mungkin sudah pernah mengenal yang namanya "Inspect Element".

Nah, bisa jadi si orang tersebut memanfaatkan fungsi dari Inspect Element yang terdapat pada Browser internet untuk merekayasa status tersebut lalu meng-capture hasil editannya dan kemudian menyebarkan berita fitnah tersebut dengan cara menunggah gambar dari status yang sudah dia edit. Sehingga seolah-olah status tersebut memang dibuat oleh si pemilik akun tersebut.

Sebagai contoh kecil saya akan memberikan gambaran tentang cara tersebut, dan berikut ini adalah contohnya:

1. Pertama, disini misalnya kita akan mencari salah satu akun "korban". Misalnya saya ambil dari akun mas Ahmad Dhani saja, biar greget! hehehe. Saya memilih status ini:

Ahmad Dhani
Sebelum di rekayasa

Gambar diatas adalah sebuah status yang akan saya rekayasa dengan menggunakan Inspect Elemet. Untuk melakukannya, langkah pertama yang harus di lakukan adalah menyeleksi bagian mana yang akan kita edit. Caranya:

Caranya adalah, Blok bagian yang akan di edit misalnya pada tulisan "Permintaan maaf Warung Kopi Okezone" pada status tersebut. Lalu setelah itu klik kanan pada tulisan yang di blok tadi, dan pilih "Inspect Element" atau "Periksa Elemen" jika menggunakan browser Google Chrome bahasa Indonesia. Lihat gambar berikut:

Inspect Element

Jika sudah di klik, maka di bagian bawah browser akan keluar tampilan yang kurang lebih seperti berikut ini:

Apakah Kicauan Ahmad Dhani Tentang Potong Kemaluan Itu Benar?

Bisa dilihat pada gambar diatas sudah muncul beberapa kode tapi ada satu baris kode yang sudah di blok, lalu kita klik tanda panah disamping kode tersebut untuk melihat isi kode tersebut. Lihat gambar berikut:

Apakah Kicauan Ahmad Dhani Tentang Potong Kemaluan Itu Benar?
Klik tanda panah yang di beri tanda kotak merah

Jika sudah di klik maka akan terlihat barisan kode lain. Dan jika diteliti kita bisa lihat ada kata-kata yang terdapat dalam status tersebut yaitu "Permintaan maaf Warung Kopi Okezone". Lihat gambar berikut:

Permintaan maaf Warung Kopi Okezone

Nah, kelihatan kan? Lalu setelah itu lakukan double-klick terhadap tulisan yang di beri tanda kotak merah tersebut untuk mengeditnya. Hapus tulisan tersebut lalu ganti dengan tulisan lain sesuka Anda, lalu tekan ENTER. Lihat gambar berikut:

Ahmad Dhani

Setelah di Enter maka status tersebut akan berubah dengan sendirinya. Maka, hasilnya akan sperti ini:

Ahmad Dhani Tweet Sabina Altynbekova

Bagaimana? Sangat meyakinkan bukan? Pasti jika orang lain melihat status yang ada pada gambar diatas menganggap bahwa status tersebut adalah benar-benar dibuat oleh Ahmad Dhani. Tapi sebenarnya status tersebut adalah bohong, karena sengaja di runah oleh seseorang. Oh iya, lupa menyampaikan bahwa jika di refresh tampilan statusnya akan kembali normal seperti semula. Jadi, saya rasa status yang ada dalam twitter Ahmad Dhani hanyalah karangan dari seseorang yang iseng saja.

Terlepas dari itu semua, saya tidak membela pihak manapun, karena ini hanyalah bagian dari gambaran yang ada dalam benak saya saja. Semoga bermanfaat, terimakasih.