Ada 10 Fakta Unik Tentang Jantung yang Harus Anda Ketahui

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Jantung merupakan sebuah bagian organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting dan vital bagi manusia. Jantung berfungsi sebagai alat yang dapat memompa darah yang membawa oksigen dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Jadi, bisa dikatakan bahwa jantung adalah organ tubuh yang paling penting untuk manusia.

Jantung tidak pernah berhenti berdenyut selama kita masih hidup. Bahkan, saat kita masih didalam kandungan, jantung kita sudah mulai berdenyut. Pada di dalam kandungan itulah detak jantung pertama kita sekaligus kehidupan kita dimulai sebelum memasuki alam dunia ini. Karena memiliki peranan yang sangat penting, jadi kita harus senantiasa menjaga kesehatan jantung kita.

Ada 10 Fakta Unik Tentang Jantung yang Harus Anda Ketahui

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tentang 10 fakta tentang jantung yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah informasinya:

1. Rata-rata jantung berdenyut sebanyak 72 kali per menit.

Ini berarti jantung berdenyut hingga sekitar 100.000 kali dalam sehari dan 3.600.000 selama setahun.

2. Setiap hari jantung menghasilkan energi yang cukup untuk menyetir truk sejauh 20 mil.

3. Jantung mulai berdenyut sekitar empat minggu setelah pembuahan, dan terus melakukan denyutan hingga seseorang meninggal.

4. Seseorang lebih besar kemungkinannya mengalami serangan jantung pada hari senin daripada hari lain dalam seminggu.

5. Satu dari tiga kemungkinan serangan jantung pertama merupakan kesempatan terakhir bagi hidup seseorang.

Dalam kata lain, sepertiga serangan jantung pertama berakibat fatal.

6. Jantung bayi memiliki jumlah sel yang sama seperti jantung orang dewasa, tapi ukurannya hanya satu per enambelas kali dari jantung orang dewasa.

7. Bayi baru lahir memiliki denyut jantung lebih cepat, yaitu sekitar 70-190 denyut per menit.

8. Jantung perempuan lebih kecil 25% daripada jantung laki-laki.

Oleh karena itu, jantung seorang perempuan harus berdenyut enam kali lebih banyak daripada jantung laki-laki untuk memompa jumlah darah yang memadai ke seluruh tubuh.

9. Suara degup jantung yang terdengar adalah suara yang muncul karena membuka dan menutupnya empat katup jantung.

10. Orang Mesir kuno percaya bahwa jantung bersama dengan organ utama lainnya memiliki kemauan sendiri dan bisa bergerak di dalam tubuh.

Bagaimana? Sudah makintau kan fakta-fakta unik seputar jantung? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda.