Tips Jitu Agar Badan Tetap Bugar dan Fit Meski Sedang Berpuasa

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Ketika berpuasa, kita harus menahan diri untuk tidak makan dan minum selama dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya mata hari. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Apalagi saat bekerja, tubuh akan kekurangan cairan hal ini tentu bisa saja mempengaruhi kebugaran tubuh Anda.

Baca juga: Ternyata Begadang dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

Ketika berpuasa, usahakan tubuh agar tetap sehat dan fit. Agar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tidak terganggu dan puasa juga berjalan dengan lancar. Karena, agar bisa bekerja atau beraktivitas secara maksimal maka tubuh Anda harus benar-benar dalam kondisi fit. Karena dengan tubuh yang fit dan sehat, untuk melakukan kegiatan-kegiatan apapun akan terasa mudah dan maksimal.

Tips Jitu Agar Badan Tetap Bugar dan Fit Meski Sedang Berpuasa

Lalu bagaimana caranya agar tubuh kita bisa tetap fit dalam beraktivitas meskipun sedang menunaikan ibadah puasa? Untuk itu, kali ini akan saya bagikan tips agar tubuh tetap fit dan bugar meskipun sedang berpuasa. Berikut tips-tips yang mungkin bisa Anda coba selama bulan Ramadhan ini:

1. Tidur yang Cukup

Hal yang pertama yang perlu Anda perhatikan adalah waktu tidur yang cukup. Bayangkan saja, jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka aktivitas sehari-hari Anda mungkin akan terasa melelahkan. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang ini, sudah tidak makan dan minum hampir selama 12 jam saja tubuh akan terasa lemas, apalagi jika ditambah dengan kurang tidur. Tentu tubuh Anda akan terasa lebih lemas lagi bukan? Apalagi jika Anda melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Untuk itu, perhatikanlah waktu istirahat Anda. Berikan porsi yang cukup untuk tubuh Anda beristirahat agar Anda bisa tampil fit dan bugar dalam beraktivitas.

2. Makanlah Makanan yang Berkarbohidrat Tinggi

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat merupakan zat yang paling banyak menyumbangkan energi bagi tubuh kita. Untuk itu, ketika sahur usahakan makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Mungkin dengan memakan makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat membantu menambah tenaga Anda dalam bekerja selama puasa. Sehingga tubuh akan tetap terlihat fit dan bugar.

3. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang selanjutnya adalah mengurangi konsumsi beberapa minuman yang mengandung soda, kopi ataupun teh. Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen Anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat Anda sedang berpuasa.

Alternatifnya, perbanyaklah minum air putih. Dalam sehari Anda bisa minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

4. Buat Perencanaan Makanan

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan Anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dan satu tips lagi. Dalam berbuka dan sahur hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan Anda.

5. Kebiasaan Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usahakan agar anda idak bangun telat.

Alasannya, agar Anda tidak makan terlalu cepat saat sahur. Ini penting karena makan terlalu cepat bisa berakiabt tidak baik, berlaku juga pada saat berbuka puasa.

Itulah tips-tips yang bisa saya sampaikan, semoga tips-tips diatas dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan Anda selama bulan ramadhan dan dalam menjalankan ibadah puasa.