Tanda-Tanda Wanita yang Sedang Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kehamilan memang sesuatu yang sangat di inginkan oleh mereka pasangan suami istri, apalagi bagi mereka yang sudah lama menikah namun belum juga memiliki momongan. Karena tidak lengkap rasanya jika dalam sebuah pernikahan tidak ada seorang buah hati di dalam keluarga itu. Kehadiran anak akan membuat suasana rumah akan menjadi semakin ramai dan menyenangkan.

Artikel berikut ini akan membahas tentang ciri-ciri wanita yang sedang hamil. Perlu diketahui, bahwa setiap wanita yang sedang memasuki masa-masa kehamilan akan mengalami gejala-gejala atau tanda-tanda yang mungkin akan terlihat kurang biasa bagi kaum pria. Oleh karena itu, kamu para suami sebaiknya mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda kehamilan tersebut.

Tanda-Tanda Wanita yang Sedang Hamil yang Harus Kamu KetahuiIngat, bahwa setiap wanita mungkin memiliki tanda-tanda atau gejala yang berbeda dengan wanita yang lain ketika mereka memasuki masa-masa kehamilan. Namun, kali ini Makintau akan berbagi ciri-ciri umum yang sering dialami oleh wanita ketika memasuki masa-masa kehamilan, berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Mengidam

Ya! Ciri ini memang sangat umum dan sering dijumpai pada wanita yang tengah menjalani masa-masa kehamilan. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa hampir 90% wanita hamil menginginkan (mengidam) makanan-makanan aneh pada bulan pertama kehamilannya. Penyebab wanita hamil mengidam makanan adalah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Biasanya wanita hamil mengidam makanan-makanan yang sulit dicari atau makanan-makanan yang memiliki rasa yang masam seperti: mangga muda, dll.

2. Tidak Datang Bulan (Haid)

Umumnya, wanita akan mengalami siklus haid. Normalnya dalam satu bulan wanita akan mengalami haid antara 3-7 hari. Jika kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur tetapi mengalami keterlambatan pada periode yang seharusnya kamu mengalami menstruasi, sebaiknya kamu melakukan tes kehamilan. Apalagi jika kamu sudah melakukan hubungan intim dengan pasangan sebelumnya. Bisa jadi, kamu sedang mengalami masa-masa kehamilan.

3. Payudara Membengkak

Saat hamil payudara akan mengalami pembengkakan mirip saat menstruasi dan terasa lebih lembut jika disentuh. Puting payudara yang membesar dan berwarna gelap bahkan terkadang terasa sangat gatal dan sakit. Penyebabnya adalah karena adanya peningkatan kadar hormon, setelah tubuh terbiasa, pembengkakan dan rasa sakit biasanya akan berangsur hilang.

4. Aerola Menghitam

Jika aerola atau kulit di sekitar puting susu berubah warna menjadi kegelapan maka ada kemungkinan terjadi kehamilan, meskipun juga perubahan warna tersebut bisa muncul karena pengaruh dari kehamilan sebelumnya.

5. Mual dan Muntah

Akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Mual muntah ini sering disebut sebagai "morning sickness" karena biasanya mual dan muntah tersebut terjadi di pagi hari pada beberapa hari setelah pembuahan terjadi.

6. Sering Buang Air Kecil

Setelah janin mengalami implantasi dan mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG), maka kemungkinan besar calon Ibu akan sering buang air kecil. Ini terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan beser ini biasa akan berkurang setelah kehamilan berusia 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.

Itulah beberapa ciri-ciri wanita yang tengah hamil yang baru saja saya bagikan. Semoga bermanfaat, ingat tidak semua wanita hamil akan mengalami tanda-tanda tersebut. Namun pada umumnya mengalami tanda-tanda tersebut. Terimakasih.