Sejarah Pertama Kali Munculnya Kartu Kredit

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran dengan sistem kredit. Kartu kredit tentunya berbeda dengan kartu debit. Meskipun secara bentuk fisik hampir sama, namun pada kartu debit kita hanya dapat menggunakan uang yang ada pada rekening kita saja. Sedangkan jika kartu kredit memiliki sistem yang berbeda, di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening.

Selama ini ada berbagai macam nama-nama kartu kredit yang terkenal, seperti: MasterCard, Visa, American Express, Diners Club dan masih banyak yang lainnya. Namun yang terkenal dan sering kita dengar mungkin MasterCard dan Visa. Kedua penyedia kartu kredit ini memang yang paling banyak digunakan di bandingkan dengan penyedia-penyedia kartu kredit lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit banyak tentang kartu kredit. Lebih tepatnya yaitu tentang sejarah serta perkembangan dari kartu kredit tersebut.

Sejarah Pertama Kali Munculnya Kartu Kredit

Dalam sejarahnya, kartu kredit pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Amerika pada tahun 1946. Kartu kredit ini dikeluarkan oleh salah satu bank yang ada di Amerika yaitu Flatbush National Bank of Brooklyn. Pada saat itu, para nasabah dapat membeli atau berbelanja di toko-toko yang memang bekerja sama dengan bank tersebut dengan sesuka hati. Nantinya akan ada pihak toko yang akan menagih ke pihak bank dengan menunjukkan bukti transaksi dari pemilik kartu kredit tersebut, sedangkan pemilik kartu kredit akan membayarnya ke bank.

Lalu pada tahun 1950 Diners Club mengeluarkan Kartu Kredit yang memudahkan para nasabahnya yang suka makan di restoran. Dengan menggunakan kartu kredit dari Diners Club ini, para nasabah dapat makan di restoran-restoran tanpa harus membawa uang. Nantinya pihak restoran akan menagih ke pihak Diners Club, dan nasabah akan melunasi pembayarannya ke pihak Diners Club.

Berikut ini adalah contoh gambar dari kartu kredit:

VISA
Kartu Kredit VISA dari Bank Danamon

MasterCard
Contoh Kartu Kredit MasterCard
Diners Club
Contoh Kartu Kredit Diners Club

Perkembangan kartu kredit tidak hanya sampai disitu, bahkan dari tahun ke tahun kartu kredit sepertinya malah menjadi trend tersendiri terutama bagi orang-orang kelas atas pada jaman dulu. Kemudian di tahun 1958 American Express juga mengeluarkan kartu kredit dengan nama AMEX singkatan dari (American Express).

Kemudian Bank of America juga mengeluarkan kartu kredit dengan dengan nama kartu Bank Americard yang kini bernama VISA. Pada tahun 1960 Bank of America kembali mengeluarkan kartu kredit dengan nama Master Card yang hingga sampai saat ini masih digunakan dan semakin dikenal.

Di Indonesia sendiri, Bank yang pertama kali menerbitkan kartu kredit adalah Bank Duta dengan bekerja sama dengan Visa dan MasterCard. Di Indonesia juga banyak bank-bank yang menerbitkan kartu kredit seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri dan masih banyak yang lainnya.