Mengenal Sedikit Tentang jQuery dan JavaScript

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Mungkin selama ini Anda membuat website atau blog hanya dengan struktur HTML, PHP, dan CSS. Dalam membangun sebuah website, tentunya Anda harus sudah memahami dan menguasai HTML. Karena HTML merupakan struktur utama dalam pembuatan website. Sedangkan PHP adalah bahasa pemrograman untuk mengolah database maupun konten website sehingga website yang Anda buat adalah merupakan website dinamis. Sebagai seorang blogger, saya rasa tidak terlalu perlu juga untuk menguasai PHP. Karena PHP sendiri digunakan untuk membuat website-website dengan self-hosting seperti Toko Online, Microblog, Sosial Media, dan sebagainya.

Sedangkan CSS merupakan salah satu komponen untuk memperindah tampilan website yang Anda buat, CSS hanya memperindah tampilan luar dari website Anda saja tanpa mempengaruhi dan menimbulkan efek animasi yang luar biasa. Lalu bagaimana cara membuat efek lain atau efek animasi pada website atau blog kita? saya pikir ada dua cara untuk membuat efek-efek yang kita inginkan. Yaitu dengan menggunakan flash atau javascript.

Mengenal Sedikit Tentang jQuery dan JavaScript

Namun, kekurangan dari flash yaitu terletak pada ukuran filenya. Flash akan membuat blog atau website kita menjadi berat, hal ini disebabkan karena ukuran filenya yang besar. Padahal, dalam sebuah website atau blog, kecepatan adalah hal yang wajib untuk diutamakan. Pengunjung tentu tidak akan betah jika loading blog atau website kita lambat. Oleh karena itu, kebanyakan para pembuat website profesional kebanyakan menggunakan javascript sebagai gantinya.

Javascript sendiri adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk memanipulasi tampilan website dengan berbagai efek dan animasi. Tidak hanya itu, javascript juga memungkinkan kita untuk memanipulasi tampilan website kita yang tidak bisa dilakukan oleh script-script lain. Untuk belajar JS, Anda harus sedikit banyak mengetahui bahasa pemrograman. Bagaimana jika masih awam? Jangan khawatir, karena ada komponen javascript yang siap pakai dan dapat membantu Anda dalam mengolah javascript, dia adalah jQuery.

jQuery adalah salah satu library javascript. Dengan jQuery, kita dapat melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh HTML maupun CSS. Misalnya, menampilkan artikel tanpa me-reload halaman, memunculkan pop-up di tengah-tengah halaman, menyembunyikan artikel jika di klik, dan sebagainya. Contoh yang paling menarik dan bisa kita jumpai adalah Facebook. Facebook banyak menggunakan jQuery maupun AJAX dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasnya lihat pada contoh gambar berikut:

Pemberitahuan Facebook
Contoh penerapan jQuery pada Facebook

Chat Facebook
Contoh penerapan jQuery pada Chat Facebook

Dari gambar di atas, bisa dilihat bahwa yang diberi tanda kotak bergaris merah adalah <table> atau <div> yang menggunakan jQuery. Saat tombol atau gambar tertentu diklik, maka <table> atau <div> tersebut akan muncul. Misalnya pada pemberitahuan. Pada saat di klik pada tombol pemberitahuan, secara "ajaib" akan muncul pemberitahuan tersebut. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengatur agar pop-up dapat muncul di tengah-tengah halam seperti pada halaman facebook seperti pada gambar berikut:

Pop-up jQuery

Bagaimana? Keren bukan? Dengan menggunakan jQuery kita bisa melakukan hal-hal yang luar biasa dan tentu saja website atau blog kita akan terlihat profesional jika menggunaka efek dari jQuery ini. Karena mungkin masih banyak website-website atau blog-blog yang belum memanfaatkan fasilitas jQuery ini.