Kelebihan dan Resiko dalam Penggunaan Kartu Kredit

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sepertinya belum bosan saya dalam membuat artikel tentang kartu kredit. Ya memang, kartu kredit saat ini memang sangat banyak digunakan oleh orang-orang yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi. Karena pada dasarnya kartu kredit memang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi.

Tapi, sebelum Anda memikirkan untuk memiliki kartu kredit, sebaiknya Anda mengetahui dulu tentang kelebihan serta kekurangan/kerugian kartu kredit. Sehingga dalam penggunaannya nanti Anda dapat memiliki gambaran tentang apa yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan kartu kredit tersebut dan dapat menggunakannya secara bijak.

Baca: Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kelebihan dan Resiko dalam Penggunaan Kartu Kredit

Meskipun mudah dalam mendapatkan dan menggunakannya (baca: Cara Mendapatkan Kartu Kredit Gratis dari Payoneer), bukan berarti dalam menggunakan kartu kredit itu tidak ada resikonya. Justru, jika Anda menggunakannya dengan cara yang salah dan tidak bijak, justru akan besar sekali resikonya. Untuk itu harap perhatikan kelebihan dan resiko dari kartu kredit ini, di antaranya adalah:

Kelebihan:

1. Pengaturan Anggaran Lebih Mudah
Dengan menggunakan kartu kredit Anda jadi bisa mengatur pembayaran dengan lebih mudah dalam jumlah besar ataupun jumlah kecil. Pembayaran bisa dilakukan sekaligus.

2. Aman
Uang tunai yang dicuri tentu dapat dipakai oleh siapapun. Bila Anda kehilangan kartu kredit atau debit, segera mungkin Anda laporkan ke bank penerbit kartu tersebut, supaya kartu kredit Anda terlindungi dari pemakaian kartu tanpa izin. Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah, setiap bank penerbit kartu rata rata memiliki kebijakan yang tidak sama, untuk itu konfirmasikanlah dengan bank Anda.

3. Diterima di Seluruh Dunia
Beberapa kartu kredit serta debit dapat diterima di seluruh dunia. Bandingkan dengan uang tunai, apalagi bila Anda membutuhkan uang tunai, Anda dapat memperoleh mata uang lokal dengan penarikan dana melewati ATM atau bank di dunia yang menerima kartu kredit atau debit Anda.

4. Fleksibilitas
Misalnya Anda berada di sebuah pusat perbelanjaan dan melihat sebuah barang yang diobral dalam waktu terbatas. Anda tidak punya uang saat itu, tapi tidak ingin melawatkan kesempatan berhemat itu, Kartu kredit memungkinkan Anda untuk memanfaatkan momen diskon atau penawaran khusus, kemudian Anda bisa melunaskan tagihannya kemudian.

Setelah membaca kelebihannya, tentu Anda juga ingin tahu tentang resikonya bukan? Nah, kartu kredit dapat beresiko jika Anda melakukan hal-hal berikut:

Resiko:

1. Denda Over Limit
Denda over limit akan dikenakan oleh bank ketika penggunaan kartu kredit telah melampaui batas kredit maksimal yang diberikan oleh bank. Untuk itu, perhatikan limit pada kartu kredit Anda untuk menghindari resiko denda over limit ini.

2. Bunga Tarik Tunai Lebih Tinggi
Biaya untuk tarik uang tunai dari ATM dan bunganya lebih tinggi jika dibandingkan bunga yang dikenakan bila kartu kredit digunakan untuk keperluan berbelanja di merchant.

Sebagai informasi bunga kartu kredit untuk belanja biasanya berkisar 3,25% s/d 3,5% per bulan (39% s/d 42% per tahun) dan bunga tarik tunai 4% per bulan atau 48% per tahun. Untuk itu, sebaiknya jangan melakukan penarikan tunai melalui ATM dengan menggunakan kartu kredit jika Anda memang tidak benar-benar sedang membutuhkan uang.

3. Terlambat Membayar
Setiap keterlambatan pembayaran dan juga pembayaran kurang dari jumlah tagihan miminal, akan dikenakan denda keterlambatan dan bunga sisa pinjaman. Akibatnya, jumlah tagihan kita pada bulan berikutnya akan bertambah dan begitu seterusnya jika tak kunjung diselesaikan. Hal ini dikenal dengan istilah bunga berbunga.

4. Teledor dengan CVV
Mengingat saat ini transaksi belanja melalui internet sangat mudah dilakukan, cukup dengan memasukkan nomer kartu kredit, masa berlaku dan nomor CVV (3 angka di belakang kartu kredit), maka menjaga kerahasiaan nomer CVV adalah mutlak. Kecerobohan membiarkan orang lain mengetahui nomer CVV kita, sekalipun tidak disengaja, akan menyebabkan kartu kredit rawan digasak sampai over limit tanpa sepengetahuan kita.

Bagaimana? apakah Anda sudah makintau tentang kelebihan sekaligus resikonya? Untuk itu, gunakanlah kartu kredit secara bijak dan sesuai dengan kemampuan Anda dalam melunasi tagihan kartu kredit.