Hal-Hal yang Harus di Persiapkan Sebelum Mempelajari jQuery

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sebelumnya telah dibahas sedikit tentang pengenalan tentang apa itu jQuery dalam artikel Mengenal Sedikit Tentang jQuery dan JavaScript. Setelah Anda paham tentang fungsi dan manfaat dari jQuery dan berniat untuk mempelajarinya, maka ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai belajar.

Selain itu, sebelum Anda mulai belajar lebih jauh tentang jQuery, terlebih dahulu Anda harus menguasai dan memahami komponen-komponen pendukungnya agar saat Anda belaja sudah tidak mengalami kesulitan lagi. Lalu, apa yang harus disiapkan dan harus dikuasai sebelum belajar lebih jauh tentang jQuery dan JavaScript?

Hal-Hal yang Harus di Persiapkan Sebelum Mempelajari jQuery

Hal-hal yang harus sudah Anda kuasai adalah:
  1. HTML
  2. PHP (Jika website Anda menggunakan PHP)
  3. CSS (Untuk memperindah tampilan website)
  4. jQuery.js
Untuk jQuery.js, Anda bisa mendownloadnya di http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js atau bisa juga di http://code.jquery.com/jquery-2.1.1.min.js. Caranya dengan cara Seleksi pada semua kode yang muncul, lalu Klik Kanan, pilih Salin (Copy), lalu Paste di Notepad. Simpan dengan nama jQuery.js.

Selain itu, komputer Anda juga harus sudah terinstall software-software berikut ini:
  1. Adobe Dreamweaver, jika tidak punya bisa menggunakan aplikasi Notepad++
  2. XAMPP
Untuk XAMPP, silahkan download di https://www.apachefriends.org/download.html. Pilih sesuai OS komputer Anda. Sedangkan untuk Notepad++ Anda bisa mengunduhnya di http://notepad-plus-plus.org/download/v6.6.6.html.

Saya harap Anda sudah mengerti dan paham dengan apa yang saya jelaskan di atas. Jika sudah paham, maka pada artikel selanjutnya akan saya bahas tentang Cara Mengisntalasi Webserver Lokal (Localhost) pada Komputer Anda dengan XAMPP.