Tips Agar Akun Facebook Aman dari Hacker

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer saat ini. Hampir setiap orang entah itu yang tua ataupun yang muda pasti memilikinya. Pemiliknya, Mark Zuckerberg pada awalnya membuat situs ini bukanlah untuk umum. Tapi lambat laun banyak orang yang tertarik untuk mendaftar ke Facebook ini, termasuk saya. Facebook memiliki fitur-fitur seperti untuk update status terbaru, like button, share button, kolom komentar, chat, wall post, dan disana banyak juga game-game online yang bisa kamu mainkan disana.

Soal keamanan, jangan ditanya lagi. Facebook adalah situs dengan tingkat keamanan yang tinggi dan ketat, jadi sangat sulit sekali hacker untuk menembus dinding api FB. Tapi, berhubungan telah ditemukannya celah Heartbleed baru-baru ini (baca: Ditemukan Celah "Heartbleed", Ini Situs-Situs yang Wajib Ganti Password) ada kemungkinan kecil Facebook dapat disatroni hacker-hacker yang menemukan dan mengeksploitasi celah ini.

Tips Agar Akun Facebook Aman dari Hacker

Untuk itu, demi keamanan akun kamu kali ini MAKINTAU.com akan memberikan beberapa tips agar akun Facebook kamu aman dari hacker. Berikut ini adalah tipsnya.

Gunakan Email yang Valid

Hal ini yang sering kali diabaikan oleh para pengguna Facebook. Ini merupakan hal yang sangat penting dan vital sekali. Dengan menggunakan email yang valid, maka kita dapat mengurangi resiko akun kita diretas oleh hacker. Selain itu, dengan menggunakan email yang valid juga, saat kita lupa sandi facebook kita, kita dapat mengatur ulang kata sandi yang baru kita melalui email yang valid ini.

Gunakan Kata Sandi Kombinasi

Kata sandi kombinasi? maksudnya adalah menggunakan password dengan kombinasi angka dan huruf atau simbol. Selain itu juga bisa dikombinasikan huruf besar dan kecil. Karena, kebanyakan orang-orang yang menggunakan Facebook memilih kata sandi yang sangat umum dan mudah ditebak oleh peretas, seperti menggunakan tanggal lahir, tanggal jadian dengan pacar, nama sekolah, alamat, nama sendiri, nama pacar, dan nomor handphone. Penggunaan kata sandi semacam ini dapat beresiko pada akun kamu.

Untuk itu, menggunakan sandi kombinasi sangat dianjurkan bagi kamu yang cinta kepada akun Facebook kamu. Contoh penggunaan kata sandi kombinasi, kita bisa memulai dengan tulisan-tulisan ALAY seperti misalnya : kamu ingin menggunakan kata sandi akucintakamu kamu bisa mengkombinasikannya dengan angka, huruf dan simbol sehingga menjadi 4kuc!nt4k4mu, sedikit 4L4Y memang, tetapi ini bisa mengurangi resiko terkena hack pada akun kamu.

Rajinlah Mengganti Sandi Facebook Secara Rutin

Mengganti kata sandi secara rutin memang sangat di anjurkan, tim keamanan Facebook juga sangat menganjurkan kita untuk mengganti sandi akun kita secara rutin. Hal ini demi mencegah hal-hal yang tidak di inginkan di akun kita terjadi.

Aktifkan Pertanyaan Keamanan

Pertanyaan keamanan sangat penting. Ini membantu mencegah orang yang akan meretas akun kamu agar mereka kesulitan dalam menembus akun kamu dan mengganti sandi kamu. Pilihlah pertanyaan yang sulit di tebak, misalkan makanan favorit, atau nama hewan peliharaan. Ini akan sangat berguna untuk kamu.

Aktifkan Verifikasi Masuk Melalui SMS

Ini yang sangat membantu. Meski sedikit merepotkan, karena setiap kita masuk dari IP dan perangkat baru kita akan selalu mendapat sms dari Facebook yang berisi kode verifikasi yang menunjukkan bahwa kamulah yang benar-benar masuk dari perangkat tersebut. Jadi, jika ada orang lain yang mengetahui kata sandi kamu dan dia mencoba masuk ke akun kamu, dia tidak akan bisa langsung masuk ke halaman beranda akun kamu, tetapi dia akan dimintai kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel kamu.

Sebenarnya masih banyak sekali tips-tips yang lainnya, tapi mungkin akan saya bagikan lain waktu karena saat ini saya sudah kehabisan kata-kata. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kamu semua. Terimakasih.