Mengenal Program Microsoft Visual Basic

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Apakah kamu tau tentang program aplikasi Microsoft Visual Basic? Microsoft Visual Basic (VB) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.

Program VB ini sangat mudah untuk dipelajari untuk pemula, karena Visual Basic menggunakan bahasa pemrograman BASIC yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sederhana dan sangat mudah untuk dipelajari.

Visual Basic dapat digunakan untuk menciptakan suatu program dengan beberapa keunggulan, diantaranya adalah mudah digunakan dan mudah dikembangkan namun tidak mengurangi kualitas dan keindahan desain dan programnya.

Fasilitas kontrol yang tersedia juga cukup lengkap. Inilah salah satu faktor pendukung yang bagus jika kamu ingin belajar menjadi seorang programmer.

Mengenal Program Microsoft Visual Basic

Sejarah Ms. Visual Basic

Bill Gates memulai bisnis perangkat lunak dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800. Kemudian ia ubah agar dapat berjalan pada IBM PC dengan sistem operasi DOS.

Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Visual Basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an.

Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer.

Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer, seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, IBM BASICA, Apple BASIC dan lain-lain.

Perkembangan Visual Basic

Visual Basic 1.0 di perkenalkan pada tahun 1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual Basic ini diadaptasi dari prototype generator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya, dengan nama Tripod. Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, di bawah kode nama Ruby.

Tripod tidak memiliki bahasa pemrograman sama sekali. Ini menyebabkan Microsoft memutuskan untuk mengkombinasikan Ruby dengan bahasa pemrograman Basic untuk membuat Visual Basic.

Bagaimana? Sudah kenal dengan Microsoft Visual Basic? sekarang tunggu apalagi, ayo belajar Visual Basic!