Ternyata Begadang dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Ternyata Kurang Tidur dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

Apakah kamu adalah termasuk orang yang suka begadang? jika iya, sebaiknya kamu secepatnya menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum kamu menyesal. Pasalnya penelitian di Universitas Pennsylvania menyebutkan bahwa kurang tidur dapat berakibat kerusakan pada otak.

Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa kurang tidur dalam jangka waktu yang lama dapat melemahkan fungsi otak dan menimbulkan kerusakan secara permanen pada otak.

Penelitian ini dilakukan pada tikus percobaan. Seperti dikutip dari vemale.com dalam penelitian itu diketahui tikus yang kurang tidur jumlah syarafnya berkurang hingga 25%. Ini dikarenakan pada saat tikus tidak tidur, sel syaraf bereaksi dengan memproduksi protein yang disebut sirtuin type 3 untuk memberi energi dan melindungi sel-sel itu sendiri. Namun, jika kejadian ini berulang secara terus-menerus, sel tersebut akan mati.

Sebelumnya, ada penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak tidur dapat merusak sel syaraf pada otak. Namun kedua penelitian ini masih perlu didalami pada manusia. Para peneliti berencana meneliti kerusakan syaraf otak pada orang-orang yang kurang tidur karena pekerjaannya seperti pada supir dan pekerja sift.

Meskipun penelitian ini belum dibuktikan pada manusia, sebaiknya Anda tetap menjaga pola tidur Anda. Biasakan untuk tidur cukup dan teratur agar Anda memiliki energi yang cukup untuk beraktifitas.