Sejarah April Mop

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Tanggal 1 April oleh sebagian orang mungkin terlihat sama dengan tanggal-tanggal yang lainnya. Tapi, bagi orang-orang barat tangal 1 April dirayakan sebagai hari boleh berbohong atau hari tipu-menipu. Hari ini biasa di kenal sebagai April Mop atau April Fools' Day.

Pada April Mop, orang-orang boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Di Inggris, Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop".

Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon tersebut boleh dimainkan sepanjang hari. Bahkan di Internet, April Mop juga sering di peringati.

Sejarah April Mop

Bahasa pemograman PHP pun merayakan April Mop ini dengan mengganti logo PHP pada setiap page 'php info'. Perhatikan logo PHP pada php info, setiap tanggal 1 April, logo tersebut akan berubah menjadi gambar-gambar lain yang lucu, misalnya gambar anjing, gambar drakula, dan gambar Batman.

Sejarah April Mop menurut berbagai versi

Menurut versi Eropa, Pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian kalender Julian. Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April dari kalender Julian sebelumnya.

Sedangkan yang lain memercayai bahwa April mop adalah praktek kuno. Meskipun tidak dirayakan pada hari yang sama, kebudayaan kuno telah mengamati hari ketika orang-orang dapat membuat lelucon bersama.

Di April mop, orang-orang sering tidak mempercayai berita yang ada pada hari itu, karena mereka menganggap berita yang di beritakan pada hari itu merupakan lelucon.

Dalam sejarah, dulu ada kejadian yang menghebohkan yang terjadi pada tanggal 1 April dan di beritakan, namun mereka menganggap berita itu hanyalah lelucon. Peristiwa-peristiwa tersebut antara lain :

  • Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  • Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  • Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
  • Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.
  • Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.
  • Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.
  • Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
  • Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Itu dia sekilas tentang April Mop, semoga bisa menambah wawasan kamu semua. Semoga bisa bermanfaat dan bisa diambil pelajaran yang baik.