Domain .ID Untuk yang Tidak Kebagian .COM

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menghadirkan domain dengan akhiran .ID (dot ID). Kehadiran domain ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi perusahaan-perusahaan yang tidak kebagian domain untuk merek dagang mereka di internet.

Pemilihan nama domain memang sangatlah penting dan memerlukan banyak pertimbangan. Nama domain yang sesuai dengan nama perusahaan atau merek dagang tentu saja akan lebih mudah di ingat oleh pelanggan. Karena alamat situs web yang tidak sesuai dengan merek yang bersangkutan akan membuat konsumen sulit mengingat alamat tersebut.

Tentu kita tahu, domain yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini yaitu domain dengan akhiran .COM. Domain .COM memang sangat banyak bertebaran di internet. Mendapatkan domain .COM memang sangatlah mudah dan tidak memerlukan banyak persyaratan. Selain itu, harga domain .COM juga relatif murah dan terjangkau.

Namun untuk mencari domain dengan akhiran .COM yang sesuai dengan nama perusahaan atau merek dagang sangatlah sulit. Karena, jika kita kalah cepat dalam mendaftarkan domain .COM dengan orang atau perusahaan lain, mau tidak mau kita harus menggunakan nama domain lain dan tentu saja tidak sesuai dengan nama merek dagang perusahaan kita.

Dengan hadirnya nama domain berakhiran .ID ini, perusahaan-perusahaan yang tidak kebagian domain .COM untuk nama perusahaannya kini bisa mendaftarkan nama domain merek dagangnya dengan domain .ID. Misalnya, maskapai Garuda Indonesia dengan nama domain www.garuda-indonesia.com bisa menggunakan nama domain www.garuda-indonesia.id.

Saat ini pendaftaran domain internet .id sudah dibuka dan mulai diperdagangkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Sejak 20 Januari hingga 17 April 2014, pendaftaran domain .id masih eksklusif hanya diperdagangkan kepada pemegang merek. Hingga Rabu (26/2/2014), tercatat ada 164 nama domain .id yang dibeli oleh pemegang merek.

Domain .id merupakan country code top level domain (CCTLD) untuk Indonesia. Dengan memakai domain internet .id, maka menegaskan bahwa perusahaan tersebut berada di Indonesia. Keren bukan? Selain itu domain .id merupakan domain internet yang seksi karena singkatan "ID" dapat diartikan sebagai identitas atau identity.