5 Nama Indonesia Sebelum Resmi Menjadi Indonesia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kita sudah di ajari dan di beri pengertian tentang asal mula nama negara kita tercinta ini Indonesia sejak kita SD dulu bukan? Sekedar mengingtkan saja, nama Indonesia awal mulanya adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu "Indo" dan "Nesie" yang memiliki makna Kepulauan Hindia.

Sementara itu, orang pertama yang menyebutkan bahwa negara kita ini adalah Indonesia yaitu James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul "The Indian Archipelago and Eastern Asia".

Namun pada masa penjajahan kolonial pada masa itu, nama Indonesia memang sangatlah 'tabu' untuk disebutkan, sehingga muncullah nama-nama lain dari negara kita pada masa dulu, apa saja nama-nama Indonesia sebelun resmi menggunakan Indonesia? berikut adalah nama-namanya
5 Nama Indonesia Sebelum Resmi Menjadi Indonesia

Hindia

Nama Hindia adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM), beliau adalah bapak Ilmu Pengetahuan Sejarah yang sudah diakui di seluruh dunia.

Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

Nama ini pertama kali disebut oleh Cornelis de Houtman, seorang pelaut Belkamu yang berkuasa di Indonesia. seperti yang ditulis pada catatan sejarah, Cornelis de Houtman adalah bangsawan Be;kamu yang pertama kali memimpin pasukannya untuk masuk ke Indonesia pada tahun 1596.

Insulinde

Nama selanjutnya adalah Insulinde yang pertama kali disebut oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860. Nama ini di buat karena Multatulo merasa jijik mendengar nama Naderlandsch Indie yang diberikan oleh Belkamu. Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan "Insulair", "Insula" dan "Indus" yang dalam bahasa latin "Insula" berarti pulau dan "Indus" berarti Hindia sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.

Nusantara

Selanjutnya, ada nama Nusantara yang dalam perpustakaan India Kuno disebutkan untuk menamai Indonesia. adapun Nusantara atau Dwipantara berarti pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dan dalam kitab Negarakertagama disebutkan kalau Nusantara adalah pulau-pulau kecil yang berada di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu, dipakai nama Nusa Tamara. Nama inipin sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.

Itulah nama-nama Indonesia sebelum resmi menggunakan nama Indonesia, semoga setelah membaca artikel ini kamu menjadi semakin bertambah wawasan dan pengetahuannya ya.