5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Rambut adalah mahkota bagi wanita, sehingga tidak heran jika banyak wanita yang sangat menginginkan rambut mereka terlihat bagus, halus dan lembut. Apalagi sekarang banyak sekali kita jumpai iklan-iklan yang menawarkan produk-produk yang dapat memperindah rambut wanita, pastinya kamu sangat menginginkannya bukan?

Tapi, sebaiknya kamu jangan sembarangan dalam menggunakan produk-produk tersebut. Alih-alih menginginkan rambut yang indah berkilau, tapi nanti-nantinya malah rambut kamu malah jadi rusak. Tapi, dalam kebiasaan sehari-hari juga banyak ditemui kebiasaan wanita yang sering sekali dilakukan sehingga dapat merusak rambut mereka sendiri. Kebiasaan apa saja itu? berikut adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut:
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

1. Menggunakan Alat Perawatan Rambut Bersuhu Tinggi

Penggunaan pengering rambut dengan suhu yang terlalu tinggi bisa merusak rambut Anda. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak protein yang menyusun rambut Anda dan juga merusak kutikula pelindung kulit kepala Anda. Dr. Bauman mengatakan bahwa ketika kutikula rusak, kelembabannya akan rusak dan rambut kita akan lebih mudah rusak.

2. Menyisir Rambut Setelah Keramas

Helai rambut kita akan lebih rapuh dan lebih mudah rusak ketika terkena air. Jadi, ketika Anda menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah, rambut akan lebih mudah rontok. Lebih baik sebelum keramas, sisir rambut Anda terlebih dahulu dan ketika selesai keramas, Anda tinggal menggunakan handuk dan menunggunya kering sebelum menyisirnya.

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Jika Anda memiliki rambut panjang dan suka mengikat rambut Anda, usahakan untuk tidak mengikat terlalu kencang. Saat Anda mengikat rambut terlalu kencang, folikel rambut bisa sangat tertekan. Akibatnya bisa merusaknya dan melukai kulit kepala Anda sendiri. Doris Day, MD, seorang dermatologis yang tinggal di New York mengatakan bahwa mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan traction alopecia, yaitu sebuah kondisi yang bisa memperburuk folikel rambut dan membuat rambut tak bisa tumbuh. Ketika tidur, usahakan untuk melepaskan ikatan rambut Anda juga.

4. Tidak Mencuci Rambut Selama Berhari-Hari

Sangat dianjurkan untuk mencuci rambut atau keramas setiap dua hari sekali. Terlalu lama tidak mencuci rambut akan membuat kotoran atau ketombe menumpuk terlalu banyak. Saat sudah terlalu banyak kotoran atau ketombe di kulit kepala, maka folikel rambut akan tertutup dan jika kondisinya parah akan membuat rambut sulit untuk tumbuh.

5. Tidak Membilas Rambut dengan Air Dingin

Air panas atau hangat akan membuat batang rambut Anda kering. Akibatnya, rambut akan mudah patah dan rontok. Air panas juga akan membuat pori-pori kulit kepala Anda terlalu kering. Produksi minyak pun akan terganggu dan bisa merusak akar rambut Anda. Jika Anda memang mandi dengan air hangat atau keramas dengan air hangat, basuh kepala Anda dengan air dingin.