Pengertian Email dan Fungsi Penggunaannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Jaman dahulu sebelum ada telepon, handphone, dan internet orang-orang biasa berkomunikasi dengan saudara mereka yang jauh dengan menggunakan surat. Ya, dengan surat ini dulu kita bisa mengekspresikan perasaan kita melalui tulisan yang dikirimkan kepada orang-orang yang kita sayang yang berada jauh dari kita.

Untuk mengirimkan surat, kita memerlukan perangko dan amplop sebagai alat ganti pembayaran jasa untuk pengirim surat (pos). Semakin jauh tujuan surat itu dikirim, maka semakin mahal juga biaya yang harus dikeluatkan. Biasanya surat akan sampai kepada tujuan paling cepat adalah 2-3 hari. Lama bukan?

Tapi sekarang, untuk ingin berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh dari kita bukan merupakan hal yang sulit lagi. Sekarang kita memiliki fasilitas-fasilitas yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan kerabat atau saudara kita yang jauh di belahan bumi lainnya. Karena sekarang sudah ada SMS (Short Message Service), Facebook, Twitter, Email dan yang lainnya untuk berkomunikasi dengan kerabat kita dengan cara yang mudah dan cepat.

Namun pada kali ini yang akan kita bahas bukan tentang SMS, Facebook, ataupun Twitter. Karena kita akan membahas Email mulai dari pengertiannya serta fungsi penggunaannya.

Pengertian Email

Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Email adalah singkatan dalam bahasa Inggris yang memiliki kepanjangan "Electronic Mail". Jika kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia, Electronic Mail memiliki arti yaitu "Surat Elektronik". Mengapa disebut surat elektronik? Karena email dikirim dengan cara elektronik, yaitu dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet sebagai media pengirimannya.

Biasanya, jika kita mengirimkan surat biasa kita diharuskan untuk membeli perangko sebagai biaya pengiriman. Namun dengan email kita tidak memerlukan perangko. Karena yang kita butuhkan hanyalah sambungan ke internet, serta alamat email. Jadi, anda dan penerima surat harus memiliki alamat email untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik.

Fungsi Email

Sesuai dengan namanya email berfungsi untuk mengirim serta menerima data yang dapat berupa teks, audio, video, dokumen serta gambar dengan cepat dan murah.

Email juga dapat digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan (email marketing) dengan cara pengiriman email secara masal. Akun email juga berguna selayaknya kartu identitas pada situs dan aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftar.

Alamat Email & Metode Pengirimannya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alamat email berguna selayaknya alamat rumah, jika alamat tersebut benar (valid) maka surat tersebut akan sampai pada tujuan. Namun jika alamat tersebut tidak valid maka surat tidak akan sampai pada tujuan.

Alamat email hampir sama dengan nomor telepon, namun bedanya alamat email bukan merupakan susunan angka melainkan ada format-format penulisan alamat yang khusus. Format alamat email adalah sebagai berikut:
namapemilik@namapenyedia.com.

Keterangan :
namapemilik : Adalah nama pemilik alamat email tersebut.
Tanda @ : Adalah tanda pemisah antara nama pemilik email dan nama penyedia alamat email.
namapenyedia : Biasanya, dibelakang tanda @ akan di ikuti dengan nama penyedia email tersebut (Google, Yahoo, dll).
Sedangkan .com : Merupakan top level domain dari nama penyedia email tersebut. Bisa berupa .net, .co.id, .org dan lain-lain.

Metode Pengiriman :
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima.

Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).

Situs-situs penyedia Email Gratis

Sekarang ini terdapat banyak situs-situs penyedia layanan email yang dapat digunakan secara gratis. Situs-situs penyedia layanan email tersebut antara lain :

  • Google Mail (Gmail)
  • Yahoo! Mail
  • Outlook.com (Hotmail)
  • Mail.com
  • Nokia Mail
  • Inbox.com
  • Zoho Mail
  • Fast Mail
  • Opera Mail

Kelebihan dan Kekurangan

Email memiliki banyak kelebihan antara lain seperti mudah dalam menerima dan mengirim surat, cepat, praktis, dapat mengirim file berukuran besar, kapan saja dan dimana saja, dan biaya murah.

Selain kelebihan, email juga memiliki kekurangan yaitu kita harus online (terkoneksi dengan internet), kita harus selalu check inbox kita, kita harus ingat username dan password email kita, jika tidak kita tidak bisa membuka email kita, rawan hacking.

Bagaimana? Tertarik menggunakan email? segera mendaftar di situs-situs penyedia email yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat dan anda menjadi makin tau tentang email dan cara penggunaanya.